Hizbullah Respons Serangan Israel ke Lebanon Timur,  Barak Yarden Diserang dengan Roket Katyusha
LUNCURKAN 100 RUDAL - ILUSTRASI rudal Hizbullah. Hizbullah mengumumkan serangan terhadap pusat komando Israel di Dataran Tinggi Golan yang diduduki pada Selasa sore hari tanggal 26 Maret, setelah Tel Aviv mengkonfirmasi serangan terbarunya di Lebanon timur yang diluncurkan pada hari sebelumnya. 
06:50
28 Maret 2024

Hizbullah Respons Serangan Israel ke Lebanon Timur,  Barak Yarden Diserang dengan Roket Katyusha

Perlawanan Lebanon Hizbullah menyerang pusat komando Israel di Dataran Tinggi Golan  pada Selasa sore hari tanggal 26 Maret, setelah Tel Aviv mengkonfirmasi serangan terbarunya di Lebanon timur yang diluncurkan pada hari sebelumnya.

“Menanggapi serangan Zionis Israel yang menargetkan Lembah Beqaa, Mujahidin Perlawanan Islam menargetkan pada pukul 16:20 sore hari Selasa, 26/3/2024, Barak Yarden di Dataran Tinggi Golan Suriah yang diduduki, 'markas komando utama di masa perang,' dengan lebih dari 50 roket Katyusha,” kata kelompok perlawanan Lebanon dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa.

Serangan itu merupakan operasi kesepuluh Hizbullah pada hari itu.

Tentara Israel mengumumkan tidak lama sebelumnya bahwa mereka menargetkan “kompleks militer yang digunakan oleh unit udara Hizbullah” di kota Zaboud, di distrik Baalbek di Lembah Beqaa timur Lebanon.

Tentara mengklaim lokasi yang menjadi sasaran, termasuk sejumlah bangunan dan landasan pendaratan drone.

Israel telah melancarkan sejumlah serangan eskalasi terhadap Lebanon timur pada bulan ini dan bulan sebelumnya. Serangan terhadap Zaboud menandai serangan terdalam di wilayah Baalbek.

Serangan udara dan tembakan artileri Israel juga menargetkan beberapa desa di Lebanon selatan pada tanggal 26 Maret, termasuk kota Kfar Kila dan Khiam.

Sebuah serangan udara Israel menargetkan sebuah rumah berlantai dua dan menghancurkannya di Kfar Kila, Kantor Berita Nasional Lebanon (NNA) melaporkan.

Hizbullah melancarkan beberapa serangan lain terhadap situs-situs Israel di wilayah pendudukan Galilea pada hari Selasa, termasuk pangkalan udara strategis Meron, Barak Paranit, dan bangunan yang digunakan oleh tentara di pemukiman Avivim.

Kelompok perlawanan mengatakan serangan mereka mengakibatkan terbunuhnya dan melukai sejumlah tentara Israel.

Rekaman video di media sosial menunjukkan api dan kepulan asap hitam membubung dari sebuah pabrik di pemukiman Avivim.

Pada hari Minggu, Hizbullah meluncurkan puluhan roket ke Barak Keila di Dataran Tinggi Golan Suriah yang diduduki sebagai tanggapan atas serangan di Baalbek, Lebanon timur, malam sebelumnya.

Sejak serangan pertama di Lebanon timur pada akhir Februari, Hizbullah telah mengumumkan sejumlah serangan terhadap Dataran Tinggi Golan yang diduduki.

Washington dan Paris telah berusaha menekan Lebanon agar menyetujui perjanjian deeskalasi yang melibatkan penarikan Hizbullah dari wilayah perbatasan.

Kesepakatan yang diusulkan tidak menghasilkan konsesi signifikan dari Israel dan digambarkan sepihak dan tidak memihak oleh para pejabat Lebanon.

Awal bulan ini, negara Lebanon secara resmi menanggapi usulan Barat tersebut, dengan menyebutnya sebagai
“langkah signifikan menuju perdamaian dan keamanan,” dan menuntut penerapan penuh Resolusi 1701 – yang dirancang beberapa hari sebelum berakhirnya perang tahun 2006 antara Hizbullah dan Israel.

Hizbullah telah berulang kali bersumpah untuk terus menyerang situs-situs Israel sampai perang di Gaza berakhir.

"Api berkobar di sebuah pabrik di "avivim" (sebuah koloni zionis yang didirikan di atas tanah desa saliha yang dikosongkan secara paksa oleh milisi zionis pada tahun 1948) ...dihantam roket dari lebanon pagi ini," tulis akun X, leila @ainiladra.

Hizbullah Menyerang Pangkalan rudal dan artileri di barak 'Yoav', 'Keila'

Hizbullah mengatakan serangan itu merupakan respons terhadap serangan Israel terhadap kota Baalbek di Lebanon timur.

Perlawanan Islam di Lebanon - Hizbullah mengumumkan bahwa para pejuangnya menargetkan pangkalan rudal dan artileri di barak "Yoav" dan "Keila'" (markas Komando anti-Udara dan Rudal) pada Minggu pagi.

Dalam sebuah pernyataan, Hizbullah mengindikasikan bahwa serangan itu dilakukan untuk mendukung keteguhan rakyat Palestina di Jalur Gaza dan Perlawanan mereka yang berani dan terhormat, serta sebagai tanggapan atas serangan Israel terhadap kota Baalbek di Lebanon timur.

Laporan tersebut menyoroti bahwa serangan terhadap barak "Keila'", dengan lebih dari 60 roket Katyusha, bertepatan dengan latihan pasukan Brigade Golani yang telah kembali dari Jalur Gaza.

Media Israel melaporkan bahwa sekitar 50 roket diluncurkan dari Lebanon menuju Dataran Tinggi Golan Suriah, menunjukkan bahwa hanya empat di antaranya yang berhasil dicegat.

Koresponden Al Mayadeen sebelumnya melaporkan bahwa serangan udara Israel menargetkan sebuah rumah di lingkungan al-Aasira, sebelah timur kota Baalbek.

Pada Sabtu malam, Hizbullah mengumumkan bahwa mereka telah menyerang lokasi militer Israel di al-Malikiyah, salah satu dari tujuh desa Lebanon yang diduduki, dengan peluru artileri, membenarkan bahwa lokasi tersebut telah diserang secara langsung.

Perlawanan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa para pejuangnya telah menyerang situs Roueissat al-Alam di perbukitan desa Kfar Chouba di Lebanon yang diduduki dengan peluru artileri.

Mereka juga membombardir situs Bayad Blida di desa Blida, Lebanon.

Para pejuang Perlawanan Islam juga menargetkan peralatan spionase di lokasi al-Radar di Peternakan Shebaa Lebanon.

Serangan Roket ke Barak Keila

Selasa sekitar pukul 16.20, di Dataran Tinggi Golan, di tengah Perang Israel-Hamas, serangan dilakukan oleh Hizbullah di Lebanon.

Hizbullah mengatakan mereka telah menyerang Yarden Barracks, yang terletak di Dataran Tinggi Golan Suriah.
Hizbullah mengklaim bahwa mereka telah menyerang pusat komando Angkatan Darat Israel di sini dengan lebih dari 50 roket Katyusha.

Menurut Hizbullah, mereka telah menargetkan beberapa pos militer Israel di Galilea yang diduduki.

Selain itu, Hizbullah juga menembakkan roket ke Pangkalan Udara Meron dan Barak Parant.

Hizbullah juga mengatakan bahwa mereka menembakkan roket ke sebuah bangunan di pemukiman Avivm, yang digunakan oleh tentara Israel.

Video serangan ini menjadi viral di media sosial.

Hizbullah telah menembakkan puluhan roket ke Barak Keila di Dataran Tinggi Golan Suriah.

(Sumber: The Cradle, almayadeen, X)

Editor: Muhammad Barir

Tag:  #hizbullah #respons #serangan #israel #lebanon #timur #barak #yarden #diserang #dengan #roket #katyusha

KOMENTAR