Menlu AS Ucapkan Selamat Ke Prabowo, Berharap Jadi Mitra Erat
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Anthony Blinken. (Foto: AFP)
14:56
22 Maret 2024

Menlu AS Ucapkan Selamat Ke Prabowo, Berharap Jadi Mitra Erat

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Anthony Blinken menyampaikan ucapan selamat kepada Prabowo Subianto usai resmi diumumkan sebagai pemenang Pilpres 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu (20/3/2024) malam.

"Kami menyampaikan ucapan selamat yang tulus kepada Presiden terpilih Indonesia, Prabowo Subianto atas kemenangannya.... Memuji rakyat Indonesia atas jumlah pemilih dan komitmen yang kuat atas demokrasi dan supremasi hukum," ujar Blinken dalam pernyataan persnya sebagaimana dikutip di situs resmi US Department of State.

Dalam pernyataannya itu, Blinken menekankan bahwa hubungan diplomatik antara AS dan Indonesia sudah berjalan 75 tahun yang didasarkan pada demokrasi dan pluralisme. Ia menyebut, Indonesia adalah mitra sekaligus 'teman dekat'.

"Kami berharap dapat bermitra erat dengan presiden terpilih Prabowo Subianto dan pemerintahannya ketika menjabat bulan Oktober," kata Blinken.

Sebelumnya KPU RI menetapkan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029 terpilih.

Keputusan tersebut disampaikan KPU berdasar hasil rekapitulasi suara nasional di 38 provinsi dan 128 wilayah luar negeri pada Rabu (20/3/2024) malam.

Berdasar hasil rekapitulasi tersebut, Prabowo-Gibran memperoleh total suara sebanyak 96.214.691. Kemudian Anies-Muhaimin 40.971.906 suara. Sementara Ganjar-Mahfud 27.040.878 suara.

Editor: Bangun Santoso

Tag:  #menlu #ucapkan #selamat #prabowo #berharap #jadi #mitra #erat

KOMENTAR