Tarako, Pengisi Suara Anime Terkenal Jepang Chibi Maruko-chan Meninggal
Tarako, pengisi suara anime Chibi Maruko meninggal 4 Maret 2024, tiga hari setelah meninggalnya pencipta Dragon Ball, Akira Toriyama 
08:40
11 Maret 2024

Tarako, Pengisi Suara Anime Terkenal Jepang Chibi Maruko-chan Meninggal

- Tarako (63), pengisi suara anime terkenal Jepang, Chibi Maruko meninggal dunia, Senin (4/3/2024).

Tarako meninggal dua hari setelah meninggalnya pencipta Dragon Ball, Akira Toriyama.

"Saat ini masih dalam pengaturan untuk wakarenokai (waktu perpisahan dengan yang meninggal dunia)," ungkap sumber Tribunnews.com, Senin (11/3/2024).

Wanita kelahiran 17 Desember 1960 di Ota, Prefektur Gunma, Jepang tanggal 17 Desember 1960 itu tidak mau diungkap nama aslinya.

Pengisi suara karakter Chibi Maruko-chan ini hanya diketahui dengan nama Tarako saja.

Taruko sebagai pengisi suara karakter utama Maruko, seorang siswa sekolah dasar, selama 34 tahun sejak penayangannya dimulai pada tahun 1990.

Suara unik Tarako dan alur uniknya yang cerah memberikan kesan karakter Maruko yang peduli pada keluarga dan teman-temannya, membuatnya digemari berbagai generasi.

Ia juga aktif sebagai narator untuk program TV, dan telah populer di banyak program, seperti "Perjalanan Kereta Api Nippon Burari" NHK di mana ia menyampaikan pesona perjalanan dengan narasinya yang menggemaskan.

Selain itu, sekitar 30 tahun yang lalu, Narako mendirikan perusahaan teater bersama sesama pengisi suara.

Pada bulan Desember 20023 lalu ia mengadakan pertunjukan yang ia tulis dan sutradarai sendiri, dan hingga saat ini ia sangat aktif.

Tarako mulai merasa tidak enak badan awal tahun ini dan terus bekerja sambil memulihkan diri.

Namun kondisinya tiba-tiba memburuk dan dia meninggal pada tanggal 4 Maret dini hari.

Di situs resmi Chibi Maruko-chan (yang dibuat Momoko Sakuira) pengisi suara yang berperan sebagai keluarga dan teman "Maruko" yang diperankan oleh Tarako, serta staf program, telah memposting komentar belasungkawa.

Yusaku Yara yang berperan sebagai ayah di Chibi Maruko-chan memberikan ungkapan duka cita:

"Tara-chan, aku kehilangan kata-kata karena perpisahanmu yang tiba-tiba. Aku sangat terpukul. Sampai saat ini, kami biasa bertemu satu sama lain di studio setiap minggu."

"Sebagai ketua, Anda memimpin kami dengan kuat, baik hati, dan luwes. Meskipun kami tidak lagi dapat melihat senyum cerah dan nakalmu, kamu akan selalu tetap ada di hati kami. Aku akan tetap bersamamu dengan banyak kenangan. Terima kasih banyak Tara-chan! Semoga kamu beristirahat perdamaian."

"Sebagai seorang yang unik telah meninggal dunia. Tara adalah orang yang sangat peduli dan selalu memperhatikan semua orang. Tidak mungkin aku bisa menemukan cara untuk menebus kehilangan ini," tulis Sadatomo Ichiryusai yang berperan sebagai ibu.

"Saya tidak bisa mengatakan "Ada apa? Maruko" sepenuh hatiku yang didedikasikan hanya untuk Tara-chan," demikian tulis Satoshi Shimada yang berperan sebagai kakek.

"Dia adalah orang yang cerdas, suka bersenang-senang, dan mencurahkan kasih sayang pada manusia, hewan, dan semua makhluk hidup. Tapi kematiannya begitu tiba-tiba dan tiba-tiba di hadapan nenekku...itulah satu-satunya hal yang membuatku menjadi sedih. Yo, Maruko," tulis Yuko Sasaki yang berperan sebagai nenek.

Machiko Toyoshima sebagai kakak perempuan berkomentar, "TARAKO-san tercinta, aku masih dalam keadaan tidak percaya dengan perpisahan yang tiba-tiba ini. Selama dubbing, aku terdorong oleh suara lembut dengan senyuman hangat yang mengatakan, "Menyenangkan". Ada begitu banyak hal yang ingin saya bicarakan dan lakukan bersama. Aku masih tidak ingat waktu yang kuhabiskan bersama Maruko sebagai kakak perempuanku. Daripada mengucapkan "selamat tinggal", gunakan kata-kata favorit TARAKO. “Terima kasih, sampai jumpa! ””

Naoko Watanabe yang berperan sebagai teman Maruko, Tama-chan berkomentar, "Saya memiliki kesempatan untuk menghabiskan waktu bersama TARAKO, baik di tempat kerja maupun secara pribadi, karena kami memiliki hubungan yang erat dari hati ke hati, seperti Maru-chan dan Tame di acara TV. Waktu berharga yang kami bagikan masih bersinar cerah di hati saya. Saya ingin mengucapkan terima kasih yang tulus. Saya berdoa agar jiwa Anda dapat beristirahat dalam damai."

Terdapat fasilitas pameran untuk Chibi Maruko-chan di bekas Kota Shimizu di Prefektur Shizuoka, yang sekarang menjadi Daerah Shimizu, Kota Shizuoka, tempat karya tersebut dibuat.

Dan pada tanggal 9 Maret lalu, banyak penggemar dari dalam dan luar prefektur mengunjungi.

Di dalam fasilitas tersebut, karakter utama Maruko memperkenalkan dirinya dan pengunjung dapat mendengar suara TARAKO.

Fasilitas ini memasang papan pada tanggal 10 Maret agar pengunjung dapat menulis pesan kepada Tarako.

Sementara itu bagi para UKM Handicraft dan pecinta Jepang yang mau berpameran di Tokyo dapat bergabung gratis ke dalam whatsapp group Pecinta Jepang dengan mengirimkan email ke: [email protected] Subject: WAG Pecinta Jepang. Tuliskan Nama dan alamat serta nomor whatsapp.

Editor: Dewi Agustina

Tag:  #tarako #pengisi #suara #anime #terkenal #jepang #chibi #maruko #chan #meninggal

KOMENTAR