Serangan kepada Kapal Inggris di Laut Merah di Yaman Sangat Berdampak pada Bisnis Ritel di Inggris
TERBAKAR DAN TENGGELAM - Kapal Inggris Rubymar terbakar di Teluk Aden setelah diserang beberapa rudal oleh kelompok Houthi Yaman di Teluk Aden, di dekat Selat Bab Al-Mandab. Kapal akhirnya rusak parah dan akhirnya tenggelam 
20:50
27 Februari 2024

Serangan kepada Kapal Inggris di Laut Merah di Yaman Sangat Berdampak pada Bisnis Ritel di Inggris

Perlawanan Yaman Tindakan di Laut Merah sangat berdampak pada peritel di Inggris.

Laporan tersebut menunjukkan bahwa lebih dari 1.000 perusahaan ritel Inggris menunjukkan bahwa tindakan perlawanan Yaman berdampak pada lebih dari setengahnya.

Serangan Yaman terhadap kapal tujuan Israel dalam beberapa bulan terakhir telah menimbulkan pukulan finansial yang signifikan bagi pengecer dan eksportir Inggris, menurut laporan yang diterbitkan oleh The Guardian pada 25 Februari.

Laporan tersebut mengutip survei yang dilakukan Kamar Dagang Inggris (BCC), sebuah organisasi lobi bisnis nasional.

Survei terhadap lebih dari 1.000 bisnis ritel Inggris mengungkapkan bahwa lebih dari separuh perusahaan tersebut terkena dampak tindakan pembalasan kelompok perlawanan Yaman oleh Ansarallah.

Laporan tersebut juga menunjukkan bahwa biaya pengangkutan kontainer dari Asia ke Eropa telah meningkat hingga 300 persen untuk beberapa perusahaan Inggris. Selain seringnya menghadapi penundaan logistik dan perpanjangan waktu pengiriman selama tiga hingga empat minggu.

Kenaikan harga ini disebabkan oleh pengiriman yang kini harus mengelilingi Afrika – di sekitar Tanjung Harapan alih-alih melewati Terusan Suez – sehingga memperpanjang waktu perjalanan sekitar dua minggu.

Hasil ini terjadi beberapa hari setelah pasukan angkatan laut AS dan Inggris melancarkan beberapa serangan udara di provinsi barat kota Hodeidah, Yaman.

Pada bulan November, Angkatan Bersenjata Yaman, yang bersekutu dengan gerakan perlawanan Ansarallah di bawah pemerintahan Sanaa, melancarkan serangan militer terhadap kapal-kapal milik atau berafiliasi dengan Israel di Laut Merah, serta kapal-kapal yang menuju pelabuhan Israel.

Operasi ini dilakukan sebagai solidaritas terhadap Palestina dan upaya perlawanan di Gaza.

Sejak 12 Januari, pasukan Inggris dan AS telah melakukan 403 serangan di Yaman, 203 di antaranya merupakan serangan udara, karena seringnya Sanaa menyita kapal-kapal tujuan Israel.

Perlawanan Yaman telah berjanji untuk melanjutkan operasi ini sampai perang dan pengepungan di Gaza berakhir dan sampai bantuan yang cukup sampai ke Palestina.

Serangan-serangan tersebut telah menimbulkan pukulan besar terhadap perekonomian Israel dan pelayaran global secara keseluruhan.

Menurut data statistik yang baru dirilis, Produk Domestik Bruto (PDB) Israel anjlok hampir 20 persen pada bulan-bulan terakhir tahun 2023, karena Tel Aviv menelan biaya lebih dari $200 juta per hari untuk terus berperang di Gaza, selain kerugian finansial lainnya. hambatan akibat blokade laut Yaman terhadap Israel.

(Sumber: The Cradle)

Tag:  #serangan #kepada #kapal #inggris #laut #merah #yaman #sangat #berdampak #pada #bisnis #ritel #inggris

KOMENTAR