Iran Berhasil Melewati Sanksi AS, Mampu Kirim Minyak Senilai 2,8 Miliar Dolar Pakai 27 Kapal Tanker
Iran kini membangun aliansi militer baru dengan mengajak Rusia dan China untuk menghadapi militer Amerika Serikat yang kini makin mengancam negaranya sejak konflik Hamas dan Israel meluas hingga ke Yaman dan Irak. 
23:50
17 Februari 2024

Iran Berhasil Melewati Sanksi AS, Mampu Kirim Minyak Senilai 2,8 Miliar Dolar Pakai 27 Kapal Tanker

Iran telah berhasil melewati sanksi Departemen Keuangan AS dengan menggunakan asuransi dan lembaga keuangan Barat.

Iran mampu mengirimkan minyak senilai $2,8 miliar ke pelanggan pada tahun 2023 dengan menggunakan asuransi dari perusahaan yang berbasis di AS, meskipun ada sanksi yang dikenakan terhadap penjualan minyak Iran oleh Departemen Keuangan AS, berdasarkan penyelidikan yang diterbitkan oleh The New York Times (NYT) pada 16 Februari.

Minyak tersebut diangkut dengan 27 kapal tanker, menggunakan asuransi pertanggungjawaban yang diperoleh American Club yang berbasis di New York.

Kapal tanker biasanya diharuskan memiliki asuransi pertanggungjawaban untuk memasuki pelabuhan internasional, yang berarti Departemen Keuangan AS bisa saja memblokir penjualan minyak ini dengan meminta American Club mencabut asuransi untuk kapal tanker tersebut.

New York Time mengatakan 27 kapal tanker mampu mengangkut kiriman setidaknya dalam 59 perjalanan selama tahun 2023.

Departemen Keuangan tidak menanggapi pertanyaan dari surat kabar tersebut tentang apakah mereka mengetahui bahwa kapal-kapal tersebut telah mengangkut minyak Iran saat diasuransikan oleh American Club.

Untuk mengidentifikasi pengiriman, NYT mengandalkan data pelacakan yang disediakan oleh TankerTrackers.com, SynMax, dan Pole Star.

Investigasi menunjukkan bahwa kapal tanker tersebut terlibat dalam aktivitas yang menunjukkan bahwa mereka mungkin terlibat dalam menghindari sanksi AS. Kapal-kapal tersebut dimiliki oleh perusahaan cangkang, lebih tua dari kapal tanker rata-rata, dan menggunakan "spoofing" untuk mengaburkan lokasi mereka.

Menanggapi penyelidikan tersebut, Daniel Tadros, COO American Club, mengatakan sulit bagi perusahaannya untuk menentukan apakah sebuah kapal tanker membawa minyak Iran dan bahwa pemerintah AS harus memainkan peran yang lebih signifikan dalam menyelidiki aktivitas yang mungkin melanggar sanksi mereka.

“Tidak mungkin bagi kita setiap hari untuk mengetahui secara pasti apa yang dilakukan setiap kapal, ke mana tujuannya, apa yang dibawanya, siapa pemiliknya,” kata Tedros. "Saya berpendapat bahwa pemerintah mempunyai lebih banyak kemampuan, sumber daya manusia, dan sumber daya untuk mencapai hal tersebut."

Seorang juru bicara Departemen Keuangan AS mengatakan dalam sebuah pernyataan: "Departemen Keuangan tetap fokus untuk menargetkan sumber pendanaan terlarang Iran, termasuk mengungkap jaringan penghindaran dan mengganggu pendapatan miliaran dolar."

Para anggota parlemen di AS telah mengkritik para pejabat di Gedung Putih atas kegagalan mereka mengekang penjualan minyak Iran dan melepaskan miliaran dolar pendapatan minyak Iran yang disita sebagai bagian dari pertukaran tahanan pada musim panas ini.

Anggota parlemen dari Partai Republik mengklaim bahwa Iran mampu menggunakan dana dari penjualan minyak untuk mendukung "terorisme".

Iran memberikan dukungan penting kepada berbagai kelompok bersenjata di seluruh Asia Barat, yang secara kolektif dikenal sebagai Poros Perlawanan, termasuk di Irak, Lebanon, Gaza, dan Yaman. Kelompok-kelompok ini berkomitmen untuk mengakhiri genosida Israel di Gaza, pendudukan AS di Suriah, dan kehadiran pasukan AS di Irak.

“Ini sangat memprihatinkan,” kata Senator Maggie Hassan, anggota Partai Demokrat dari New Hampshire, yang telah mengajukan rancangan undang-undang untuk memperkuat penegakan sanksi.

“Amerika Serikat harus menggunakan segala cara yang dimilikinya untuk mengidentifikasi, menghentikan, dan memberikan sanksi kepada aktor-aktor jahat ini,” katanya. "Pengungkapan baru ini menyoroti pertaruhannya."

(Sumber: The Cradle)

Tag:  #iran #berhasil #melewati #sanksi #mampu #kirim #minyak #senilai #miliar #dolar #pakai #kapal #tanker

KOMENTAR