Hamas Kecam Media Arab yang Sebut Yahya Sinwar Cs Teroris, Sang Jurnalis Tutup Akun
Para petempur Brigade Al Qassam, sayap militer gerakan Hamas. Hanya sepertiga dari pasukan Hamas yang bisa ditewaskan Israel dalam Perang Gaza yang sudah berlangsung selama delapan bulan dengan kerugian ekonomi dan personel yang signifikan di pihak Tel Aviv. 
23:00
19 Oktober 2024

Hamas Kecam Media Arab yang Sebut Yahya Sinwar Cs Teroris, Sang Jurnalis Tutup Akun

Gerakan pembebasan Palestina, Hamas mengutuk laporan baru-baru ini yang disiarkan oleh channel MBC, yang menggambarkan para pemimpin gerakan itu sebagai “teroris.”

Dalam sebuah pernyataan yang sangat keras, Hamas mencirikan laporan itu sebagai “tidak adil dan menghasut,” mengklaim itu bertujuan untuk menjerat gerakan dan kepemimpinannya, tulis laporan RNTV, Sabtu (19/10/2024).

Dalam pernyataan mereka yang dirilis melalui Telegram, Hamas menyoroti konteks penderitaan yang dialami oleh rakyat Palestina.

"Pada saat orang-orang Palestina kami menjadi sasaran perang genosida dan agresi teroris yang belum pernah terjadi sebelumnya dari entitas Zionis dan tentaranya selama lebih dari setahun, saluran berbahasa Arab yang disebut MBC memberi kami laporan gelap dan menghasut terhadap gerakan dan para pemimpinnya, menggambarkan tindakan perlawanan Palestina sebagai terorisme," kata pernyataan itu.

"Kejatuhan profesional, media, dan etika ini sejalan dengan propaganda Zionis yang bertujuan untuk mengutuk perlawanan dan simbol-simbolnya," kata pernyataan mereka..

Hamas menggambarkan laporan MBC sebagai produk "jurnalisme kuning" dan menuntut pencabutan segera dan penghapusan laporan dari semua platform MBC, bersama dengan permintaan maaf publik.

Mereka menekankan bahwa laporan itu tidak hanya menodai reputasi media tersebut tetapi juga tidak menghormati para pemimpin perlawanan yang telah "mengorbankan hidup mereka untuk pembebasan Palestina dan Al-Aqsa."

Jurnalis MBC, Mohammed Al-Mshari Jurnalis MBC, Mohammed Al-Mshari

Jurnalis Tutup Akun


RNTV memaparkan, laporan yang dikecam oleh Hamas itu dibuat oleh jurnalis Mohammed Al-Mshari.

Dalam tulisannya, dia menggambarkan para pemimpin perlawanan Palestina sebagai pengecut dan teroris.

"Deskripsi ini memicu kemarahan yang signifikan di media sosial," kata laporan tersebut.

Adapun Al-Mshari, yang bekerja untuk MBC, menghapus akunnya di platform X (sebelumnya Twitter) di tengah kritik keras yang menghujani akunnya.

Tangkap layar akun X jurnalis M Al Mshari telah hilang. Tangkap layar akun X jurnalis M Al Mshari telah hilang. (RNTV)

Para warganet menyuarakan kalau Al-Mshari membuat tulisan provokatif tersebut saat berada dalam kondisi aman di rumah, bermil-mil jauhnya dari situasi yang ia kritik.

Reaksi itu meningkat setelah MBC menayangkan laporan Al-Mshari berjudul “Millennium of Liberation from Terrorists,” yang memberi label tokoh-tokoh terkemuka Hamas, termasuk almarhum Ismail Haniyeh, wakilnya Saleh Al-Arouri, dan Yahya Sinwar, sebagai teroris. 

Laporan itu ditayangkan pada hari Jumat (18/10/2024) dan dengan cepat menarik kecaman luas.

Menanggapi tsunami kritik, Al-Mshari menghapus akun X-nya dan membuat profil Instagram-nya menjadi 'private' dan membatasi akses ke kontennya.

Hamas mengecam laporan itu sebagai “ofensif” dan menunjukkan “jurnalisme kuning,” menuntut agar MBC menarik kembali laporan itu, menghapusnya dari platformnya, dan mengeluarkan permintaan maaf.

Mereka juga menyerukan reevaluasi pendekatan editorial jaringan, yang mereka percaya sejalan dengan agenda pendudukan dan mengabaikan kekejaman yang dihadapi oleh rakyat Palestina di tangan Pendudukan Israel.

Sekilas Tentang MBC

Mengutip wikipedia, Grup MBC (Majmūʿat ʾIm Bī Sī ), sebelumnya dikenal sebagai Pusat Penyiaran Timur Tengah adalah konglomerasi media Saudi yang berbasis di Tengah Wilayah Afrika Timur dan Utara . 

Diluncurkan di London pada tahun 1991, perusahaan memindahkan kantor pusatnya ke Dubai pada tahun 2002 dan ke Riyadh pada tahun 2022. 

MBC Group mengoperasikan lebih dari 19 saluran TV satelit free-to-air, dan layanan video-on-demand.

MBC 1 adalah penyiar pertama yang menyediakan jaringan penyiaran televisi 24 jam berbasis satelit free-to-air di seluruh dunia Arab .

Ketua Grup media tersebut saat ini adalah Sam Barnett.

Barnett kembali sebagai CEO MBC Group pada bulan Desember 2020 setelah satu tahun meninggalkan jabatannya.

Cabang televisi MBC mengudara melalui satelit Eutelsat , Arabsat , dan Nilesat . MBC memiliki lebih dari 2.000 staf.

Dalam beberapa tahun terakhir MBC telah dilanda sejumlah pemotongan keuangan besar-besaran, yang menyebabkan 150 orang diberhentikan dan pemotongan produksi besar-besaran.

Pemotongan ini sebagian disebabkan oleh iklan yang tidak menutupi biaya produksi dan kegagalan memperoleh hak eksklusif untuk liga Saudi.

Pada tahun 2011, MBC melaporkan memiliki 165 juta pemirsa. 

Kepemilikan Grup ini saat ini 60 persen dimiliki oleh Istedamah Holding Company, sedangkan sisanya dimiliki oleh pendirinya Waleed bin Ibrahim Al Ibrahim . 

Pada tahun 2023, MBC Group mengumumkan Penawaran Umum Perdana (IPO).

Penawaran tersebut terdiri dari penawaran utama 33.250.000 saham biasa baru, yang mewakili 10 persen dari modal saham perusahaan pasca-pencatatan.

Langkah ini menandai langkah signifikan dalam strategi keuangan perusahaan dan membuka jalan baru untuk investasi dan pertumbuhan.

 

(oln/rntv/wiki/*)

Tag:  #hamas #kecam #media #arab #yang #sebut #yahya #sinwar #teroris #sang #jurnalis #tutup #akun

KOMENTAR