Brigade Al-Qassam Ledakkan 3 Terowongan Jebakan Israel, Sejumlah Tentara IDF Tewas
Anggota Brigade Al-Qassam, sayap bersenjata gerakan Hamas Palestina, berparade di Kota Gaza pada 7 Juni 2021. --- Brigade Al-Qassam melaporkan manuver darat yang dilakukan terhadap tentara Israel di Jalur Gaza. 
11:00
14 Pebruari 2024

Brigade Al-Qassam Ledakkan 3 Terowongan Jebakan Israel, Sejumlah Tentara IDF Tewas

Brigade Al-Qassam, sayap militer gerakan perlawanan Palestina, Hamas, mengumumkan pemboman sebuah rumah yang sebelumnya dijadikan jebakan oleh pasukan tentara pendudukan Israel di Jalur Gaza selatan.

“Setelah mereka kembali dari garis pertempuran, mujahidinnya membenarkan bahwa mereka telah meledakkan sebuah rumah yang sebelumnya dijadikan jebakan oleh pasukan Zionis, menyebabkan anggotanya tewas dan terluka, di Al- Daerah Satar, sebelah utara kota Khan Yunis, sebelah selatan Jalur Gaza,” kata Brigade Al-Qassam di Telegram, Selasa (13/2/2024) malam.

Pasukan Brigade Al-Qassam juga meledakkan tank tentara Israel di Khan Yunis.

“Mujahidinnya juga mengkonfirmasi bahwa mereka menargetkan tank Zionis Merkavah dan buldoser militer D9 dengan peluru Al-Yassin 105 di daerah Al-Qarara, sebelah utara kota Khan Yunis,” lanjutnya.

Pada Rabu (14/2/2024), Brigade Al-Qassam melaporkan ada tiga penyergapan terpisah yang menargetkan 22 tentara Israel di Jalur Gaza selama 24 jam terakhir.

Israel mengakui dua perwiranya terbunuh, termasuk seorang komandan batalion dan seorang tentara.

Setidaknya 18 tentara Israel terluka dalam pertempuran itu.

Hal ini terjadi saat Brigade Al-Qassam terlibat dalam bentrokan sengit dengan tentara Israel di wilayah timur dan barat kota Khan Yunis, Jalur Gaza selatan.

Brigade Al-Qassam mengatakan pejuangnya mampu meledakkan perangkat anti-personil terhadap pasukan Israel yang terdiri dari 5 tentara Israel di sebuah rumah di Abasan Al-Khabira, dikutip dari Al Jazeera.

Brigade Al-Qassam Ledakkan 3 Terowongan Jebakan

Di utara Khan Yunis, pasukan Brigade Al-Qassam berhasil meledakkan tiga terowongan jebakan untuk menipu tentara Israel.

“Para mujahidin meledakkan tiga terowongan jebakan pasukan Zionis dengan berjalan kaki di daerah Al-Qarara, utara kota Khan Yunis, menyebabkan anggotanya tewas dan terluka,” kata Brigade Al-Qassam.

Kemarin, Brigade Al-Qassam mengumumkan para pejuangnya mampu mengendalikan pesawat pengintai Skylark milik tentara Israel, di sebelah timur lingkungan Zaytoun di Kota Gaza.

“Para mujahidin berhasil menargetkan pengangkut pasukan Zionis di utara Khan Yunis, di selatan Jalur Gaza, dan segera setelah pasukan tiba untuk menyelamatkan mereka, mereka menargetkan pengangkut pasukan kedua,” katanya, Senin (12/2/2024).

Hamas Palestina vs Israel

Segera setelah gerakan perlawanan Palestina, Hamas, meluncurkan Operasi Banjir Al-Aqsa untuk melawan pendudukan Israel dan kekerasan di Al-Aqsa pada Sabtu (7/10/2023), Israel mulai membombardir Jalur Gaza.

Jumlah kematian warga Palestina di Jalur Gaza mencapai 28.473 jiwa dan 68.146 lainnya terluka sejak Sabtu (7/10/2023) hingga Rabu (14/2/2024),1.147 kematian di wilayah Israel, dan 375 kematian warga Palestina di Tepi Barat hingga Selasa (30/1/2024), dikutip dari Anadolu.

Israel memperkirakan masih ada kurang lebih 136 sandera yang ditahan Hamas di Jalur Gaza, setelah pertukaran 105 sandera dengan 240 tahanan Palestina pada akhir November 2023.

(Tribunnews.com/Yunita Rahmayanti)

Berita lain terkait Konflik Palestina vs Israel

Editor: Nanda Lusiana Saputri

Tag:  #brigade #qassam #ledakkan #terowongan #jebakan #israel #sejumlah #tentara #tewas

KOMENTAR