Apa Alasan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu Tolak Gencatan Senjata Dengan Hamas?
Gambar yang diambil dari lokasi di Israel selatan di sepanjang perbatasan dengan Jalur Gaza pada 19 Januari 2024, menunjukkan sebuah tank Israel berguling di sepanjang pagar ketika bangunan-bangunan rusak terlihat di Jalur Gaza di tengah berlanjutnya pertempuran antara Israel dan kelompok militan Hamas. 
16:50
8 Februari 2024

Apa Alasan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu Tolak Gencatan Senjata Dengan Hamas?

Shahram Akbarzadeh, seorang profesor Politik Timur Tengah dan Asia Tengah dari Deakin University, menilai pemimpin Israel menolak menanda tangani kesepakatan gencatan senjata lantaran akan memberikan Hamas kredibilitas dan pengakuan.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memandang para tawanan di Gaza sebagai 'kerusakan tambahan yang dapat diterima'. Demikian disampaikan Akbarzadeh kepada Al Jazeera.

"Dia tahu masa depan politiknya akan sangat terkait dengan politisi sayap kanan dan dia tidak akan menjadi antagonis dengan mundur dari upaya menghancurkan Hamas." ujar Akbarzadeh, Kamis (8/2/2024).

Dia menyatakan pemimpin Israel memandang tawanan di Gaza sebagai 'kerusakan tambahan yang dapat diterima'.

"Netanyahu tidak membuat keputusan berdasar kepentingan para tawanan. Dia membuat keputusan berdasar kepentingan politiknya sendiri," kata Akbarzadeh.

Terlepas dari kunjungan Antony Blinken yang mengecewakan tanpa kesepakatan gencatan senjata, AS akan terus mendukung Israel, prediksi Akbarzadeh.

“Hal ini tidak membuat AS ada di posisi sulit, tapi pada akhirnya, AS adalah sekutu Israel yang setia di dunia internasional dan AS tidak akan mengabaikan posisi itu," terang Akbarzadeh.

Sebelumnya, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu kembali menunjukkan dirinya sebagai pengganjal perdamaian. Saat semua pihak mengupayakan pertempuran di Gaza dan sekitarnya, ia menolak dan memerintahkan perluasan serbuan.

Netanyahu mengungkap penolakan pada Rabu (7/4/2024) malam waktu Tel Aviv atau Kamis dini hari WIB. Penolakan disampaikan beberapa saat setelah bertemu Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken. Sejak Minggu lalu, Blinken keliling Timur Tengah untuk mengupayakan perdamaian di kawasan.

Blinken berkunjung ke Israel setelah menyelesaikan lawatan ke beberapa negara lain di kawasan, seperti Arab Saudi, Mesir, dan Qatar.

Ia tiba di Israel setelah Hamas menyampaikan gagasan soal gencatan senjata di Gaza.

Dalam lawatan ke Timur Tengah ini, Blinken juga menemui Presiden Palestina Mahmoud Abbas di Ramallah, wilayah pendudukan Tepi Barat.

Netanyahu menolak usulan Hamas soal tahapan gencatan senjata. Baginya, menerima usulan itu sama saja Israel menyerah ke Hamas. "Menyerah pada tuntutan khayalan Hamas yang kita dengar sekarang bukan saja tidak akan membebaskan sandera, melainkan juga akan menyebabkan pembantaian lain," kata dia.

Editor: Hendra Gunawan

Tag:  #alasan #perdana #menteri #israel #benjamin #netanyahu #tolak #gencatan #senjata #dengan #hamas

KOMENTAR