Siklus Balas-Membalas Dimulai, Pangkalan Militer AS di Suriah Dihajar Drone Kamikaze Koalisi Milisi 
Tentara Amerika Serikat di wilayah Suriah. Sebuah laporan Anadolu menyebut, pangkalan militer AS di Suriah di provinsi Deir ez-Zor, Suriah, diserang pesawat tak berawak dari kelompok yang didukung Iran, kata sumber lokal pada Senin (5/2/2024). 
15:50
5 Pebruari 2024

Siklus Balas-Membalas Dimulai, Pangkalan Militer AS di Suriah Dihajar Drone Kamikaze Koalisi Milisi 

- Sebuah pangkalan militer Amerika Serikat (AS) di provinsi Deir ez-Zor, Suriah, diserang pesawat tak berawak dari kelompok milisi perlawanan, kata sumber lokal pada Senin (5/2/2024).

Anadolu melaporkan, kelompok milisi perlawanan yang didukung Iran ini menyerang dari tepi barat Sungai Eufrat.

Target serangan koalisi milisi perlawanan menggunakan drone kamikaze ini adalah pangkalan militer AS di ladang minyak Al-Omar.

Tidak ada korban jiwa yang dilaporkan. Sejauh ini AS belum mengeluarkan pernyataan mengenai serangan tersebut.

Serangan ini dilaporkan menjadi aksi susulan atas siklus balas-membalas antara koalisi milisi perlawanan Irak dan Suriah melawan tentara AS.

Sejak gerakan Hamas di Palestina melancarkan operasi Banjir Al Aqsa ke wilayah Israel pada 7 Oktober 2023 silam, sejumlah milisi lintas teritorial, termasuk Hizbullah di Lebanon dan Houthi di Yaman, melakukan aksi solidaritas dengan ikut melancarkan serangan ke entitas Israel dan AS yang dianggap mendukung bombardemen mematikan di Gaza.

Adapun pasukan AS di kawasan Irak dan Suriah, juga tak terkecuali.

Serangan paling mematikan sejauh ini terhadap pasukan pendudukan AS terjadi pada insiden berdarah Tower 22.

AS terang-terangan menuding Teheran berada di belakangan serangan ini, tuduhan yang dibantah langsung oleh Iran lewat sebuah pernyataan ancaman akan membalas kalau diserang.

Gambar satelit selebaran yang dirilis pada 29 Januari 2024 oleh Planet Labs PBC dan diambil pada 12 Oktober 2023 menunjukkan pemandangan pangkalan, yang dikenal sebagai Menara 22, yang dioperasikan oleh pasukan AS sebagai bagian dari koalisi internasional melawan ISIS ( ISIS) kelompok jihad, dekat perbatasan Yordania dengan Irak dan Suriah di Distrik Rwaished timur laut. Serangan drone pada 28 Januari 2024 di pangkalan perbatasan di timur laut Yordania, menewaskan tiga tentara AS. Gambar satelit selebaran yang dirilis pada 29 Januari 2024 oleh Planet Labs PBC dan diambil pada 12 Oktober 2023 menunjukkan pemandangan pangkalan, yang dikenal sebagai Menara 22, yang dioperasikan oleh pasukan AS sebagai bagian dari koalisi internasional melawan ISIS ( ISIS) kelompok jihad, dekat perbatasan Yordania dengan Irak dan Suriah di Distrik Rwaished timur laut. Serangan drone pada 28 Januari 2024 di pangkalan perbatasan di timur laut Yordania, menewaskan tiga tentara AS. (Lab Planet / AFP)

Koalisi Milisi Tak Gentar Peringatan AS

AS memutuskan untuk membalas dan mulai melakukan serangan udara pada Jumat pekan lalu terhadap Pasukan Quds dari Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran dan milisi yang didukung Iran di Irak dan Suriah setelah serangan pesawat tak berawak bunuh diri yang menewaskan tiga tentara Amerika di Yordania bulan lalu.

Serangan tersebut dilakukan dengan sejumlah pesawat, termasuk pembom jarak jauh yang diluncurkan dari AS, kata Komando Pusat (CENTCOM) dalam sebuah pernyataan.

Jet tempur AS lepas landas dari kapal induk USS Dwight D Eisenhower untuk melakukan pengeboman terhadap fasilitas kelompok Houthi di Yaman karena memblokade Laut Merah atas solidaritas terhadap perlawanan Palestina terhadap Israel, 12 Januari 2024. Jet tempur AS lepas landas dari kapal induk USS Dwight D Eisenhower untuk melakukan pengeboman terhadap fasilitas kelompok Houthi di Yaman karena memblokade Laut Merah atas solidaritas terhadap perlawanan Palestina terhadap Israel, 12 Januari 2024. (US Navy/photo: Mass Communication Specialist 2nd Class Zachary Elmore)

Secara keseluruhan, lebih dari 85 target ditembakkan dengan lebih dari 125 amunisi presisi. Pemerintah Irak mengatakan sedikitnya 16 orang tewas dan 25 lainnya luka-luka dalam serangan AS.

AS menyatakan serangan itu hanya bagian dari serangkaian serangan besar lain yang bakal dilaksanakan, sebuah peringatan yang justru dibalas dengan ultimatum kalau koalisi milisi perlawanan di Irak dan Suriah tidak akan menghentikan serangan sampai pasukan AS benar-benar angkat kaki.

Siklus balas membalas pun terjadi.

Sejak awal tahun ini, pangkalan-pangkalan tempat pasukan AS di Suriah telah diserang setidaknya lima kali dengan roket dan drone kamikaze yang tidak diketahui asalnya.

"Deir ez-Zor berada di bawah pendudukan organisasi PKK/YPG yang didukung AS, sementara pusat kota dan daerah pedesaan lainnya berada di bawah kendali rezim Bashar al-Assad di Suriah dan kelompok yang didukung Iran," tulis Anadolu.

Tag:  #siklus #balas #membalas #dimulai #pangkalan #militer #suriah #dihajar #drone #kamikaze #koalisi #milisi

KOMENTAR