Rusia Tuding Ukraina Sengaja Menembak Pesawat Berisi 65 Tawanan Tentara Kiev
Ledakan saat jatuhnya pesawat angkut militer Rusia yang dilaporkan membawa 65 tawanan perang Ukraina. 
09:00
26 Januari 2024

Rusia Tuding Ukraina Sengaja Menembak Pesawat Berisi 65 Tawanan Tentara Kiev

Rusia menuding Pasukan Volodymyr Zelensky sengaja menembak pesawat kargo Ilyushin Il-76 yang mengangkut sebanyak 65 tahanan perang yang akan ditukar.

Utusan Moskow di PBB Dmitry Polyansky mengatakan bahwa tentara Ukraina sangat paham dengan jalur pertukaran tentara yang akan dilakukan pada saat pesawat tersebut ditembak pada Rabu (24/1/2024).

“Pemimpin Ukraina sangat menyadari rute dan sarana yang digunakan tentara Ukraina untuk diangkut ke titik pertukaran yang disepakati,” kata Polyansky dalam pertemuan PBB dikutip dari Russia Today.

Ia menambahkan, semua data yang tersedia saat ini menunjukkan adanya kejahatan yang disengaja dan direncanakan.

“Operasi ini bukan yang pertama. Namun, untuk beberapa alasan yang tidak dapat dijelaskan, rezim di Kiev kali ini memutuskan untuk menyabotase [pertukaran tersebut] dengan cara yang paling biadab,” kata diplomat tersebut.

Pesawat kargo Ilyushin Il-76 jatuh di wilayah perbatasan Rusia di Belgorod pada Rabu pagi, menewaskan semua orang di dalamnya. Menurut Kementerian Pertahanan Rusia, pesawat tersebut mengangkut 65 tawanan perang Ukraina yang dijadwalkan untuk pertukaran yang akan dilakukan pada hari itu juga.

Menurut Polyansky, pesawat itu dihancurkan oleh rudal permukaan-ke-udara yang ditembakkan dari desa Liptsy di wilayah Kharkov di Ukraina timur.

Penyelidikan awal menemukan bahwa Ukraina menggunakan rudal Patriot buatan AS atau IRIS-T buatan Jerman.

“Jika hal ini terkonfirmasi, negara-negara Barat yang memasok [rudal tersebut] akan secara langsung terlibat dalam kejahatan ini, sama seperti mereka terlibat dalam penembakan yang dilakukan Ukraina terhadap lingkungan damai di kota-kota Rusia dengan menggunakan senjata Barat,” kata Polyansky kepada dewan tersebut.

Kiev mengkonfirmasi bahwa pertukaran tahanan dijadwalkan akan dilakukan pada hari yang sama ketika pesawat tersebut jatuh, sementara Kementerian Pertahanan Ukraina mengatakan bahwa pihaknya menganggap semua pesawat militer Rusia sebagai sasaran yang sah.

Dalam pidato videonya pada Rabu malam, Presiden Vladimir Zelensky menyerukan penyelidikan internasional atas insiden tersebut. Namun dia tidak mengatakan siapa yang bertanggung jawab atas jatuhnya Il-76.

Saat berpidato di Dewan Keamanan, wakil utusan Ukraina Kristina Gayovishin tidak secara langsung menyalahkan Rusia karena menembak jatuh pesawat yang membawa tawanan perang tersebut.

Pada saat yang sama, ia berpendapat bahwa “Rusia bertanggung jawab penuh atas semua kekejaman, kematian, dan kehancuran yang disebabkan oleh perang.”

Gayovishin menambahkan bahwa pasukan Ukraina akan terus menargetkan Il-76 dan pesawat militer Rusia lainnya, termasuk yang beroperasi di “arah Belgorod-Kharkov.”

Sementara organisasi Barat, Institut Studi Perang (ISW) menuding media Rusia telah menggunakan jatuhnya Il-76 untuk menyebarkan ketidakpuasan internal di Ukraina dan melemahkan kesediaan Barat untuk terus memberikan dukungan militer kepada Ukraina.

Mengutip Andrey Kartapolov, Ketua Komite Pertahanan Duma Negara Rusia (majelis rendah parlemen Rusia), yang menyatakan bahwa Ukraina sengaja menembak jatuh Il-76, mengetahui bahwa tawanan perang Ukraina (POW) ada di dalamnya.

Dia menyerukan penangguhan semua pertukaran tahanan tanpa batas waktu.

Sementara itu, Dmitry Medvedev, Wakil Ketua Dewan Keamanan Rusia, menuduh Ukraina terlibat dalam bencana tersebut, dan menghubungkannya dengan “perjuangan politik internal” Ukraina.

Selain itu, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov, yang kini berada di New York untuk menghadiri pertemuan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB), menyerukan segera diadakannya sesi DK PBB yang didedikasikan untuk kecelakaan pesawat tersebut dan menuduh Ukraina melakukan terorisme.

ISW mencatat bahwa tuduhan Rusia tersebut sebagian ditujukan untuk menyebarkan ketidakpuasan di Ukraina dan meningkatkan ketidakpercayaan terhadap pemerintah Ukraina, sejalan dengan upaya informasi Rusia lainnya untuk melemahkan Ukraina dari dalam.

"Pertukaran tawanan perang merupakan isu sensitif bagi Rusia dan Ukraina, dan rujukan retoris terhadap tawanan perang diperkirakan akan menimbulkan respons emosional," tulis ISW dikutip dari Pravda.

Selain itu, para pejabat Rusia membuat klaim tidak berdasar bahwa Ukraina menembak jatuh Il-76 dengan sistem rudal AS atau Jerman, mungkin dalam upaya untuk menghalangi mitra Barat agar tidak memberikan Ukraina sistem pertahanan udara yang sangat penting yang diperlukan untuk melanjutkan pertahanan. (Russia Today/Pravda)

Editor: Hendra Gunawan

Tag:  #rusia #tuding #ukraina #sengaja #menembak #pesawat #berisi #tawanan #tentara #kiev

KOMENTAR