Roket dan Drone Hizbullah Bakar Israel Utara, Kebakaran Besar di Galilea Israel Dekat Safad
Kota Safed di wilayah utara negara pendudukan Israel mengalami pemadaman listrik secara massal saat diguyur serangan roket besar-besaran gerakan perlawanan Hizbullah, Jumat (13/9/2024). 
22:10
13 September 2024

Roket dan Drone Hizbullah Bakar Israel Utara, Kebakaran Besar di Galilea Israel Dekat Safad

Roket dan drone Hizbullah menyerbu Israel utara, Roket perlawanan Lebanon memicu kebakaran besar di hutan dekat kota Safad.

Hizbullah melancarkan beberapa serangan pesawat tak berawak dan roket ke lokasi militer Israel pada 13 September, yang memicu kebakaran besar di Galilea atas dekat kota Safad.

“Mujahidin Perlawanan Islam melancarkan serangan udara pada hari Jumat 13/9/2024 dengan skuadron pesawat nirawak bunuh diri menuju pangkalan Philon (markas besar brigade Divisi 210 dan gudang-gudangnya di wilayah utara) di tenggara kota Safed yang diduduki, menargetkan lokasi dan tempat para perwira dan prajuritnya, menyerang mereka secara langsung dan menyebabkan korban yang dikonfirmasi,” kata Hizbullah dalam sebuah pernyataan, yang menandai operasi keempatnya hari itu.

Hizbullah juga menargetkan barak Zibdin dan sebelumnya meluncurkan rentetan roket Katyusha ke pangkalan rudal pertahanan udara tentara Israel di komando utara di barak Beria.

Roket perlawanan Lebanon memicu kebakaran besar di hutan dekat Safad pada 13 September dini hari. Petugas pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api.

Jet tempur Israel mengebom kota selatan Bint Jbeil pada Jumat pagi.

"Pesawat tempur musuh menyerbu kota Bint Jbeil dua kali sekitar pukul 4:45 pagi. Serangan pertama menargetkan sebuah rumah di lingkungan Aouini dan serangan kedua menargetkan wilayah Wadi," lapor Kantor Berita Nasional Lebanon (NAA).

Operasi Hizbullah hari Jumat yang menargetkan pangkalan Philon di tenggara Safad dilakukan sebagai respons terhadap serangan udara Israel pada 12 September, yang menewaskan tiga warga sipil Lebanon, termasuk seorang anak, di desa Kafr Joz di Nabatiyeh, Lebanon selatan.

Dua bersaudara tewas pada 11 September dalam serangan udara yang menargetkan sepeda motor di desa selatan Bayada.

Angkatan udara Israel melakukan beberapa serangan terhadap Lebanon pada 10 September, termasuk serangan pesawat tak berawak di kota selatan Nabatiyeh, yang melukai beberapa orang.

Para pejabat Israel telah meningkatkan ancaman terhadap Lebanon dalam beberapa hari terakhir.

“Lengan terkuat Iran adalah Hizbullah di Lebanon. Saya telah menginstruksikan [tentara] dan semua pasukan keamanan untuk bersiap mengubah situasi ini. Tidak mungkin kita akan terus berada dalam situasi saat ini, dan kita berkewajiban untuk mengembalikan semua penduduk di utara ke rumah mereka dengan aman,” kata Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Operasi Hizbullah dalam mendukung Gaza telah memaksa puluhan ribu pemukim meninggalkan Israel utara.

Kelompok perlawanan Lebanon telah bersumpah untuk tidak menghentikan serangannya sampai perang di Gaza berakhir dan bahwa mereka akan bertempur “tanpa henti” jika perang habis-habisan dilancarkan terhadap Lebanon.


Serang Perwira Israel, Balasan Pembunuhan Warga Sipil Lebanon

Hizbullah serang perwira dan tentara Israel menggunakan serangan pesawat tanpa awak

Perlawanan Islam di Lebanon mengumumkan pelaksanaan dua operasi sebagai tanggapan atas pembunuhan dua warga sipil oleh Israel di Lebanon selatan.


Hizbullah melancarkan serangkaian operasi pada hari Kamis, menyerang lokasi militer Israel, perkumpulan tentara, dan peralatan militer di garis depan utara dalam rangka mendukung rakyat Gaza dan Perlawanan mereka yang berani, serta dalam rangka mempertahankan wilayah Lebanon Selatan dari agresi Israel yang terus-menerus.

Dalam operasi pertama, Hizbullah mengatakan pihaknya menargetkan Al-Bayyadah pada pukul 1:00 dini hari menggunakan peluru artileri, yang mengonfirmasi serangan langsung.

Kemudian pada pagi harinya, pejuang Perlawanan menyerang pangkalan militer Israel al-Malikiya dengan persenjataan yang tepat, yang juga mengakibatkan serangan langsung.


Sebagai balasan atas serangan Israel terhadap desa-desa di Lebanon selatan dan pembunuhan dua warga sipil di al-Bayyadah, bersaudara Ishak (13) dan Hussein Alayan (16), Hizbullah mengatakan mereka menyerang pemukiman Israel di Rosh Hanikra untuk pertama kalinya, dan mengumumkan bahwa pemukiman tersebut kini telah dimasukkan ke dalam bank target.

Selain itu, kelompok Perlawanan mengatakan mereka meluncurkan rentetan roket ke pemukiman Matzuva

Pada pukul 1:20 siang, pasukan Hizbullah menargetkan posisi artileri Israel di utara pemukiman Ein Yaakov menggunakan tembakan roket, yang menimbulkan serangan langsung.

Kemudian pada hari itu, Hizbullah mengumumkan operasi lain sebagai respons atas terbunuhnya dua warga sipil Lebanon, dengan menyatakan bahwa mereka meluncurkan serangkaian pesawat tak berawak terhadap pangkalan Nahal Gershom, yang menargetkan perwira dan tentara Israel yang ditempatkan di sana.

Pada pukul 4:38 sore, pasukan Hizbullah menargetkan pos militer Israel di Al-Abbad dengan senjata yang tepat, sekali lagi berhasil melakukan serangan langsung.

Tak lama kemudian, pada pukul 5:00 sore, pejuang Perlawanan menembakkan roket ke posisi Israel di wilayah Lebanon yang diduduki, Zebdine di Shebaa Farms dan al-Ramtha di perbukitan Kfar Chouba, dan berhasil mengenai kedua lokasi secara langsung.

Pada pukul 6:05 sore, Hizbullah melancarkan gelombang tembakan roket lainnya, kali ini menargetkan tentara Israel di dekat Tellat al-Taihas dan posisi artileri di Dataran Tinggi Abu Dajaj, yang keduanya terkena serangan langsung.

Hari ini , Mayor Jenderal Cadangan Israel Yitzhak Brik memperingatkan tentang konsekuensi serius yang akan dihadapi "Israel" jika memilih untuk meningkatkan perang dengan Lebanon, dan menekankan bahwa ancaman yang dikeluarkan oleh pejabat keamanan senior adalah "sia-sia dan tidak ada gunanya."

Dalam wawancaranya dengan Saluran 12 Israel , Brik menyatakan bahwa "kebohongan paling berbahaya yang dipromosikan saat ini, yang dapat menciptakan bencana besar bagi Israel, adalah bahwa tentara akan melancarkan serangan terhadap Hizbullah."

Pejabat militer senior tersebut menegaskan bahwa sementara "Israel dapat menghancurkan seluruh Beirut," Hizbullah "akan melakukan hal yang sama terhadap Israel di Gush Dan dan Teluk Haifa."

 

SUMBER: THE CRADLE, AL MAYADEEN

Tag:  #roket #drone #hizbullah #bakar #israel #utara #kebakaran #besar #galilea #israel #dekat #safad

KOMENTAR