Ketua Partai Komeito Jepang Tidak Ikut Pemilu, Pensiunkan Diri
Natsuo Yamaguchi Ketua partai Komei (Komeito) koalisi Jepang 
19:10
10 September 2024

Ketua Partai Komeito Jepang Tidak Ikut Pemilu, Pensiunkan Diri

- Ketua Partai Komeito Natsuo Yamaguchi mengumumkan Selasa ini (10/9/2024) bahwa dia tidak akan mencalonkan diri untuk pemilihan perwakilan berikutnya dan akan mengundurkan diri pada akhir masa jabatannya saat ini, yang berakhir pada 28 September.

Untuk pertama kalinya dalam 15 tahun, Partai Komeito Baru akan memiliki Ketua yang baru nantinya.

Masa jabatan ke delapan Ketua Komeito akan berakhir pada kongres partai pada 28 September 2024.

Menanggapi hal ini, Yamaguchi mengatakan pada konferensi pers hari ini.

"Saya ingin menjelaskan bahwa saya tidak akan mencalonkan diri dalam pemilihan perwakilan Komeito yang akan datang dan tidak akan mencalonkan diri untuk pemilihan perwakilan berikutnya dan akan pensiun pada akhir masa jabatannya saat ini," katanya.

Melihat pemilihan presiden LDP dan pemilihan perwakilan Partai Demokrat Konstitusional Jepang (CDP), jelas bahwa generasi politik berikutnya akan bertanggung jawab atas politik di usia 60-an atau lebih muda.

"Sebagai seseorang yang berusia di atas 70 tahun, saya telah memutuskan bahwa saya harus meneruskan tongkat estafet kepada generasi berikutnya," tuturnya.

Dia mengungkapkan keinginannya untuk mempromosikan perubahan generasi dalam tim eksekutif partai.

Mengenai pengganti dirinya berharap ada yang akan maju namun ia menahan diri untuk tidak menyebutkan nama orang tertentu.

Di sisi lain, ketika ditanya apakah dia memiliki harapan tinggi untuk Sekretaris Jenderal Ishii.

"Dia memainkan peran utama dalam mendukung perwakilan sebagai Sekretaris Jenderal, dan dia adalah politisi yang baik dengan kemampuan dan wawasan yang cukup," katanya.

Adapun bagaimana menghadapi pemilihan Dewan Penasihat tahun depan, ketika masa jabatannya berakhir, dia berkata, "Masih ada pekerjaan yang harus dilakukan untuk membuat keputusan resmi, dan saya ingin membuat keputusan akhir tentang diri saya sendiri."

Dengan pengunduran diri Yamaguchi, Partai Komeito akan memiliki perwakilannya yang diganti untuk pertama kalinya dalam 15 tahun, dan pemilihan perwakilan untuk memilih penggantinya akan diumumkan pada 18 September.

Sejak didirikan pada tahun 1964, Partai Komeito tidak memiliki lebih dari satu kandidat yang mencalonkan diri sebagai presiden, dan ada suara-suara dari dalam partai yang mendorong Sekretaris Jenderal Ishii sebagai penggantinya dan diharapkan penyesuaian akan dilakukan di masa depan.

Masa jabatannya adalah 8 masa jabatan dan 15 tahun, terbanyak kedua dalam sejarah

Yamaguchi, pemimpin Partai Komeito Baru, berusia 72 tahun. Seorang mantan pengacara dan ia pertama kali terpilih menjadi anggota parlemen Jepang pada tahun 1990. Setelah itu, ia menjadi anggota parlemen dan menjabat sebagai ketua komite penelitian urusan politik partai, dan pada tahun 2009 ia ditunjuk sebagai perwakilan untuk menggantikan Akihiro Ota, yang dikalahkan dalam pemilihan parlemen.

Sejak itu, ia telah memimpin partai sebagai kepala perwakilan selama delapan periode dan 15 tahun.

Selama tiga tahun pemerintahan Partai Demokrat Jepang, ia berada di garis depan dalam mengejar kekuasaan sebagai pemimpin partai oposisi. Kemudian ketika Partai Demokrat Liberal (LDP) memenangkan pemilihan parlemen pada tahun 2012 dan pemerintahan Abe dilantik, pemerintahan koalisi Komeito dan LDP diresmikan kembali.

Sementara dia telah mencoba untuk menerapkan kebijakan dengan sering bertemu dengan perdana menteri berturut-turut di pemerintahan Abe, Suga, dan Kishida, dia juga telah membuat pernyataan keras terhadap LDP tentang masalah politik dan uang.

Dia telah berkeliling negeri untuk mendukung berbagai pemilu, baik nasional maupun lokal, dan telah dijuluki "Nacchan" oleh pendukung partai.

Masa jabatan nya terlama kedua sebagai kepala partai sejak didirikan pada tahun 1964, setelah Yoshikatsu Takeiri.

Sementara itu bagi para UKM Handicraft dan pecinta Jepang yang mau berpameran di Tokyo dapat bergabung gratis ke dalam whatsapp group Pecinta Jepang dengan mengirimkan email ke: [email protected] Subject: WAG Pecinta Jepang. Tuliskan Nama dan alamat serta nomor whatsappnya.

Editor: Eko Sutriyanto

Tag:  #ketua #partai #komeito #jepang #tidak #ikut #pemilu #pensiunkan #diri

KOMENTAR