Putin dan Xi Jinping Ucapkan Selamat pada Kim Jong Un di Hari Jadi Korea Utara
Presiden China, Xi Jinping, dan Presiden Rusia, Vladimir Putin, pada tahun 2014. (ALEXEI NIKOLSKY / RIA-NOVOSTI / AFP)
15:08
9 September 2024

Putin dan Xi Jinping Ucapkan Selamat pada Kim Jong Un di Hari Jadi Korea Utara

Presiden Tiongkok Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan ucapan selamat kepada pemimpin Korea Utara Kim Jong Un pada peringatan hari jadi berdirinya Korea Utara, demikian media pemerintah KCNA pada hari Senin.

"Saya yakin bahwa kemitraan strategis komprehensif antara Rusia dan DPRK akan diperkuat secara terencana berkat upaya bersama kita," kata Putin, menurut KCNA.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengirim telegram ucapan selamat kepada pemimpin Korea Utara Kim Jong Un pada ulang tahun ke-76 berdirinya Republik Rakyat Demokratik Korea sembari menekankan bahwa hubungan antara kedua negara berada pada tingkat tinggi

Gaya Bercanda Vladimir Putin ke Kim Jong Un Sambil Nyetir Mobil Mewah (X/BRICSINfo)Gaya Bercanda Vladimir Putin ke Kim Jong Un Sambil Nyetir Mobil Mewah (X/BRICSINfo)

“Kamerad Kim Jong Un yang terhormat, terimalah ucapan selamat saya yang sepenuh hati atas peringatan 76 tahun berdirinya Republik Rakyat Demokratik Korea,” kata telegram tersebut sebagaimana dilaporkan Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) yang dikutip Sputnik, Senin.

Baca Juga: Rusia Peringatkan AS Terkait Pengiriman Rudal Jarak Jauh ke Ukraina

"Hubungan antar negara kita, berdasarkan tradisi persahabatan yang baik dan hubungan bertetangga yang baik, berada pada tingkat yang tinggi, hal ini sepenuhnya dikonfirmasi oleh pembicaraan konstruktif dan bermakna kami baru-baru ini di Pyongyang," lanjut Putin.

DPRK adalah kependekan dari Republik Rakyat Demokratik Korea, nama resmi Korea Utara.

Xi menyerukan komunikasi strategis dan kerja sama yang lebih mendalam dengan Korea Utara dalam pesannya, kata KCNA.

Tahun lalu, Kim memperingati hari jadi negara itu pada tanggal 9 September dengan parade kelompok paramiliter dan pertukaran diplomatik di mana ia berjanji untuk memperdalam hubungan dengan Tiongkok dan Rusia.

Baca Juga: Kim Jong Un Dikabarkan Akan Eksekusi 30 Pejabat karena Gagal Tangani Banjir dan Longsor

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #putin #jinping #ucapkan #selamat #pada #jong #hari #jadi #korea #utara

KOMENTAR