Pemerintah Irak Menjalin Kontak dengan Negara-negara Berpengaruh untuk Meredakan Ketegangan Regional
Menteri Luar Negeri Irak Fuad Hussein berbicara kepada pers saat bertemu dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken di Ruang Perjanjian di Departemen Luar Negeri di Washington, DC, pada 26 Maret 2024. 
13:50
21 Agustus 2024

Pemerintah Irak Menjalin Kontak dengan Negara-negara Berpengaruh untuk Meredakan Ketegangan Regional

Irak menjalin kontak dengan 'negara-negara berpengaruh' untuk meredakan ketegangan regional, Kata Menlu Irak, Fuad Hussein.

Pemerintah di Baghdad mengatakan wilayah tersebut 'hidup dalam ancaman dan kebakaran' dan mendukung gencatan senjata di Gaza

Menteri Luar Negeri Irak Fuad Hussein mengatakan bahwa pemerintah Irak berusaha meredakan ketegangan di kawasan itu dan menekankan pentingnya gencatan senjata di Gaza di tengah kemungkinan perang antara Iran dan Israel.

Berbicara kepada TV Al-Hadath pada tanggal 20 Agustus, Hussein menyatakan bahwa " wilayah tersebut hidup di bawah ancaman dan tembakan, dan bahwa gencatan senjata di Jalur Gaza akan memberikan ketenangan relatif bagi wilayah tersebut," seraya mencatat bahwa "upaya untuk gencatan senjata sedang berlangsung, meskipun belum mencapai hasil, dan bahwa ketegangan akan terus berlanjut jika gencatan senjata tidak tercapai di Gaza."

Menteri luar negeri, yang merupakan anggota Partai Demokratik Kurdistan (KDP), menekankan bahwa "masyarakat dan negara Irak tidak boleh dipaksa untuk bertindak dan bereaksi," yang menunjukkan bahwa "kami berkomunikasi dengan negara-negara berpengaruh untuk menenangkan keadaan di Gaza, dan kami adalah bagian dari sistem yang berusaha meredakan ketegangan."

Ia menambahkan bahwa "mendorong Irak ke dalam situasi perang adalah masalah yang berbahaya, dan kami bergerak secara internal dan eksternal untuk menghindari menempatkan Irak dalam posisi yang sulit."

Komentarnya muncul di tengah negosiasi yang sedang berlangsung antara pemerintah AS dan Irak untuk mengakhiri misi militer koalisi AS di Irak.

Hussein mengungkapkan bahwa "diskusi mengenai penarikan pasukan koalisi internasional dari negara kita masih berlangsung dan belum berhenti, namun ketegangan di kawasan telah menunda penentuan waktu penarikan pasukan koalisi."

Irak ingin pasukan dari koalisi militer pimpinan AS mulai ditarik pada bulan September dan secara resmi mengakhiri tugas koalisi tersebut pada bulan September 2025, empat sumber Irak mengatakan kepada Reuters pada tanggal 23 Juli. Sumber tersebut menambahkan bahwa beberapa pasukan AS kemungkinan akan tetap berada dalam kapasitas penasihat yang baru dinegosiasikan.

Namun, pengumuman tentang jadwal penarikan baru-baru ini ditunda.

Perlawanan Islam di Irak (IRI), yang secara resmi didirikan setelah Operasi Banjir Al-Aqsa pada 7 Oktober, adalah koalisi beberapa faksi perlawanan Irak yang telah melakukan beberapa serangan terhadap pangkalan AS di Irak dalam beberapa tahun terakhir untuk menekan AS agar meninggalkan negara itu.

Serangan tersebut termasuk serangan terhadap pangkalan Ain al-Asad di Irak pada tanggal 5 Agustus. Lima personel AS terluka dalam serangan tersebut.

Pasukan AS juga telah menargetkan perlawanan Irak. Pada tanggal 30 Juli, pasukan AS mengebom Jurf al-Sakhar, daerah kantong kelompok perlawanan Irak, Kataib Hezbollah (KH), yang terletak di sebelah selatan Baghdad, menewaskan empat anggota kelompok tersebut.

Misi militer pimpinan AS didirikan di Irak dengan dalih memerangi ISIS. Mereka menguasai sebagian besar wilayah Irak dan Suriah pada tahun 2014, dengan dukungan rahasia dari AS dan sekutu regionalnya, termasuk Israel, Arab Saudi, Turki, dan para pemimpin Kurdi dari Wilayah Kurdistan Irak.

Iran telah menargetkan pangkalan dinas intelijen Israel, Mossad, di wilayah Kurdi Irak di masa lalu.

Menteri Luar Negeri Hussein mengatakan kepada Al-Hadath lebih lanjut bahwa "kami berhasil menghentikan respons Washington terhadap pemboman pangkalan Ain al-Assad." Ia menegaskan bahwa "kami memberi tahu Iran bahwa melancarkan serangan terhadap Kurdistan adalah sebuah kesalahan."

SUMBER: THE CRADLE

Tag:  #pemerintah #irak #menjalin #kontak #dengan #negara #negara #berpengaruh #untuk #meredakan #ketegangan #regional

KOMENTAR