Gejala Radang Selaput Dada Seperti yang Dialami Shin Tae-yong Hingga Harus Operasi di Korea
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong. [Suara.com/Alfian Winanto]
17:25
9 Juli 2024

Gejala Radang Selaput Dada Seperti yang Dialami Shin Tae-yong Hingga Harus Operasi di Korea

Pelatih Timnas sepakbola Indonesia Shin Tae-yong rupanya sempat sakit hingga harus jalani operasi di negara asalnya, Korea Selatan. Dia alami sakit setelah mengantarkan timnas Indonesia lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Dikabarkan oleh media Korea Selatan, Sport Chosun, Shin Tae-yong didiagnosis mengidap pleuritis atau radang selaput dada. Penyakit itu menyebabkan peradangan pada selaput tipis yang melapisi paru-paru dan dinding dada.

Akibat penyakitnya, Shin Tae-yong harus menjalani operasi selama 6 jam pada 15 Juni 2024 lalu di Korea Selatan.

"Pelatih Shin, yang kembali ke Korea pada tanggal 14 bulan lalu setelah babak kualifikasi kedua Asia untuk Piala Dunia Utara, Tengah dan Amerika, didiagnosis menderita radang selaput dada pada tanggal 15, hanya satu hari setelah kembali ke Korea, dan dimasukkan ke dalam daftar meja operasi," tulis media tersebut.

Baca Juga: Adu Prestasi Pelatih Baru Korea Selatan vs Shin Tae-yong, Siapa Lebih Hebat?

Pasca operasi, Shin Tae-yong bahkan sampai alami penurunan berat badan hingga 5 kg.

Penyakit yang menyerang Shin Tae-yong bisa menyebabkan pengidapnya merasakan nyeri dada yang menusuk, terutama ketika bernapas. Radang itu terjadi pada bagian pleura di paru. Bagian tersebut merupakan selaput tipis yang menyelimuti paru-paru dan dinding dada bagian dalam. Pleura terdiri dari dua lapis yang berperan menjaga paru-paru agar tidak bergesekan dengan dinding rongga dada.

Dikutip dari Alodokter, pleura akan membengkak dan menyebabkan gangguan pernapasan saat terjadi peradangan di area tersebut. Pleuritis atau radang pleura lebih rentan dialami oleh perokok.

Gejala utama pleuritis ialah nyeri parah yang terasa tajam dan menusuk di bagian dada, terutama ketika bernapas. Nyeri di dada kiri atau kanan tersebut akan makin memburuk ketika bersin, batuk, tertawa atau bergerak, tetapi dapat mereda ketika menahan napas atau menekan area dada.

Selain nyeri dada, gejala lain yang dapat dialami oleh penderita peluritis juga seperti demam, menggigil, hiang nafsu makan, sakit kepala, nyeri sendi dan otot, nyeri bahu dan punggung, batuk kering, serta sesak napas.

Baca Juga: Ambisi Shin Tae-yong Usai Lapangan Sepak Bola Atas Namanya Resmi Dibuka

Editor: Vania Rossa

Tag:  #gejala #radang #selaput #dada #seperti #yang #dialami #shin #yong #hingga #harus #operasi #korea

KOMENTAR