Tumbuh Rambut Putih Halus di Tempat Tak Biasa, Dokter Peringatkan Tanda Kanker
Ilustrasi kanker (Pixabay/PDpics)
14:16
9 Juli 2024

Tumbuh Rambut Putih Halus di Tempat Tak Biasa, Dokter Peringatkan Tanda Kanker

Banyak orang sering meremehkan masalah kulit, padahal kondisi kulit tertentu bisa menjadi tanda awal kanker. Scott Walter, seorang dokter kulit bersertifikat di Denver, meminta 1,2 juta pengikutnya di TikTok untuk mewaspadai gejala tidak biasa yang bisa menjadi tanda penyakit serius.

Salah satu gejala yang perlu diwaspadai adalah pertumbuhan rambut putih dan halus di area yang biasanya tidak berambut. Ini bisa menjadi tanda kondisi kulit langka yang disebut hipertrikosis lanuginosa (HLA).

“Lanugo adalah rambut halus, tidak berpigmen, seperti rambut bayi yang baru lahir,” jelas Walter dalam video TikToknya minggu lalu.

“Pada orang dewasa, pertumbuhan rambut ini bersifat paraneoplastik, yaitu kelainan yang disebabkan oleh kanker internal yang membuat tubuh bereaksi dengan cara tertentu.”

Baca Juga: Mengenal Cara Kerja Terapi Sel T-CAR, Harapan Baru Untuk Pasien Leukemia

Walter menjelaskan bahwa lanugo dapat tumbuh di telinga, pipi, dan hidung. Kondisi ini terkait dengan berbagai jenis kanker, seperti kanker paru-paru, payudara, rahim, kolorektum, sistem pencernaan, saluran kemih, dan ovarium.

“Yang mengejutkan adalah tanda ini bisa muncul hingga dua setengah tahun sebelum diagnosis kanker, artinya ini bisa menjadi tanda pertama Anda mengidap kanker,” kata Walter. “Meskipun sangat jarang terjadi, ini adalah cara menarik kulit kita memberi tahu bahwa ada sesuatu yang salah di dalam tubuh.”

Menurut Pusat Informasi Penyakit Genetik dan Langka, kurang dari 1.000 orang di Amerika Serikat menderita HLA. Gejalanya meliputi radang lidah, benjolan di lidah, perubahan indra perasa, diare, dan penurunan berat badan.

Dalam satu kasus, seorang perempuan berusia 68 tahun melaporkan lidahnya terasa seperti terbakar dan memiliki rambut lanugo halus di seluruh wajahnya.

Baca Juga: Pernah Diidap Suami Tasya Kamila, Bisakah Kanker Limfoma Hogkin Kambuh Lagi?

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #tumbuh #rambut #putih #halus #tempat #biasa #dokter #peringatkan #tanda #kanker

KOMENTAR