Selain Tingkatkan Kualitas Tidur, Berikut Empat Manfaat Jalan Kaki bagi Kesehatan Mental
Ilustrasi orang sedang olahraga jalan. (Freepik)
17:29
16 Mei 2024

Selain Tingkatkan Kualitas Tidur, Berikut Empat Manfaat Jalan Kaki bagi Kesehatan Mental

Jalan kaki merupakan cara yang bagus untuk menjernihkan pikiran, menenangkan suasana hati, dan membuat seseorang tetap sehat. Meskipun sederhana, tetapi berjalan kaki juga dapat memberikan efek yang kuat pada kesehatan mental seseorang.

Bahkan, jalan kaki juga dapat meningkatkan kreativitas hingga kepercayaan diri. Penasaran dengan manfaat lainnya dari berjalan kaki? Simak selengkapnya dalam artikel ini, dikutip dari Mindsjournal, Kamis (16/5).

1. Meningkatkan Kreativitas

Sebuah penelitian menemukan bahwa kreativitas meningkat pada partisipan yang berjalan kaki dibandingkan dengan mereka yang tetap duduk. Studi tersebut juga menemukan bahwa berjalan di luar ruangan lebih efektif dalam meningkatkan kreativitas dibandingkan berjalan di dalam ruangan dengan menggunakan treadmill. Selain itu, berjalan juga dinilai dapat membebaskan aliran ide.

2. Meningkatkan Energi

Jalan kaki dapat membantu meningkatkan sirkulasi sehingga aliran oksigen ke seluruh tubuh semakin meningkat. Peningkatan oksigen ini dapat menyebabkan produksi hormon kortisol dan epinefrin menjadi meningkat yang mampu meningkatkan energimu.

Faktanya, berjalan kaki dapat memberimu dorongan yang terbukti lebih berenergi dibandingkan dengan kafein dosis rendah. Di sisi lain, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa perempuan yang kurang tidur mengalami efek energi yang lebih besar dari berjalan singkat di tangga dibandingkan dengan 50 mg kafein.

3. Menambah Kepercayaan Diri

Jalan kaki mungkin terasa lambat jika dibandingkan dengan aktivitas seperti berlari, tetapi berjalan merupakan pembakar kalori yang efektif. Jalan kaki secara teratur dapat membantumu menurunkan berat badan, menjadi bugar, hingga menambah kepercayaan diri. Meningkatnya kebugaran dapat membantumu mencapai kepercayaan diri secara keseluruhan dan akhirnya mampu meningkatkan kesehatan mental.

4. Meningkatkan Hubungan Sosial


Jalan kaki dapat membantumu terhubung dengan lingkungan sekitar, baik hanya sekadar melihat-lihat lingkungan atau bergabung dengan kelompok orang lain yang juga sedang berjalan kaki. Meningkatnya hubungan sosial dapat membantu meningkatkan harga diri, suasana hati, hingga kualitas hidup secara keseluruhan.

5. Meningkatkan Kualitas Tidur


Tidur malam yang nyenyak adalah kunci untuk menjaga status kesehatan mental yang baik. Sementara itu, kurang tidur dapat menyebabkan kecemasan, depresi, lesu, dan peningkatan iritabilitas.

Penelitian telah menunjukkan bahwa berjalan kaki dapat membantumu untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Sebuah penelitian juga menemukan bahwa peserta yang mengambil lebih banyak langkah kaki mengalami kualitas dan durasi tidur yang lebih baik dibandingkan mereka yang mengambil langkah kaki lebih sedikit.

Editor: Estu Suryowati

Tag:  #selain #tingkatkan #kualitas #tidur #berikut #empat #manfaat #jalan #kaki #bagi #kesehatan #mental

KOMENTAR