Sembuh dari Traumatis dan Bersiaplah Menjadi Pribadi yang Lebih Baik dengan 4 Nilai Tambah Ini
ilustrasi menolong seseorang dengan kondisi trauma./ freepik
15:48
15 Mei 2024

Sembuh dari Traumatis dan Bersiaplah Menjadi Pribadi yang Lebih Baik dengan 4 Nilai Tambah Ini

 

 – Memiliki masa lalu yang traumatis tentu bukanlah pilihan. Kondisi tersebut membutuhkan bantuan dan dukungan menuju kesembuhan.

Penting untuk sembuh dari trauma, karena memori traumatis akan berkontribusi pada cara seseorang menjalani dan mengambil keputusan di kehidupan saat ini.

Anda yang sedang berjuang untuk sembuh dari trauma, bersiaplah untuk menyambut kehidupan baru yang lebih bernilai.

Penelitian psikologi dalam psychologytoday.com, memberikan pemaparan bahwa para penyintas trauma akan menjadi pribadi yang lebih baik dan bernilai tambah.

  1. Memiliki Belas Kasihan pada Diri Sendiri

Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa reaksi umum terhadap trauma adalah mengkritik diri sendiri.

Seseorang mungkin menyalahkan diri sendiri atas apa yang terjadi, berpikir bahwa Anda “seharusnya bisa mencegahnya.”

Bahkan sampai semua kejadian sudah berlangsung lama, Anda masih percaya bahwa ada sesuatu yang salah dengan diri Anda sehingga harus menjadi target perilaku buruk.

Terapi psikologis akan membantu penyintas trauma menggeser keyakinan negatif tentang diri sendiri.

Dengan terapi ini, penyintas trauma tidak lagi akan marah pada diri mereka sendiri atas apa yang terjadi. Sebaliknya, mereka merasa iba pada orang yang mengalami penderitaan tersebut.

Mereka berhenti menyalahkan diri mereka sendiri atas trauma tersebut, dan mungkin ingin menghibur dan merawat diri mereka yang lebih muda.

  1. Menjadi Lebih Empati

Penyembuhan dari trauma juga memungkinkan kita untuk memiliki empati yang lebih besar terhadap orang lain yang masih terikat dengan trauma.

Ketika kita berhasil mengatasi trauma, kita cenderung menjadi lebih berempati dan berbelas kasih kepada orang lain.

Hal ini pada dasarnya adalah salah satu manfaat dari trauma itu sendiri. Bukan sekadar trauma yang disembuhkan, tetapi trauma tersebut telah ditransformasikan menjadi hal baik.

Bagian dari transformasi ini dapat mencakup mengenali luka-luka orang lain. Anda akan seketika menyadari bahwa ada orang lain yang sedang berurusan dengan sesuatu dalam pikirannya.

Seperti halnya keetika Anda sedang bergumul dengan luka-luka tersembunyi, Anda dapat melihat perilaku sulit orang lain mungkin berkaitan dengan warisan trauma masa lalu.

  1. Keinginan untuk Membantu Orang Lain

Empati dan belas kasih sering kali tidak hanya berarti menginginkan yang terbaik untuk orang lain, tetapi juga ingin melakukan apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kehidupan mereka.

Beberapa orang akan memutuskan untuk melakukan pekerjaan yang berfokus pada trauma, mungkin sebagai psikoterapis, instruktur yoga, dokter, atau sekadar berbagi cerita yang memotivasi.

Tentu saja, tidak semua orang yang pernah mengalami trauma akan terjun ke bidang yang berfokus pada trauma.

Akan tetapi, kepedulian yang mereka berikan kepada orang lain dapat terpancar melalui interaksi sehari-hari mereka.

  1. Lebih Terkoneksi Pikiran dan Tubuh

Tubuh secara fisik sangat berperan dalam penyembuhan trauma. Trauma adalah sesuatu yang benar-benar dimulai dari tubuh.

Oleh karena itu, tubuh harus menjadi pusat dalam proses penyembuhan. Teknik penyembuhan trauma akan sulit jika hanya di dalam pikiran atau dengan motivasi untuk berpikir positif.

Mereka yang sedang berjuang menyembuhkan trauma bersama terapis psikolog, akan dibantu untuk mendeteksi area-area tubuh yang terganggu.

Selain itu, aktivitas yang dilakukan menuju penyembuhan pun terlihat secara fisik seperti olahraga ringan, pengaturan napas, menulis, menggambar dan sebagainya.

Penyintas pada akhirnya akan menemukan cara untuk mengakses trauma kita dengan cara yang menyembuhkan, bukan hanya untuk diri sendiri tapi juga untuk orang lain.

Ketika Anda mengembangkan kesadaran yang lebih besar terhadap tubuh Anda, Anda dapat menemukan semua manfaat yang datang dari hubungan pikiran-tubuh.

Tubuh dapat mengetahui apa yang sedang Anda rasakan dan memiliki skill tentang bagaimana Anda harus bereaksi dalam situasi tertentu.

Dukunglah orang di sekitar Anda untuk sembuh dari trauma. Pertimbangkan untuk mencari terapis profesional dan buat mereka menjadi pribadi yang lebih baik.

 ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #sembuh #dari #traumatis #bersiaplah #menjadi #pribadi #yang #lebih #baik #dengan #nilai #tambah

KOMENTAR