Asam Lambung Atau Gerd Bisa Sebabkan Kematian Mendadak? Simak Penjelasan dari Dokter
Ilustrasi seseorang pengidap asam lambung. (Sumber: freepik/KamranAydinov).
09:42
12 Mei 2024

Asam Lambung Atau Gerd Bisa Sebabkan Kematian Mendadak? Simak Penjelasan dari Dokter

Belum lama ini, ramai dibicarakan bahwa asam lambung atau Gerd bisa menyebabkan kematian mendadak.

Kabar ini semakin mencuat, usai salah seorang eleb Indonesia, Dhanar Jabro, disebutkan meninggal dengan duga asam lambung.

Sebagai informasi, penyakit asam lambung atau Gerd adalah kondisi yang menyebabkan asam lambung naik ke tenggorokan.

Dikutip dari akun Youtube Dokter Sarwo, Minggu (12/5), Gerd adalah suatu kondisi di mana katup lambung yang membatasi kerongkongan dengan lambung tidak bekerja dengan sempurna.

Sehingga katup yang longgar itu menyebabkan asam lambung naik hingga ke dada dan ke tenggorokan.

Sehingga pasien yang merasakan asam lambung dada akan terasa panas seperti terbakar.

Lantas apakah asam lambung atau Gerd bisa menyebabkan kematian seseorang?

Dokter spesialis penyakit dalam, Suzanna Ndaraha yang dikutip dari akun Youtube RSUD Koja memberikan penjelasan, menurutnya asam lambung tidak menyebabkan kematian mendadak.



"Sebetulnya kalau Gerd murni, benar-benar (penyakit) Gerd, itu tidak sampai menimbulkan kematian, tapi memang sangat mengganggu bagi penderitanya," kata Suzanna dikutip dari akun Youtube RSUD Koja.

Dokter spesialis penyakit dalam yang sudah berkecimpung di dunia medis lebih dari 23 tahun melanjutkan, pasien yang meninggal mendadak juga bisa disebabkan dari penyakit jantung.

"Kalau yang sampai menimbulkan kematian (mendadak), itu mungkin bukan Gerd, mungkin (penyakit) jantung beneran," lanjut Suzanna.

Sebab penyakit Gerd, sambung Suzanna, memiliki gejala yang mirip seperti jantung yaitu dada seperti terbakar, namun Gerd tidak menyebabkan kematian mendadak.

Penyebab Asam Lambung Naik


Penyebab asam lambung naik adalah karena melemahnya katup esofagus atau otot-otot pembatas antara kerongkong dan lambung melemah.

Paparan asam lambung yang berulang-ulang naik ke kerongkongan itu akan mengakibatkan iritasi pada lapisan kerongkongan atau esofagus.

Dikutip dari situ siloamhospitals.com, berikut faktor-faktor yang menyebabkan asam lambung naik.



1. Makanan yang bersifat asam, pedas, dan berminyak.

Terlalu sering mengonsumsi makanan yang asam, pedas dan berminyak akan meningkatkan produksi asam lambung dan dapat melemahkan otot sfingter esofagus bawah serta melambatkan pengosongan lambung.

2. Minuman yang mengandung Kafein dan alkohol

Selain makanan, minuman yang mengandung kafein dan alkohol juga dapat memicu terjadinya asam lambung.

3. Kebiasaan makan yang kurang baik

Kebiasaan makan terburu-buru atau dalam porsi banyak sekaligus, dapat menyebabkan risiko asam lambung naik.

Kemudian langsung tidur setelah makan juga memicu asam lambung naik, sebab kondisi tersebut akan meningkatkan tekanan dalam rongga perut.

Selain itu, seseorang juga menjadi rentan terkena penyakit asam lambung apabila memiliki berat badan berlebih atau obesitas, sedang hamil.

kemudian sering merokok atau menghirup asap rokok, gangguan jaringan ikat seperti scleroderma, Hernia hiatus atau tonjolan dari bagian lambung yang melewati celah diafragma dan dapat menghalangi makanan masuk ke lambung.

Pasien yang menderita Gerd juga sebaiknya konsultasikan ke dokter agar terhindar dari beberapa obat-obatan yang memicu timbulnya asam lambung, seperti obat penenang, obat asma, obat anti depresan dan sebagainya.

 

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #asam #lambung #atau #gerd #bisa #sebabkan #kematian #mendadak #simak #penjelasan #dari #dokter

KOMENTAR