Ketahui Penyebab dan Pencegahan Penyakit Ginjal Kronis, Waspadai Masalah Ginjal Mulai dari Sekarang   
Ilustrasi ginjal (Freepik)
01:39
16 Januari 2024

Ketahui Penyebab dan Pencegahan Penyakit Ginjal Kronis, Waspadai Masalah Ginjal Mulai dari Sekarang  

 

Penyakit ginjal kronis atau gagal ginjal kronis adalah kehilangan fungsi ginjal secara bertahap. Ginjal senidir berfungsi menyaring limbah dan cairan berlebih dari darah, kemudian dikeluarkan melalui urine.

 

Pada tahap lanjut dari penyakit ginjal kronis akan menyebabkan penumpukan tingkat berbahaya dari cairan, elektrolit, dan limbah dalam tubuh. Pada tahap awal penyakit ginjal kronis, mungkin tidak banyak gejala yang muncul. Pengidap mungkin tidak menyadari bahwa memiliki penyakit ginjal hingga kondisinya sudah cukup parah.

Pengobatan untuk penyakit ginjal kronis hanya fokus untuk melambatkan progresi kerusakan ginjal, biasanya dengan mengendalikan penyebabnya. Bahkan dengan pengendalian penyebab, kerusakan ginjal bisa terus berkembang.

Penyakit gagal ginjal kronis bisa berkembang menjadi gagal ginjal tahap akhir, yang begitu fatal tanpa bantuan filtering buatan (dialisis) atau transplantasi ginjal.

Tanda dan gejala penyakit ginjal kronis berkembang seiring waktu jika kerusakan ginjal berlangsung secara perlahan. Kehilangan fungsi ginjal dapat menyebabkan penumpukan cairan, limbah tubuh, atau masalah elektrolit.

Dilansir dari Mayo Clinic, penyakit ginjal kronis terjadi ketika suatu penyakit atau kondisi merusak fungsi ginjal, menyebabkan kerusakan ginjal memburuk selama beberapa bulan atau tahun.

 

Berikut ini adalah penyebab penyakit ginjal kronis

  1. Diabetes

Kadar gula darah yang tinggi, khususnya pada penderita diabetes, dapat merusak pembuluh darah dan memengaruhi fungsi ginjal.

 

  1. Tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi menjadi salah satu penyebab dari ginjal kronis, hal itu dikarenakan dapat merusak pembuluh darah ginjal dan menyebabkan kerusakan pada fungsi ginjal.

 

  1. Penyakit jantung

Penyakit jantung dan pembuluh darah dapat menjadi penyebab penyakit ginjal kronis karena saling berkaitan dalam sistem peredaran darah.

 

  1. Merokok

Seseorang dengan kebiasaan merokok dapat merusak pembuluh darah dan menyebabkan penurunan fungsi ginjal, dan parahnya bisa menyebabkan ginjal kronis.

 

  1. Obesitas

Obesitas juga menjadi penyebab dari ginjal kronis karena dapat meningkatkan tekanan pada ginjal dan berkontribusi pada perkembangan penyakit ginjal.

 

  1. Ras Kulit Hitam, Orang Asli Amerika, atau Orang Asia Amerika

Diketahui beberapa kelompok etnis dari ras kulit hitam, orang asli amerika, atau orang asia amerika memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit ginjal kronis.

 

  1. Riwayat keluarga dengan penyakit ginjal

Jika ada salah satu anggota keluarga yang memiliki penyakit ginjal, risiko penyakit tersebut untuk turun ke keturunannya bisa lebih tinggi.

 

  1. Struktur ginjal yang tidak normal

Kelainan yang ada pada struktur ginjal sejak lahir atau yang didapat suatu waktu juga bisa menjadi faktor risiko dari ginjal kronis.

 

  1. Usia tua

Perlu diperhatikan bahwa risiko penyakit ginjal kronis meningkat seiring bertambahnya usia, maka sangat disarankan untuk selalu menjaga kesehatan sejak masa kini.

 

  1. Penggunaan obat secara berlebihan

Diketahui bahwa beberapa obat terutama jika digunakan secara berlebihan atau dalam jangka panjang, dapat merusak fungsi ginjal.

 

Cara Mencegah Risiko Penyakit Ginjal Kronis

  1. Ikuti petunjuk penggunaan obat bebas

Saat mengonsumsi obat-obatan tanpa resep, seperti aspirin, ibuprofen (Advil, Motrin IB, dan lainnya), dan acetaminophen (Tylenol, dan lainnya), ikuti petunjuk pada kemasan. Mengonsumsi terlalu banyak obat pereda nyeri dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan ginjal.

 

  1. Pertahankan berat badan yang sehat

Pertahankan dengan aktif secara fisik sebagian besar hari dalam seminggu. Jika perlu menurunkan berat badan, bicarakan dengan dokter mengenai strategi penurunan berat badan yang sehat.

 

  1. Jangan merokok

Merokok dapat merusak ginjal dan memperburuk kerusakan ginjal yang sudah ada. Jika Anda perokok, bicarakan dengan dokter mengenai strategi berhenti merokok. Serta dukungan kelompok, konseling, dan obat-obatan dapat membantu berhenti kebiasaan merokok.

 

  1. Kelola kondisi medis dengan bantuan dokter

Jika memiliki penyakit atau kondisi yang meningkatkan risiko penyakit ginjal, konsultasikan dengan dokter untuk mengontrolnya. Tanyakan kepada dokter tentang tes yang dapat mendeteksi tanda-tanda kerusakan ginjal. Langkah-langkah tersebut bertujuan untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit ginjal dan dapat menjadi tindakan pencegahan yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. (*)

 

 

 

 

 

 

 

Editor: Dinarsa Kurniawan

Tag:  #ketahui #penyebab #pencegahan #penyakit #ginjal #kronis #waspadai #masalah #ginjal #mulai #dari #sekarang

KOMENTAR