Tips Jaga Stamina Selama Perjalanan Mudik, Hindari Minum Kopi atau Minuman Berenergi!
Kendaraan pemudik terjebak kemacetan pada H-2 Lebaran di jalur Pantura, Jalan Kiajaran Wetan, Kecamatan Lohbener, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Kamis (20/4/2023). Kemacetan di jalur Pantura ini sempat terjadi saat siang hari sekitar satu jam, setelah itu ramai lancar kembali. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) 
23:50
8 April 2024

Tips Jaga Stamina Selama Perjalanan Mudik, Hindari Minum Kopi atau Minuman Berenergi!

Mudik ke kampung halaman sudah menjadi tradisi jelang Lebaran.

Namun, mudik butuh stamina dan tenaga ekstra karena harus menempuh perjalanan panjang dan melelahkan karena kondisi jalanan yang super macet. 

Karenanya, Praktisi kesehatan masyarakat, dr Ngabila Salama bagikan tips menjaga stamina  pada tubuh agar tetap baik selama mudik

Pertama, hindari minuman ringan kemasan, minuman berenergi, atau teh dan kopi dengan gula tinggi. 

"Tidak baik untuk kesehatan! Kalau pun teh atau kopi tidak perlu pakai gula atau less sugar saja. Karena teh dan kopi juga bersifat diuresis yang memicu sering kencing," ungkap Ngabila pada keterangannnya, Senin (8/4/2024). 

Dengan kebiasaan minum kopi atau teh, seseorang berpotensi kurang cairan atau dehidrasi saat berpuasa.

Kedua, konsumsi vitamin. Sumber vitamin terbaik adalah dari sumber makanan alami itu sendiri. Seperti sayur, buah, rempah-rempah, atau jamu. 

Ketiga, boleh mengonsumsi jamu. Dapat diminum rutin setiap hari. 

"Untuk stamina, antiradang, antioksidan tinggi untuk mencegah penuakit seperti jahe merah, beras kencur, kunyit asam, empon-empon, dan sebagainya, "tambah Ngabila. 

Banyak khasiat jamu sesuai kandungannya yang masyarakat bisa cari infonya dari sumber terpercaya. 

Tapi dalam kondisi khusus seperti mudik dan kondisi mudah drop, vitamin bisa didapat dari disuntik atau dikonsumsi rutin per hari seperti vitamin C dan vitamin D3. 

"Yang terpenting, untuk mencegah sakit batuk pilek atau diare lakukan pola hidup bersih dan sehat. Bersih untuk diri sendiri dan lingkungan. Bersih diri sendiri dengan 3M. Yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak," tutupnya.

Editor: Willem Jonata

Tag:  #tips #jaga #stamina #selama #perjalanan #mudik #hindari #minum #kopi #atau #minuman #berenergi

KOMENTAR