Pentingnya Konsumsi Sup Tomat, Simak Manfaatnya untuk Kesehatan
Jus tomat bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker karena antioksidan yang tinggi.
20:01
1 April 2024

Pentingnya Konsumsi Sup Tomat, Simak Manfaatnya untuk Kesehatan

Mungkin sebagian dari masyarakat Indonesia sedikit asing dengan makanan sup tomat. Namun menikmati sup tomat bisa menjadi cara lain untuk memanfaatkan buah yang satu ini.

Selain menjadi hidangan yang nikmat dan juga lezat, sup tomat juga memberikan beragam manfaat bagi kesehatan. Penting untuk diketahui, makanan ini merupakan sumber nutrisi dan sumber antioksidan yang sangat baik dan berkontribusi penting untuk tubuh.

Tomat mengandung nutrisi seperti vitamin, mineral, antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan. Dilansir dari laman scmp, penelitian menunjukkan bahwa nutrisi yang terkandung dalam tomat dapat berperan sebagai perlindungan terhadap berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung dan kanker.

Lebih jelasnya, berikut ini beberapa mannfaat dari sup tomat.

1. Kaya Antioksidan

Sup tomat kaya akan antioksidan, terutama likopen. Likopen yakni karotenoid dengan kekuatan antioksidan yang signifikan, yang dapat mengurangi efek radikal bebas dalam tubuh.

Menurut penelitian, likopen juga mampu mengatasi stres, berbagai penyakit kronis serta proses penuaan.

2. Kesehatan Jantung

Selanjutnya kandungan likopen yang tinggi dalam tomat telah terbukti bermanfaat untuk kesehatan jantung. Likopen dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar kolesterol, dan meningkatkan fungsi jantung.

Selain itu, potasium yang terdapat dalam tomat juga membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengatur tekanan darah.

3. Pencegahan Kanker

Kemudian fungsi likopen dan antioksidan lainnya dalam sup tomat telah menunjukkan potensi dalam pencegahan beberapa jenis kanker. Likopen terbukti efektif dalam mencegah kanker prostat, payudara, paru-paru, dan perut.

Ketika digabung dengan antioksidan lain yang terdapat dalam tomat, maka likopen dapat melawan pertumbuhan sel kanker.

4. Dukungan Sistem Kekebalan Tubuh

Selain likopen dan antioksidan, sup tomat juga mengandung vitamin C untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat. Tomat merupakan sumber yang kaya akan vitamin C.

Sistem kekebalan tubuh yang kuat diperlukan untuk melawan infeksi dan penyakit. Mengonsumsi sup tomat juga membantu memenuhi kebutuhan harian akan vitamin C, yang merupakan bagian penting dari respons imun.

5. Mendukung Kesehatan Kulit

Tak hanya itu, ternyata rutin mengonsumsi sup tomat dapat memberikan manfaat bagi kesehatan kulit dan rambut. Vitamin C dalam sup tomat mampu membantu tubuh memproduksi kolagen yang penting untuk menjaga kulit tetap sehat dan kuat.

Vitamin C juga membantu melindungi sel dan jaringan dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh sinar UV matahari. Sementara itu, vitamin A dalam tomat juga mendukung kesehatan kulit dari dalam.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #pentingnya #konsumsi #tomat #simak #manfaatnya #untuk #kesehatan

KOMENTAR