7 Daftar Makanan dan Minuman Ini Menyebabkan Kista Ovarium, Apakah Salah Satunya Sering Anda Konsumsi?
7 daftar makanan dan minuman yang menyebabkan Kista Ovarium. (Educamp)
05:24
21 Maret 2024

7 Daftar Makanan dan Minuman Ini Menyebabkan Kista Ovarium, Apakah Salah Satunya Sering Anda Konsumsi?

- Kista ovarium merupakan kantung berisi cairan atau zat semipadat yang tumbuh di dalam satu atau kedua ovarium. Ovarium adalah organ kecil di panggul Anda yang berisi sel telur dan menghasilkan hormon seperti estrogen dan progesteron.

Kista ovarium ada bermacam-macam, sebagian besar tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak berbahaya (jinak). Kista ovarium juga jarang menimbulkan gejala. 

Sering tidak akan tahu bahwa Anda mengidapnya kecuali dokter Anda menemukannya selama prosedur atau pemeriksaan rutin.



Kista ovarium terkadang dapat menimbulkan komplikasi. Pemeriksaan panggul secara teratur dan komunikasi dengan dokter mengenai gejala yang mungkin Anda alami dapat membantu mencegah masalah kista.

Kista dapat diobati dengan menggunakan berbagai terapi medis. Sebaliknya, pengobatan alami dapat membantu mengatasi hal yang sama. 

Pola makan yang sehat sangat penting untuk penanganan kista ovarium. Menurut laman Bens Natural Health yang dikutip oleh JawaPos.com (20/3) hindari makanan ini dari daftar makanan Anda untuk meringankan gejala kista ovarium.

  1.   Gorengan
Gorengan bisa berupa, bakwan goreng, tempe atau tahu goreng, kentang goreng, ayam goreng.

Makanan ini dimasak dengan minyak nabati olahan sintetis dan mengandung bahan kimia pengganggu hormon

  2.   Alkohol
Minuman keras, seperti alkohol, sebaiknya dihindari saat menangani kista ovarium. Minuman ini mengganggu keseimbangan hormonal tubuh, meningkatkan kadar estrogen dan menyebabkan pertumbuhan kista ovarium. 

  3.   Daging berwarna gelap
Hindari makan daging berwarna gelap seperti daging sapi, babi, dan domba. Jika Anda tidak bisa menghindarinya, cobalah membatasi konsumsi Anda. 



  4.   Makanan dan Minuman Tinggi Gula
Mencegah kista ovarium dengan mengurangi konsumsi makanan dan minuman dengan kadar gula yang tinggi. Biasanya gula yang tinggi tersebut dapat terkandung dalam kue, permen, jus olahan, minuman kemasan dan lainnya.

  5.   Makanan tinggi lemak jenuh
Lemak jenuh merupakan lemak makanan yang berbahaya bila dikonsumsi berlebihan. Ini berpotensi meningkatkan kadar kolesterol darah. 

Makanan berikut ini tinggi lemak jenuhnya yaitu sebagai berikut:
- Produk susu seperti keju, mentega, dan krim
- Daging berwarna gelap seperti daging sapi, babi, dan domba
- Makanan kemasan dan kue-kue
-Makanan cepat saji

  6.   Minuman Mengandung Kafein
Kafein berkontribusi signifikan terhadap dehidrasi dan peradangan dalam tubuh. Jika Anda rentan terkena kista ovarium, harap hindari minuman berkafein seperti teh, kopi, soda, minuman bersoda, dan lainnya.

  7.   Makanan dengan karbohidrat sederhana
Karbohidrat sederhana memiliki indeks glikemik tinggi dan cepat dicerna, diserap, dan dimetabolisme, sehingga menyebabkan lonjakan glukosa darah dan kebutuhan akan produksi insulin dalam jumlah besar. 

Anda harus menghindari karbohidrat sederhana seperti gandum, roti putih, tepung olahan, dan nasi berbiji pendek jika Anda memiliki kista ovarium.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #daftar #makanan #minuman #menyebabkan #kista #ovarium #apakah #salah #satunya #sering #anda #konsumsi

KOMENTAR