Jangan Dianggap Remeh, Kenali Tanda dan Gejala Kanker pada Anak
ILUSTRASI kanker pada anak - Jumlah angka kasus kanker meningkat diseluruh dunia. Tak hanya pada dewasa, jumlah kasus kanker pada anak maupun remaja juga naik 
05:30
19 Maret 2024

Jangan Dianggap Remeh, Kenali Tanda dan Gejala Kanker pada Anak

-- Jumlah angka kasus kanker meningkat diseluruh dunia. Tak hanya pada dewasa, jumlah kasus kanker pada anak maupun remaja juga naik.

Ada banyak jenis kanker yang bisa menyerang anak dan remaja. Seperti leukemia, tumor otak, tumor neuroblastoma, dan limfoma.

Disampaikan dokter spesialis anak, dr Kurniawan Satria Denta gejala awal saat kanker menyerang anak mungkin serupa dengan sakit biasa, yakni ada benjolan, memar, dan infeksi biasa.

Namun ada bedanya, gejala kanker tidak akan membaik dengan sendirinya.

Bahkan akan terjadi pada waktu yang panjang, berminggu-minggu hingga bulanan.

Kondisi ini sangat tergantung pada sel kanker berkumpul di dalam tubuh.

 Sayangnya, anak yang menderita kanker akan menunjukkan beberapa gejala yang biasanya memburuk seiring berjalannya waktu.

Dibandingkan kanker pada orang dewasa, kanker pada anak sulit terdeteksi, lantaran anak-anak belum mampu mengemukaan apa yang mereka rasakan. 

Karenanya, penting bagi orangtua untuk mengenali tanda dan gejala kanker pada anak, sehingga dapat dideteksi sedini mungkin guna mendapatkan penanganan segera dan tingkat kesembuhan menjadi lebih besar.

Berikut gejala atau keluhan yang patut diwaspadai oleh orangtua jika buah hati mengidap kanker seperti dikutip dari keterangan resmi Dr Denta:

1. Massa atau benjolan yang tidak biasa

2. Anak mengalami pucat yang tidak dapat dijelaskan atau ruam yang berulang terjadi dan tentunya sulit membaik

3. Sering lemas tanpa alasan yang jelas

4. Kecenderungan tiba-tiba untuk memar atau mudah berdarah

5. Rasa sakit yang bertahan di bagian tubuh mana pun dengan durasi yang lama.

6. Demam yang tidak kunjung sembuh hingga berminggu-minggu

7. Sering sakit kepala yang disertai muntah

8. Gangguan mata atau penglihatan secara tiba-tiba

9. Penurunan berat badan yang tidak terduga dan cepat

"Satu gejala saja kecil kemungkinannya untuk menjadi tanda kanker anak. Anak-anak yang menerima diagnosis kanker biasanya memiliki banyak kombinasi gejala yang berbeda pada saat yang bersamaan," urai dia.

Jika anak tampak memiliki kombinasi gejala tersebut, atau gejala apa pun yang tidak kunjung sembuh dan tampak semakin parah, segera bawa ke fasilitas kesehatan terdekat untuk dilakukan penanganan menyeluruh.

Dokter akan melakukan serangkaian tes yang untuk menegakan diagnosis dengan pemeriksaan fisik, tes darah dan tes penunjang lainnya.

Anak dengan kecurigaan kanker akan dirujuk ke dokter spesialis anak subspesialis hematologi-onkologi, untuk menguji dan memastikan diagnosis kanker.

Editor: Eko Sutriyanto

Tag:  #jangan #dianggap #remeh #kenali #tanda #gejala #kanker #pada #anak

KOMENTAR