Waktu Terbaik Konsumsi Vitamin B6, Intip Panduan Mengonsumsinya untuk Dapatkan Manfaat yang Optimal
Ilustrasi konsumsi vitamin B6./freepik/whitebearstudio
10:22
18 Maret 2024

Waktu Terbaik Konsumsi Vitamin B6, Intip Panduan Mengonsumsinya untuk Dapatkan Manfaat yang Optimal

Pyridoxine atau yang juga dikenal sebagai vitamin B6, adalah nutrisi larut dalam air yang hadir secara alami dalam berbagai makanan serta dalam bentuk suplemen.

Vitamin B6, berperan sebagai katalisator untuk lebih dari seratus enzim dalam tubuh, dimana hal tersebut dapat mendukung proses pemecahan protein, karbohidrat, dan lemak, serta menjaga tingkat homosistein agar tetap normal guna menjaga kesehatan jantung dalam kondisi yang baik.

Selain itu, vitamin B6 juga membantu dalam menjaga kesehatan otak dan sistem kekebalan tubuh, hingga dapat berperan dalam melindungi diri dari paparan polusi udara.

Vitamin B6 juga berperan dalam produksi neurotransmiter dan hemoglobin, serta mendukung perkembangan otak selama kehamilan dan masa bayi.

Dilansir dari Medical News Today pada Minggu (17/3), kekurangan vitamin B6 dapat mengakibatkan sejumlah masalah kesehatan yang beragam.

Gejala yang mungkin muncul termasuk sensasi kesemutan, mati rasa, dan nyeri di tangan dan kaki yang disebut neuropati perifer.

Selain itu, kekurangan ini juga dapat menyebabkan anemia, yang ditandai dengan gejala kelelahan, kelemahan, dan pusing. Kejang juga berpotensi terjadi dimana adanya kontraksi otot yang tidak terkendali.

Bahkan, kondisi mental seperti depresi dan kebingungan juga bisa muncul. Selain itu, kekurangan vitamin B6 juga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh hingga meningkatkan risiko infeksi.

Kekurangan vitamin B6 juga dapat memengaruhi kondisi kulit, seperti dermatitis seboroik, peradangan lidah, atau peradangan bibir juga dapat muncul.

Dalam kasus yang parah dan jarang terjadi, kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan sindrom yang mirip dengan pellagra, yang ditandai dengan peradangan kulit dan masalah pencernaan. Bahkan, dalam kasus tertentu, kekurangan tersebut bahkan bisa berlangsung seumur hidup, seperti neuropati perifer.

Vitamin B6 merupakan salah satu dari delapan vitamin B yang penting untuk mendukung fungsi sel yang tepat. Vitamin ini larut dalam air, yang berarti tubuh tidak menyimpannya dan akan mengeluarkan kelebihannya melalui urin.

Oleh karena itu, penting untuk mendapatkan asupan vitamin B6 yang cukup setiap hari melalui asupan makanan, seperti kacang kuda, tahu, dan hati sapi.

Kebutuhan harian seseorang akan vitamin B6 dipengaruhi oleh berbagai faktor, karena vitamin ini memiliki peran dalam beberapa aspek metabolisme tubuh. Adapun rekomendasi untuk asupan harian vitamin B6 yakni sebagai berikut.

● Bayi usia 0-6 bulan sebanyak 0,1 mg
● Bayi usia 7–12 bulan sebanyak 0,3 mg
● Anak usia 1–3 tahun sebanyak 0,5 mg
● Anak usia 4–8 tahun sebanyak 0,6 mg
● Anak usia 9–13 tahun sebnayak 1,0 m
● Usia 14–18 tahun sebanyak 1,2 mg
● Dewasa usia 19–50 tahun sebanyak 1,3 mg
● Usia 51+ tahun sebanyak 1,5 mg
● Wanita selama kehamilan sebanyak 1,9 mg
● Wanita selama menyusui sebanyak 2,0 mg

Lalu, kapan waktu terbaik untuk mengonsumsi vitamin B6?

Penelitian menunjukkan bahwa vitamin B6 memiliki kemampuan untuk meningkatkan energi, sehingga waktu terbaik untuk mengonsumsinya adalah setelah bangun tidur agar dapat memberikan dorongan energi yang diperlukan sepanjang hari.

Selain itu, vitamin B6 juga dapat mengganggu pola tidur dan dapat menyebabkan mimpi yang terlihat sangat nyata atau intens.

Oleh karena itu, untuk menghindari efek samping ini, disarankan untuk mengonsumsinya di awal hari misalnya saat sarapan atau makan pagi, sehingga tubuh memiliki waktu yang cukup untuk memprosesnya sebelum waktu tidur.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #waktu #terbaik #konsumsi #vitamin #intip #panduan #mengonsumsinya #untuk #dapatkan #manfaat #yang #optimal

KOMENTAR