Dapat Kontrol Tekanan Darah! Beberapa Manfaat Kesehatan dari Buah Kelengkeng yang Jarang Diketahui
Buah kelengkeng dengan banyak manfaat. (Sumber foto : Freepik)
22:06
14 Maret 2024

Dapat Kontrol Tekanan Darah! Beberapa Manfaat Kesehatan dari Buah Kelengkeng yang Jarang Diketahui

 Buah Kelengkeng adalah buah manis yang berasal dari India atau Cina. Saat ini kelengkeng dianggap sebagai buah yang populer di Asia. Kelengkeng cenderung tumbuh berkelompok, buahnya sangat bulat dan seukuran buah anggur besar.

Di bawah kulitnya yang keras dan kecoklatan, kita dapat melihat daging putih mengelilingi biji berwarna gelap. Dengan tekstur istimewanya tersebut, kelengkeng juga dikenal dengan julukan 'mata naga'.

Kelengkeng merupakan buah yang berukuran kecil namun sangat bermanfaat, terutama sangat baik untuk kesehatan. Mengonsumsi lengkeng dalam jumlah sedang akan membantu memperoleh manfaat luar biasa seperti meningkatkan energi, menjaga tekanan darah, melawan depresi, dan mencegah penurunan daya ingat.

Dilansir dari WebMD.com Kamis (14/3), buah kelengkeng segar kaya akan vitamin C, satu porsi kelengkeng juga memiliki nutrisi untuk memenuhi kebutuhan seharian. Buah kelengkeng dapat memberikan manfaat kesehatan sebagai berikut:

1. Kesehatan Jaringan Tubuh.

Ketika luka di jari akhirnya sembuh, tentunya itu berkat dari kelengkeng yang mengandung vitamin c. Juga dikenal sebagai asam askorbat, vitamin C sangat penting untuk kesehatan jaringan dan mempercepat penyembuhan luka. Ini juga membantu tubuh membuat kolagen, zat keras yang ditemukan di otot, tulang rawan, dan kulit.

2. Kesehatan Jantung.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa karena vitamin C merupakan antioksidan, maka dapat berkontribusi terhadap kesehatan jantung. Hal ini dapat mengurangi kekakuan arteri, yang merupakan ciri penyakit kardiovaskular.

3. Kontrol Tekanan Darah.

Kelengkeng mengandung potasium dalam jumlah yang baik, yang membantu mengontrol tekanan darah. Banyak ahli gizi menganggap potasium sebagai nutrisi yang kurang dikonsumsi, dan kebanyakan orang Amerika hanya mendapatkan setengah dari jumlah yang disarankan.

Meskipun tidak ada indeks glikemik yang tersedia untuk buah lengkeng, buah ini relatif tinggi karbohidrat dan rendah serat. Artinya bisa meningkatkan gula darah.

Kelengkeng mungkin bukan buah terbaik untuk penderita diabetes, meski tidak masalah jika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Mereka yang ingin menghindari makanan tinggi gula untuk mengatur berat badan atau alasan lain dapat mengikuti aturan yang sama.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #dapat #kontrol #tekanan #darah #beberapa #manfaat #kesehatan #dari #buah #kelengkeng #yang #jarang #diketahui

KOMENTAR