7 Manfaat Minum Air Putih saat Puasa, Bisa Mencegah Dehidrasi hingga Menjaga Kesehatan Kulit
Ilustrasi minum cukup air putih. (Cary Orthopaedics)
08:40
13 Maret 2024

7 Manfaat Minum Air Putih saat Puasa, Bisa Mencegah Dehidrasi hingga Menjaga Kesehatan Kulit

–Selain mempunyai manfaat bisa mencegah dehidrasi, mengonsumsi air putih pada setelah buka puasa Ramadhan bisa membantu meredakan rasa lapar. Selain itu bisa menjadi upaya untuk menjaga kesehatan kulit.

Kebiasaan mengonsumsi air putih di kehidupan sehari-hari bisa menghasilkan banyak impact positif. Tak perlu ragu memikirkan apa saja manfaat bila mengonsumsi air putih terutama pada bulan suci Ramadhan.

Selama Ramadhan umat muslim yang menjalankan puasa tidak diperkenankan makan dan minum mulai dari terbitnya fajar sampai matahari terbenam. Perlu mengonsumsi air putih yang cukup agar terhindar dari dehidrasi selama menjalankan ibadah puasa.

Berikut 7 manfaat air putih pada saat puasa sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan mendukung proses detoksifikasi.

  1. Mencegah Dehidrasi

Saat berpuasa, tubuh kehilangan cairan melalui keringat dan pernapasan. Mengonsumsi air putih dapat membantu serta menjaga keseimbangan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi

  1. Menjaga Fungsi Tubuh

Air putih dapat membantu menjaga fungsi organ-organ penting seperti ginjal, hati, dan sistem pencernaan, agar tetap optimal saat puasa.

  1. Mengatasi Rasa Lapar

Terkadang rasa lapar bisa disalahartikan sebagai kehausan. Minum air putih dapat membantu meredakan rasa lapar sementara dan mengurangi keinginan untuk makan berlebihan pada saat berbuka.

  1. Membantu Detoksifikasi

Air putih dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan racun dan limbah melalui proses buang air kecil, sehingga dapat mendukung proses detoksifikasi tubuh.

  1. Meningkatkan konsentrasi

Kehydratan yang cukup perlu didapatkan terutama pada Ramadhan, karena bisa meningkatkan konsentrasi agar lebih fokus dalam melakukan suatu kegiatan, dan dapat membantu menjalani aktivitas sehari-hari dengan lebih efisien selama puasa.

  1. Mengurangi Risiko Batu Ginjal

Minum air putih yang cukup dapat mengurangi risiko terbentuknya batu ginjal yang dapat terjadi karena kekurangan cairan dalam tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Dengan mengonsumsi air putih yang cukup, bisa menghasilkan kulit yang sehat. Kehydratan yang cukup dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegah kulit menjadi kering dan kusam selama puasa.

Pastikan untuk minum air putih dalam jumlah yang cukup selama Ramadhan untuk mendapatkan manfaat-manfaat tersebut dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. (mg/syalwa fatikha maydar)

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #manfaat #minum #putih #saat #puasa #bisa #mencegah #dehidrasi #hingga #menjaga #kesehatan #kulit

KOMENTAR