Simak dan Kenali 10 Tanda Tubuh Anda Kekurangan Nutrisi Penting, Intip Cara Mengatasinya di Sini!
Ilustrasi perempuan yang lesu dan lemas mencoba makan makanan bernutrisi yang sehat. (Freepik)
14:18
7 Maret 2024

Simak dan Kenali 10 Tanda Tubuh Anda Kekurangan Nutrisi Penting, Intip Cara Mengatasinya di Sini!

– Tubuh manusia membutuhkan berbagai macam nutrisi untuk berfungsi dengan optimal. Kekurangan nutrisi dapat menyebabkan berbagai tanda dan gejala yang dapat mengganggu kesehatan dan kesejahteraan.

Hal ini karena tubuh manusia ibarat mesin kompleks yang membutuhkan berbagai macam nutrisi untuk berfungsi dengan baik. Ketika Anda tidak mendapatkan cukup nutrisi, tubuh Anda akan menunjukkan tanda-tanda kekurangan.

Berikut adalah sepuluh tanda tubuh Anda kekurangan nutrisi, dilansir dari laman Gloucestershire Live, Kamis (7/3).

1. Kulit kering dan kusam

Jika Anda memiliki kulit kering dan kusam, bisa jadi karena Anda kekurangan nutrisi. Hal ini karena kulit membutuhkan vitamin A, C, dan E untuk tetap sehat dan bercahaya. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan kulit kering, kusam, dan bersisik.

2. Rambut rontok parah sampai pitak

Memiliki gejala rambut rontok sampai pitak juga patut Anda waspadai. Rambut membutuhkan protein, zat besi, dan vitamin B untuk tumbuh kuat dan sehat. 

Kekurangan nutrisi ini dapat menyebabkan rambut rontok, rapuh, dan kusam yang bisa sebabkan pitak hingga kebotakan.

3. Kuku rapuh

Kuku membutuhkan protein, zat besi, dan biotin untuk tetap kuat dan sehat. Kekurangan nutrisi ini dapat menyebabkan kuku rapuh, pecah-pecah, dan bergaris.

4. Kelelahan dan lemas berlebihan

Kekurangan zat besi, vitamin B12, dan magnesium dapat menyebabkan kelelahan dan kurangnya energi. 

Jika Anda memiliki tanda ini, perhatikan asupan nutrisi dan vitamin yang perlu Anda konsumsi agar gejala ini tidak mempengaruhi kualitas hidup Anda.

5. Anda jadi sering sakit

Kekurangan nutrisi seperti kekurangan vitamin A, C, dan E dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda, membuat Anda lebih mudah terserang penyakit.

6. Menunjukan Gejala Anemia

Jika Anda mengalami gejala anemia yang ditandai dengan kelelahan, sesak napas, dan pusing, kemungkinan tubuh Anda mengalami kekurangan zat besi. 

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia. Untuk itu, penting untuk menjaga asupan nutrisi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi. 

7. Kesemutan, mati rasa, dan Kram otot

Jika Anda sering mengalami kesemutan dan mati rasa di bagian-bagian tertentu seperti tangan dan kaki, bisa jadi Anda kekurangan nutrisi. 

Hal ini karena kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan kesemutan dan mati rasa di tangan dan kaki. Selain itu, kekurangan magnesium dan kalsium dapat menyebabkan kram otot.

8. Depresi dan kecemasan 

Jika Anda merasa depresi dan anxiety atau memiliki gangguan kecemasan, bisa jadi salah satu penyebabnya adalah Anda kekurangan nutrisi. Hal ini karena kekurangan vitamin B12 dan asam folat dapat menyebabkan depresi dan kecemasan.

9. Masalah pencernaan

Memiliki masalah pencernaan juga termasuk salah satu tanda Anda kekurangan nutrisi. Ini karena kekurangan serat dapat menyebabkan sembelit, diare, dan kembung.

10. Timbul bercak putih pada kulit Anda

Jika timbul bercak putih pada kulit Anda yang terlihat seperti panu di bagian pipi atau di bagian kulit wajah Anda, bisa jadi ini adalah tanda Anda Kekurangan zinc. Defisit zinc dapat menyebabkan bercak putih pada kulit.

Cara Mengatasi Kekurangan Nutrisi

Untuk mengatasi kekurangan nutrisi, Anda dapat makan makanan yang sehat dan seimbang: Pastikan Anda makan banyak buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak, dan karbohidrat kompleks.

Minum multivitamin dan suplemen jika diperlukan: Jika Anda tidak mendapatkan cukup nutrisi dari makanan, Anda dapat minum suplemen.

Bicarakan dengan dokter Anda: Jika Anda memiliki tanda-tanda kekurangan nutrisi, bicarakan dengan dokter Anda untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Itulah sepuluh tanda tubuh Anda kekurangan nutrisi penting serta cara mengatasinya. Selain menjaga asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, penting untuk menjaga pola hidup sehat dengan memiliki pola makan yang baik dan olahraga. Semoga artikel ini bermanfaat.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #simak #kenali #tanda #tubuh #anda #kekurangan #nutrisi #penting #intip #cara #mengatasinya #sini

KOMENTAR