Catat! Ini 10 Daftar Produk Suplemen Vitamin B12 yang Direkomendasikan Ahli Gizi
rekomendasi suplemen vitamin b12 (Freepik/Andreyoskirko)
19:24
24 Februari 2024

Catat! Ini 10 Daftar Produk Suplemen Vitamin B12 yang Direkomendasikan Ahli Gizi

Vitamin B12 atau cobalamine merupakan salah satu vitamin B yang penting untuk tubuh.   Sebab, vitamin ini bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah, membantu proses metabolisme protein, serta menjaga sel saraf dan jaringan tubuh.    Dengan mengkonsumsi vitamin B12, seseorang dapat tercegah dari beberapa penyakit seperti malanutrisi, gangguan pencernaan, kanker, HIV, hingga defisiensi atau kekurangan vitamin B12.  

  Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia. Akibatnya, tubuh akan terasa lemas dan terlihat pucat.   Hal ini juga menyebabkan jaringan tubuh kekurangan oksigen, yang bisa membuat Anda kehilangan keseimbangan tubuh dan kerusakan saraf.    Umumnya, orang dewasa membutuhkan vitamin B12 sekitar 2,4 mcg per hari. Anda bisa memenuhi kebutuhan vitamin B12 ini dengan mengkonsumsi susu, ikan, kerang, telur, unggas, dan daging.  

  Selain itu, suplemen vitamin B12 juga bisa dijadikan sebagai alternatif. Vitamin B12 yang memiliki sifat larut air, membuatnya lebih baik untuk dikonsumsi saat perut kosong atau sebelum makan.    Dilansir dari id.my-best.com, berikut kami sajikan beberapa produk suplemen vitamin B12 beserta kisaran harganya berdasarkan dari rekomendasi seorang Ahli Gizi.    1. IPI Vitamin B12 - Supra Ferbindo Farma   Dengan kandungan 25 mcg vitamin B12, produk ini pas untuk membantu Anda memenuhi kebutuhan vitamin B12 harian. Cukup konsumsi satu tablet satu hari untuk menjaga asupan vitamin B12 Anda. Harga produk ini pun terjangkau mulai dari Rp 6.200 untuk isi 45 tablet.  

  2. Neurobion Forte - Merck   Produk ini mengandung vitamin B12 sebanyak 5.000 mcg. Selain itu, produk ini juga mengandung vitamin B1 dan B6. Kombinasi ketiganya, dapat membuat sel-sel saraf Anda terjaga. Untuk harganya, mulai dari Rp 40.000.   3. B Complex + B12 - Samco Farma   Produk ini mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, B6, dan B12. Kelebihannya, produk ini tersedia dalam tiga varian kemasan. Ada kemasan setrip isi 10 kaplet, botol isi 100 kaplet, dan kantong isi 100 kaplet.    Anda bisa memilih kemasan yang menurut Anda paling praktis atau pas dengan kebutuhan. Untuk harganya perkemasannya mulai dari Rp 10.000.   4. Multi B Performance - BLACKMORES®  

  Blackmores Multi B Performance mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan B12. Kelebihannya, suplemen ini juga mengandung ekstrak passion flower dan oats yang diyakini membantu mengatasi stres dan meningkatkan kualitas tidur.    Dengan harga mulai dari Rp 213.000, suplemen ini wajib dipertimbangkan bagi Anda yang mudah lelah secara fisik ataupun psikis akibat pekerjaan atau aktivitas Anda lainnya.   5. Natural Factors Complete B - Natural Factors   Produk ini mengandung vitamin B yang komplet, yang terdiri dari vitamin B12, B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B10. Produk ini adalah solusi bagi Anda yang ingin mendapatkan khasiat komplet vitamin B dengan manfaat yang tahan seharian.    Bagusnya lagi, produk ini tidak mengandung pewarna, pengawet, dan pemanis buatan. Harganya, berada dikisaran Rp 355.000.   6. Folic Acid 800 mcg with Vitamin B-12 Tablets - NOW FOODS  

  Anda bisa mengonsumsi produk dari Now Foods ini mengandung suplemen vitamin B12 dan asam folat (B9) andalan. Dengan asupan asam folat yang cukup, proses pembelahan sel dalam tubuh, termasuk sel darah merah, akan lebih cepat terjadi.    Hasilnya, kesehatan sistem kardiovaskular dan saraf pun dapat terjaga. Terutama untuk Anda ibu hamil, produk ini dapat dijadikan suplemen untuk mencukupi nutrisi Anda. Harganya berada dikisaran Rp 140.000.   7. Vitamin B12 50 mcg - Kimia Farma   Dengan harga Rp 1.200, Anda sudah bisa mendapatkan suplemen vitamin B12 50 mcg yang praktis plus ekonomis ini. Kelebihannya, kemasannya tidak berupa botol dengan banyak tablet sekaligus, umur simpannya pun lebih lama.    8. Berocca Performance - Bayer   Produk ini hadir dengan bentuk tablet effervescent. Selain mengandung delapan jenis vitamin B, produk ini juga mengandung mineral, seperti kalsium dan zinc, dalam suplemen makanan ini.    Ada juga magnesium yang berperan penting dalam menjaga kesehatan saraf dan otot Anda. Cukup dengan mengeluarkan uang Rp 55.000, Anda sudah akan bisa mendapatkan vitamin ini.   

  9. Kamulvit B12 - Ikapharmindo Putramas   Kamulvit B12 merupakan suplemen multivitamin, mineral, dan kalsium yang mengandung vitamin B12. Suplemen ini diformulasikan dalam bentuk sirop rasa jeruk yang akan disukai anak-anak.    Artinya, produk ini cocok untuk si kecil yang aktif agar tetap sehat dan bugar. Dengan harga Rp 20.000, kandungan vitamin serta mineral di dalamnya akan mampu membantu tumbuh kembang anak Anda.    10. NaturesPlus Vitamin B12 500 mcg - Natural Organics   Bagi Anda seorang vegetarian, produk ini cocok untuk dikonsumsi. Sebab, sumber vitamin B12 produk merek NaturesPlus ini tidak berasal dari hewan.   

  Produk seharga Rp 230.000 ini memiliki kandungan 500 mcg vitamin B12. Suplemen vitamin B12 ini berfungsi untuk mencegah defisiensi vitamin B12, anemia dan osteoporosis.    Selain itu, produk ini juga diklaim dapat mengurangi risiko degenerasi makula atau gangguan penglihatan yang biasanya terjadi pada orang tua.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #catat #daftar #produk #suplemen #vitamin #yang #direkomendasikan #ahli #gizi

KOMENTAR