Bagus untuk Kesehatan, 5 Manfaat Buah Sirsak yang Belum Diketahui!
Daun sirsak ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. (DEA/C.DANI-I.JESKE / Getty Images)
07:43
17 Februari 2024

Bagus untuk Kesehatan, 5 Manfaat Buah Sirsak yang Belum Diketahui!

 

 

 - Berasal dari daerah hangat dan tropis di Amerika, sirsak adalah buah yang memiliki banyak nama. Nama ilmiahnya adalah Annona muricata, tetapi juga dikenal dengan guanabana, paw-paw, sirsak, dan graviola.

Sirsak merupakan salah satu anggota keluarga Annonaceae yang juga dikenal dengan keluarga apel custard. Buah yang tumbuh di pohon berukuran besar dan berbentuk lonjong. Bagian luarnya yang berwarna hijau, memiliki duri di atasnya, menutupi daging berwarna putih berserat. Mereka tumbuh hingga 8 inci dan beratnya bisa mencapai 10 pon. Rasa sirsak paling tepat menggambarkan persilangan antara mangga dan nanas.

Sirsak memiliki banyak kegunaan dalam pengobatan tradisional, dan telah digunakan untuk mengobati berbagai macam kondisi kesehatan dan penyakit. Dengan profil nutrisinya yang kuat, ia memberikan beragam manfaat kesehatan.

Sirsak kaya akan vitamin C, antioksidan yang dikenal dapat meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh. Vitamin ini memperkuat sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kemampuannya untuk bertahan melawan patogen. Ini juga mendorong penghancuran radikal bebas, yang dapat membantu melindungi kulit dan sel anda dari kerusakan oksidatif lingkungan. Satu buah sirsak utuh mengandung 215% dari tunjangan harian vitamin C yang  direkomendasikan.

Sirsak (buah dan daunnya) mengandung banyak antioksidan lain, termasuk fitosterol, tanin, dan flavonoid. Antioksidan berperan dalam kesehatan anda secara keseluruhan dan dapat membantu melindungi terhadap berbagai kondisi kesehatan.

Mengutip dari laman WebMD, berikut beberapa manfaat sirsak dalam kesehatan.

  1. Bagus untuk pencernaan

Satu buah sirsak utuh mengandung sekitar 83% dari asupan serat harian yang direkomendasikan, yang merupakan nutrisi penting untuk kesehatan pencernaan. Serat membantu meningkatkan keteraturan dan mencegah masalah pencernaan seperti sembelit.

  1. Berpotensi memiliki efek anti-karsinogenik

Meskipun sebagian besar studi terbatas pada studi tabung reaksi, sirsak mungkin bermanfaat dalam membantu melawan dan mencegah kanker. Sebuah studi menemukan bahwa ekstrak sirsak dapat memperkecil ukuran tumor kanker payudara dan membunuh sel kanker. Studi kedua menemukan bahwa ekstrak dapat menghentikan pembentukan sel leukemia.

  1. Melawan peradangan

Antioksidan melawan radikal bebas, mengurangi kerusakan sel yang disebabkan oleh stres oksidatif. Salah satu efek samping dari stres oksidatif adalah peradangan. Oleh karena itu, antioksidan dalam sirsak dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.

  1. Menstabilkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan masalah serius seperti penyakit jantung dan serangan jantung. Salah satu faktor penyebab tekanan darah tinggi adalah asupan natrium. Kalium membantu tubuh membuang natrium dan meredakan ketegangan di dinding pembuluh darah, yang keduanya dapat membantu menurunkan tekanan darah. Buah sirsak utuh menawarkan sekitar sepertiga hingga setengah dari asupan potasium harian yang direkomendasikan.

  1. Dapat melawan bakteri

Sirsak dapat memberikan efek antibakteri. Sebuah studi menemukan bahwa ekstrak mungkin dapat membunuh berbagai jenis bakteri, termasuk strain penyebab penyakit gusi dan gigi berlubang. Studi lain menemukan bahwa ekstrak sirsak dapat membantu melawan bakteri kolera dan Staphylococcus. Meskipun ini adalah studi tabung reaksi, hasilnya menjanjikan dan diperlukan studi lebih lanjut.

Editor: Kuswandi

Tag:  #bagus #untuk #kesehatan #manfaat #buah #sirsak #yang #belum #diketahui

KOMENTAR