Dijamin Sembuh! Cara Mengobati Sariawan Secara Alami
Obat Alami untuk Mengatasi Sariawan. (Freepik)
20:27
15 Oktober 2024

Dijamin Sembuh! Cara Mengobati Sariawan Secara Alami

 

Sariawan merupakan gangguan kesehatan pada  mulut  berupa luka kecil di daerah bibir, gusi, pipi bagian dalam dan garis gusi.

Sariawan timbul akibat beberapa indikasi seperti infeksi, penyakit autoimun, stress atau depresi dan masalah pencernaan.

Selain itu, penyebab sariawan dapat berkembang karena kurangnya tidur, menggigit lidah atau pipi secara tidak sengaja, menggunakan pasta gigi yang kasar, maupun perubahan hormon.

Seseorang dengan gangguan sariawan merasa kurang nyaman karena perih yang dirasakan terutama ketika makan, minum hingga menggosok gigi.

Dilansir dari laman menghilangkan sariawan secara alami,  antara lain :

Berkumur dengan Air Garam

Berkumur menggunakan air garam dapat menyembuhkan sariawan secara efektif.  Dengan menggunakan air garam dapat membantu mempercepat proses pengeringan sariawan, namun dapat melukai lesi di mulut

Madu

Madu memiliki sifat antibakteri dan antiradang yang kuat. Madu berfungsi untuk mengurangi ukuran lesi mulut, rasa tidak nyaman dan pencegahan infeksi berikutnya. Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan madu ke sariawan 3-4 kali sehari.

Lidah Buaya

Aloe Vera atau lidah buaya mengandung antiradang dan antimikroba yang membantu mempercepat penyembuhan sariawan.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki kandungan antibakteri yang digunakan untuk menghentikan penyebaran penyakit, mengurangi rasa tidak nyaman dan kemerahan di sekitar luka sariawan . Cara penggunaannya dengan mengoleskan minyak kelapa ke lesi menggunakan bola kapas.

Teh Chamomile

Chamomile dapat membantu meredakan nyeri dan peradangan. Pengobatan sariawan menggunakan teh kamomil dengan berkumur sekitar 30 detik.

Gunakan Cuka Apel

Cuka apel dapat membunuh mikroorganisme yang menyebabkan rasa sakit dari sariawan atau luka di mulut. Cara penggunaannya dengan mencampurkan secangkir air dan satu sendok cuka apel dan berkumur selama 30 hingga 60 detik lalu.

Kompres dengan Es

Dengan mengompres es pada luka mulut dapat membuat luka menjadi mati rasa. Sehingga kompres dan gosokkan es pada luka agar rasa nyeri pada sariawan menjadi reda

Vitamin B12

Dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B12 dapat membantu mempercepat pemulihan dari sariawan

Jaga Kebersihan Mulut

Gunakan sikat gigi yang berbulu lembut untuk menggosok gigi dengan pelan-pelan sambil menghindari sariawan dan gunakan pasta gigi yang tidak mengandung  sodium lauryl sulfate untuk menghindari sariawan

Sariawan sebenarnya dapat dicegah dengan menjaga kebersihan mulut atau dengan menyikat gigi dua kali sehari dan gunakan sikat gigi dengan bulu lembut untuk mencegah iritasi jaringan. Perbanyak vitamin dan serat dengan mengonsumsi buah dan sayur dan periksakan gigi dan mulut ke dokter gigi secara teratur.

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #dijamin #sembuh #cara #mengobati #sariawan #secara #alami

KOMENTAR