Mitos-Fakta dan Beda Ekstrovert dengan Introvert
ILUSTRASI Pribadi Ekstrovert (visitjeromeidaho.com)
17:38
10 Januari 2024

Mitos-Fakta dan Beda Ekstrovert dengan Introvert

- Ekstrovert adalah kebalikan dari introvert. Orang ekstrovert cenderung menyukai keramaian, kegembiraan, dan kebaruan.

Mereka tidak selalu berarti ramah, percaya diri, dan suka tantangan. Ekstrovert hanya memiliki cara berbeda dalam mengisi energi dan bersosialisasi.

Mereka ini orang yang mendapatkan energi dari lingkungan sekitar, bukan dari dalam diri sendiri. Hal ini membuat mereka lebih suka beraktivitas dengan banyak orang atau di tempat yang ramai, daripada sendiri atau di tempat yang sepi.

Mereka juga lebih suka berbicara sebelum berpikir, berbicara daripada mendengarkan, dan berpartisipasi daripada mengamati. Namun, memiliki kepribadian ekstrovert bukan berarti tidak bisa menikmati kesendirian atau berpikir mendalam.

Ekstrovert hanya membutuhkan waktu bersama orang lain untuk mengisi energi, memberikan ide, dan mengeluarkan stres.

Maka dari itu, mereka lebih santai dan terbuka dalam memilih teman dan topik pembicaraan. Hal itu terjadi karena mereka lebih tertarik pada hal-hal baru yang menantang, daripada yang lama, tetapi membosankan, dan monoton.

Namun jangan salah, introvert pun bisa menjadi orang yang menyenangkan jika mereka bisa menempatkan diri sesuai lingkungan.

Untuk itu, introvert tidak perlu merasa rendah diri, malu, atau bersalah karena memiliki kepribadian yang berbeda. Para introvert juga tidak perlu berusaha menjadi ekstrovert, karena itu akan membuat mereka kehilangan jati diri dan keunikan mereka.

Pribadi introvert hanya perlu mengenali, menerima, dan mengembangkan diri mereka sesuai dengan potensi dan minat mereka.

Itulah penjelasan artikel di atas tentang mitos dan fakta introvert yang masih kerap kali disalahartikan oleh beberapa orang, semoga tulisan ini bermanfaat. ***

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #mitos #fakta #beda #ekstrovert #dengan #introvert

KOMENTAR