Gangguan Kepribadian Paranoid, Berikut Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi untuk Kesejahteraan Mental Anda
Ilustrasi gangguan kepribadian paranoid atau Paranoid Personality Disorder (PPD) (freepik.com)
15:06
1 Februari 2024

Gangguan Kepribadian Paranoid, Berikut Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi untuk Kesejahteraan Mental Anda

- Gangguan kepribadian paranoid atau Paranoid Personality Disorder (PPD) merupakan kondisi kesehatan mental yang ditandai dengan ketidakpercayaan dan curiga terhadap orang lain.

Tidak percaya dan curiga tersebut dilakukan tanpa adanya alasan. Penderita gangguan kepribadian paranoid akan selalu waspada, percaya bahwa orang lain akan terus merendahkan dirinya, menyakiti, bahkan mengancam.

Orang dengan gangguan ini tidak menganggap bahwa perilaku dan cara berpikirnya bermasalah.

Dilansir dari clevelandclinic.org, PPD adalah salah satu dari kelompok yang disebut Cluster A atau gangguan kepribadian eksentrik.

Orang yang mengalami kelainan ini memiliki pemikiran dan perilaku yang tidak biasa dan eksentrik.

Orang dengan gangguan ini biasanya mengalami delusi atau halusinasi, seperti pada penderita skizofrenia, gangguan skizoafektif, dan gangguan bipolar.

Gejala Gangguan Kepribadian Paranoid

Orang dewasa dengan gangguan kepribadian paranoid selalu merasa waspada, percaya bahwa orang lain akan terus-menerus berusaha merendahkan, menyakiti, dan mengancam mereka.

Tidak hanya keyakinan yang tidak berdasar tersebut, penderita memiliki kebiasaan menyalahkan dan tidak percaya.

Hal tersebut, akan mengganggu kemampuan untuk membentuk hubungan yang dekat dengan orang lain. Selain itu, penderita PPD terkadang sangat membatasi kehidupan sosial mereka.

Penyebab Gangguan Kepribadian Paranoid

Belum diketahui secara pasti penyebab gangguan kepribadian paranoid. Kemungkinan besar penyebabnya adalah campuran dari beberapa faktor, mulai dari lingkungan maupun biologis.

Penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pengabaian emosional pada masa anak-anak, pengabaian fisik, dan pengabaian pengawasan, memiliki peran dalam perkembangan PPD di masa remaja.

Cara Mengatasi Gejala gangguan Kepribadian Paranoid

Orang dengan gangguan PPD jarang melakukan pengobatan sendiri, melainkan orang-orang terdekatlah yang akan merujuk mereka.

Biasanya penderita PPPD melakukan pengobatan dengan psikoterapi atau terapi bicara, seperti terapi perilaku kognitif (CBT) atau perilaku dialektis (DBT).

Terapi tersebut berfokus pada peningkatan keterampilan mengatasi masalah secara umum, terutama kepercayaan dan empati, serta meningkatkan interaksi sosial serta komunikasi.

Tidak hanya itu, penderita PPD yang ekstrim dan memiliki kondisi psikologis seperti kecemasan atau depresi, akan mendapat obat-obatan.

Selain itu, penderita juga dapat mengatasi sendiri dengan berbagai aktivitas, mulai dari membuat catatan, menantang diri sendiri, mencari dukungan, mengubah pola hidup, dan mengelola stres.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #gangguan #kepribadian #paranoid #berikut #penyebab #gejala #cara #mengatasi #untuk #kesejahteraan #mental #anda

KOMENTAR