Kamu Mengalami Ejakulasi Dini? Berikut Penyebab dan Beberapa Teknik Agar Lebih Lama Saat Berhubungan
Ilustrasi pria yang mengalami gangguan ejakulasi dini (freepik.com)
20:48
30 Januari 2024

Kamu Mengalami Ejakulasi Dini? Berikut Penyebab dan Beberapa Teknik Agar Lebih Lama Saat Berhubungan

 

Ejakulasi dini merupakan masalah yang sering kali memengaruhi kegiatan seksual pria dan pasangan. 

Dilansir dari healthline.com, Selasa (30/1), seseorang yang mengalami ejakulasi dini cenderung mengalami orgasme sebelum maupun setelah penetrasi, tidak mampu menahan atau menunda ejakulasi.  

Pria yang mengalami ejakulasi dini, akan menyebabkan stres, tidak puas, cemas, dan menjadi masalah dalam hubungan

Namun, terdapat pengobatan alami, yang dapat menjadi alternatif solusi, efektif, dan aman untuk mengatasi masalah ejakulasi dini.

Sebelum pada pengobatan ejakulasi, alangkah baiknya mengetahui penyebab ejakulasi dini, sebagai berikut.

Apa Penyebab Ejakulasi Dini?

Penyebab ejakulasi dini sendiri belum diketahui secara pasti, namun terdapat beberapa pendapat yang menyebutkan bahwa penyebab ejakulasi dini sering dikaitkan dengan kondisi psikologis.

Tetapi tidak semua kasus ejakulasi dini sama, setidaknya ada empat jenis penyebab ejakulasi dini, sebagai berikut. 

  1. Ejakulasi Dini Primer

Penyebab primer terjadi ketika seseorang mencapai kematangan seksual. Penyebab ini didapat melalui pengalaman yang berulang-ulang di dalam lingkungan psikologis atau tempat seseorang dibesarkan.

Bahkan, melalui pengalaman seksual yang membuat trauma, sehingga membuatnya cepat untuk ejakulasi pada saat berhubungan. 

  1. Ejakulasi Dini Sekunder

Ejakulasi dini sekunder biasanya terjadi pada seseorang yang tidak memiliki riwayat ejakulasi normal sebelumnya, atau tanpa masalah ejakulasi. 

Setelah itu, mengalami ejakulasi dini yang dapat disebabkan oleh kondisi seperti diabetes, tekanan darah tinggi, kondisi tiroid, atau bahkan efek alkohol dan obat terlarang.

  1. Variabel Alami

Kemungkinan ini terjadi akibat dari perubahan kehidupan seks atau bahkan hubungan seksual yang lebih spesifik. 

Gejala ejakulasi dini yang satu ini akan segerah disadari oleh seseorang yang mengalami karena lebih awal dari biasanya.

  1. Subjektif

Penyebab ejakulasi subjektif ini terjadi dalam waktu yang dianggap biasa, sekitar tiga menit setelah memulai hubungan seksual.

Tidak ada kondisi atau riwayat medis sebelumnya, namun merasa bahwa tidak dapat bertahan selama yang seseorang atau pasangan inginkan. 

Selain itu, keadaan depresi, cemas, rasa bersalah, masalah hubungan, kurang percaya diri, hingga riwayat seksual dapat menjadi faktor penyebab perkembangan ejakulasi dini.

Oleh karena itu, cara alternatif melalui beberapa pengobatan alami untuk mengatasi ejakulasi dini, sebagai berikut.

Pengobatan Alami Atasi Ejakulasi Dini 

  1. Gunakan Kondom Tebal

Melalui kondom yang tebal akan membantu mengurangi sensitivitas penis dan dapat membuat hubungan seksual menjadi lama atau mencegah terjadinya ejakulasi dini. 

  1. Tisu untuk Mengatasi Ejakulasi Dini

Tisu ini bekerja dengan cara mengurangi sensasi yang berlebihan di ujung penis pada saat melakukan hubungan seksual.

Biasanya tisu tersebut mengandung benzokain, obat bius topikal, menghalangi saluran natrium yang membuat dan menimbulkan sensasi pada penis.

  1. Teknik Jeda Remas

Teknik ini dapat dilakukan ketika merasa akan ejakulasi, segera berhenti dan meminta pasangan untuk meremas atau menekan penis, tepatnya pada ujung kepala yang menyatu dengan batang, hingga tidak ingin mencapai klimaks. 

  1. Teknik Berhenti Memulai

Teknik ini juga disebut sebagai kontrol orgasme yang dapat membantu menunda klimaks dengan mengeluarkan penis pada saat ingin ejakulasi dan berhenti sejenak. Jika merasa kurang terangsang, makan perlahan mulai kembali.

  1. Latihan pada Panggul

Hal tersebut dilakukan untuk memperkuat otot dasar panggul yang berdampak besar pada durasi waktu untuk mencapai klimaks.

  1. Masturbasi

Masturbasi satu atau dua jam sebelum berhubungan seksual dapat membantu untuk menunda ejakulasi dini, khususnya pada saat penetrasi, karena dengan masturbasi terlebih dahulu akan mengurangi mencapai klimaks dengan cepat.

  1. Suplemen Zinc

Zinc tidak sekadar dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh yang sehat dan pertumbuhan sel, melainkan mineral penting juga berfungsi memproduksi testosteron, yang dapat membantu mengatasi ejakulasi dini.   

  1. Ginseng

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi ginseng memiliki manfaat dalam mengatasi disfungsi ereksi maupun ejakulasi dini, sehingga ginseng dapat digunakan sebagai obat herbal.    

  1. Semprotan Lidokain

Semprotan ini membantu mengatasi ejakulasi dini dengan menurunkan sensitivitas penis dan hipersensitivitas, biasa digunakan sekitar 15 menit sebelum berhubungan seks.

Beberapa pengobatan dan teknik untuk mengatasi ejakulasi dini tersebut dapat dicoba dan disesuaikan dengan kenyamanan masing-masing pasang pada saat berhubungan.   

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #kamu #mengalami #ejakulasi #dini #berikut #penyebab #beberapa #teknik #agar #lebih #lama #saat #berhubungan

KOMENTAR