Mengenal Gangguan Kepribadian Narsistik, Berikut Gejala dan Waktu yang Tepat untuk Menemui Tenaga Profesional
Ilustrasi orang dengan kepribadian narsistik yang terlalu berlebihan dengan capaian diri (freepik.com)
19:47
30 Januari 2024

Mengenal Gangguan Kepribadian Narsistik, Berikut Gejala dan Waktu yang Tepat untuk Menemui Tenaga Profesional

 

 

Narsistik merupakan gangguan mental yang menjadikan seseorang merasa penting dan dikagumi oleh orang di sekitarnya. 

Sorangan dengan gangguan narsistik akan merasa lebih baik dari pada orang lain, dengan membanggakan pencapaian, yang sebenarnya capaian tersebut terlalu biasa saja untuk dibanggakan.

Gangguan narsistik ini, membuat penderitanya memiliki tingkat empati yang rendah terhadap orang lain. 

Sebenarnya apa itu narsistik? Apa saja gejala orang yang mengalami gangguan kepribadian narsistik? Kapan orang dengan gangguan narsistik dapat menemui tenaga profesional untuk membantunya? 

Penjelasan terkait kepribadian narsistik, gejala, dan waktu yang tepat untuk menemui tenaga profesional akan dibahas sebagai berikut. 

Apa itu narsistik?

Dilansir dari mayoclinic.org, gangguan kepribadian narsistik merupakan kondisi kesehatan mental, yang membuat seseorang dengan kepribadian ini akan memiliki rasa kepentingan yang terlalu tinggi. 

Orang dengan gangguan kepribadian ini biasanya membutuhkan dan mencari banyak perhatian dan ingin orang lain agar mengagumi dirinya. 

Biasanya, orang dengan gangguan ini kurang memiliki kemampuan untuk memahami atau bahkan tidak peduli terhadap perasaan orang lain. 

Tetapi di balik rasa percaya diri yang tinggi, orang dengan kepribadian narsistik yang ekstrim akan mudah marah jika mendapat kritik sekecil apapun. 

Gangguan kepribadian ini dapat menimbulkan masalah dalam kehidupan, seperti hubungan, pekerjaan, sekolah, atau bahkan masalah keuangan. 

Orang yang narsistik pada umumnya akan merasa tidak bahagia dan kecewa ketika mereka tidak diberi bantuan atau tidak mendapat kekaguman khusus terhadapnya dari orang lain.

Oleh karena itu, alangkah baiknya mengenali tanda-tanda gangguan kepribadian narsistik untuk menyadarkan diri atau menghindari dan mengatasi orang dengan gangguan kepribadian ini. 

Apa saja gejala orang yang mengalami gangguan kepribadian narsistik?

Gejala gangguan kepribadian narsistik, memiliki tingkat keparahan yang berbeda-beda di setiap gejala. Adapun gejala orang orang dengan kepribadian ini, sebagai berikut.

  1. Memiliki rasa untuk mementingkan diri sendiri yang terlalu berlebihan dan membutuhkan rasa kagum dari orang lain yang dilakukan berlebihan dan berkelanjutan.

  2. Orang dengan gangguan narsistik merasa bahwa dirinya berhak mendapatkan keistimewaan dan perlakuan dari orang lain yang khusus.

  3. Merasa agar diakui sebagai orang yang unggul meskipun tanpa prestasi.

  4. Menjadikan prestasi dan bakat padahal biasa saja, tetapi orang dengan gangguan kepribadian ini membuatnya seolah pencapaiannya tersebut tinggi. 

  5. Orang dengan gangguan ini biasanya sibuk dengan fantasi tentang kesuksesan, kecemerlangan, kekuatan, atau mereka menganggap dirinya adalah pasangan yang sempurna. 

  6. Tidak mementingkan dalam berpikir kritis dan meremehkan orang lain. 

  7. Percaya bahwa dirinya lebih unggul dari pada orang lain.

  8. Mengharapkan bantuan khusus dari seseorang, tanpa orang tersebut mempertanyakan apa yang dibutuhkan oleh orang yang memiliki gangguan tersebut. 

  9. Memanfaatkan orang lain untuk mendapatkan keinginannya, serta memiliki keengganan untuk mengenali atau mengerti perasaan orang lain. 

  10. Merasa iri terhadap orang lain dan percaya bahwa orang lain iri terhadapnya. Selain itu, orang yang narsistik memiliki perilaku menyombongkan dirinya sendiri, serta bersikeras untuk mendapatkan sesuatu. 

Selain itu, orang dengan gejala kepribadian narsistik tersebut, dapat menemui tenaga profesional untuk mengkonsultasikan keadaannya.

Kapan waktu yang tepat untuk menemui tenaga profesional?  

Orang dengan gangguan kepribadian narsistik, mungkin tidak terpikirkan bahwa ada sesuatu yang salah pada dirinya, sehingga kebanyakan orang yang narsistik tidak akan mencari pengobatan. 

Jika orang dengan gangguan kepribadian ini mencari pengobatan, biasanya telah mengalami depresi, salah penggunaan obat, banyak mengonsumsi alkohol, hingga terjadi masalah kesehatan mental lainnya. 

Orang yang mengalami gangguan narsistik akan susah menerima dan menindaklanjuti pengobatan, karena mereka menganggap bahwa harga dirinya telah terhina.  

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #mengenal #gangguan #kepribadian #narsistik #berikut #gejala #waktu #yang #tepat #untuk #menemui #tenaga #profesional

KOMENTAR