WHO Beri Rekomendasi Pemberian MPASI untuk Bayi Usia 6-23 Bulan, Para Ibu Diminta Perhatikan Asupan Gizi
MPASI penting diberikan untuk bayi berusia 6-23 bulan (freepik.com)
17:08
29 Januari 2024

WHO Beri Rekomendasi Pemberian MPASI untuk Bayi Usia 6-23 Bulan, Para Ibu Diminta Perhatikan Asupan Gizi

 

Badan Kesehatan Dunia (WHO) secara resmi mengeluarkan rekomendasi pemberian makanan pendamping air susu ibu (MPASI) untuk bayi berusia 6 hingga 23 bulan.

MPASI adalah makanan bertekstur lunak yang diperuntukkan bagi anak usia 6 bulan. Jika sudah berusia 8 bulan maka mereka bisa diberi makanan yang dipotong kecil.

Sementara, untuk makanan yang sama dengan anggota keluarga lain, bisa diberikan saat si kecil sudah berusia 12 bulan.

MPASI sangat penting untuk mendukung proses tumbuh kembang si kecil, oleh sebab itu para Ibu juga harus memperhatikan asupan gizi yang terdapat di dalam makanan pendamping asi tersebut.

“MPASI ini diharapkan berasal dari makanan lokal setempat. Kadang orang berpikir protein hewani itu mahal, padahal sebetulnya bisa, minimal satu butir telur,” ungkap Ketua Tim Kerja Standar Kecukupan Gizi dan Mutu Pelayanan Gizi dan Kesehatan Ibu-Anak Kemenkes, Seperti yang telah dilansir dari Antara, Senin (29/1).

Dengan memberikan makanan pendamping yang tepat, maka si kecil akan bisa bertahan hidup, tumbuh, dan berkembang dengan baik. Berikut penjelasan lengkap mengenai rekomendasi WHO mengenai MPASI.

Waktu Terbaik Memberi MPASI

Pengenalan MPASI bisa dimulai saat bayi berusia 6 bulan sembari tetap memberikan air susu ibu (ASI). Porsi makannya pun harus diatur sesuai dengan usianya.

Untuk bayi usia 6-8 bulan dianjurkan 2-3 sendok makan hingga 125 ml. sedangkan bayi berusia 9-11 bulan diberikan dengan porsi 125 ml. sementara untuk bayi usia 12-23 bulan sudah bisa diberi dengan porsi 200-250 ml.

Rekomendasi Menu MPASI

Perlu diketahui bahwa bayi tidak boleh diberi makanan yang dapat menyebabkan tersedak, makanan seperti anggur, dan potongan wortel sebaiknya dihindari dahulu.

Ada beberapa macam menu MPASI yang bisa diberikan setiap harinya untuk si kecil, seperti makanan yang mengandung protein hewani yakni daging, ikan dan telur. Para Ibu juga bisa memberinya sayur dan buah-buah lembut serta kacang dan biji-bijian.

WHO juga mengingatkan untuk menghindari makanan yang tidak sehat, seperti makanan yang tinggi gula, garam, dan lemak trans. Kemudian, minuman berpemanis seperti kopi dan teh.

Konsumsi jus buah dan makanan kaya zat pati, seperti mie dan tepung-tepungan juga sebaiknya dihindari.

Sebagai pelengkap MPASI, para Ibu bisa memberikan suplemen nutrisi atau produk makanan yang difortifikasi.

Frekuensi Pemberian MPASI Sesuai Usia Bayi

WHO mengungkapkan jika frekuensi pemberian MPASI harus disesuaikan dengan usia bayi. Misalnya, bayi berusia 6 hingga 8 bulan bisa diberi MPASI sebanyak 2-3 kali sehari. Kemudian, untuk bayi berusia 9 hingga 11 bulan bisa diberi 3-4 kali sehari.

Bayi yang telah berusia 12 hingga 23 bulan bisa diberi MPASI sebanyak 3-4 kali sehari,boleh juga diberikan makanan ringan 1-2 kali sehari.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #beri #rekomendasi #pemberian #mpasi #untuk #bayi #usia #bulan #para #diminta #perhatikan #asupan #gizi

KOMENTAR