Menurut Penelitian, Ini 6 Rahasia Hidup Panjang Umur hingga 100 Tahun ke Atas
Ilustrasi lansia usia 70-an yang menjalani gaya hidup sehat di usia senja./freepik
18:44
2 Oktober 2024

Menurut Penelitian, Ini 6 Rahasia Hidup Panjang Umur hingga 100 Tahun ke Atas

- Hidup panjang umur bagi sebagian orang adalah sesuatu yang diimpi-impikan. Di zaman ini, hidup hingga 100 tahun lebih sudah termasuk berusia panjang.

Di belahan dunia lain, ada beberapa daerah yang terkenal dengan warganya yang hidup panjang umur hingga 100 tahun lebih. Mereka dikenal dengan warga Blue Zone atau zona biru.   Kebiasaan baik dari mulai gaya hidup hingga pola makan membuat mereka hidup lebih lama dari rerata manusia. Dikutip dari Eating Well, menurut penelitian, inilah 6 rahasia hidup panjang umur dari mereka yang hidup hingga 100 tahun ke atas.  

  1. Makan lebih banyak tumbuhan   Dalam sebuah penelitian yang mengamati lebih dari 70.000 penganut Advent Hari Ketujuh--salah satu kaum paling panjang umur di dunia-- mereka yang mengonsumsi makanan vegetarian memiliki kemungkinan 12 persen lebih rendah untuk mengalami kematian dini akibat semua penyebab, terutama pada pria.   Pola makan nabati dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes karena rendah lemak jenuh dan tinggi serat.   2. Tetap tajam   Menjaga aset kognitif Anda tetap teratur berarti menggunakannya secara teratur. Hal ini penting dilakukan untuk tetap "sadar" dalam keadaan pun.   Untuk menajamkan kognitif ini adalah dengan tak berhenti bekerja dengan hal yang Anda senangi meski sudah tua.    3. Tetap bergerak   Saat memasuki usia senja, kita biasanya semakin malas bergerak. Hal ini salah karena dapat membuat kemampuan organ tubuh kita tak berfungsi lagi.   Mereka yang panjang umur hingga 100 tahun ke atas "bergerak secara alami." Ini berarti menukar hari-hari di pusat kebugaran dengan menemukan cara untuk memasukkan olahraga secara alami ke dalam kehidupan sehari-hari Anda.    4. Teruslah bekerja   Pensiun tidak termasuk dalam rencana Tony Pomerleau, pendiri Pomerleau Real Estate dan Pomerleau Family Foundation di Burlington, Vermont, yang hidup hingga usia 100 tahun dan tidak pernah berhenti bekerja.   Dia bangun pagi, membaca koran, dan terus bekerja. Dia tak suka tertidur seharian di atas ranjang.   5. Lakukan lebih banyak yoga   Anda sudah lama tahu bahwa yoga dan meditasi adalah praktik yang menyehatkan, tetapi penelitian pada tahun 2017 dari India menemukan sesuatu yang cukup keren: hal itu dapat membantu tubuh Anda memutar balik waktu.   Penulis studi mengamati 96 orang sehat yang berpartisipasi dalam yoga, pernapasan, dan meditasi selama 12 minggu, dan menemukan bahwa biomarker tertentu menunjukkan bahwa program tersebut membantu membalikkan penuaan sel.   6. Menunda punya bayi   Perempuan yang memiliki anak terakhir setelah usia 33 tahun memiliki kemungkinan dua kali lebih besar untuk bertahan hidup hingga mencapai persentil kelima teratas (dalam hal usia lanjut). Dibandingkan dengan mereka yang menyelesaikan keluarga mereka pada usia 29 tahun.   Beberapa perempuan mungkin memiliki gen terkait umur panjang tertentu yang membantu mereka menua lebih lambat dan memungkinkan mereka memiliki anak di usia lanjut.  

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #menurut #penelitian #rahasia #hidup #panjang #umur #hingga #tahun #atas

KOMENTAR