Bisa Dilihat dari Mata, Kenali Gejala Kolesterol Tinggi yang Bisa Sebabkan Serangan Jantung
Ilustrasi kondisi seseorang terkena sakit jantung atau serangan jantung. Salah satu menyebabkan akibat kolesterol tinggi. (Newshub)
16:06
24 September 2024

Bisa Dilihat dari Mata, Kenali Gejala Kolesterol Tinggi yang Bisa Sebabkan Serangan Jantung

Kolesterol tinggi dapat terjadi pada tiap orang dari segi berbagai usia. Hal ini mesti menjadi perhatian karena kolesterol tinggi berarti menunjukkan ada yang salah dengan kesehatan Anda.

Kolesterol tinggi sendiri dapat meningkatkan risiko terkena serangan jantung atau stroke. Sebab, kolesterol adalah zat lemak alami dalam darah seseorang. Zat ini diproduksi di hati dan juga terdapat dalam beberapa makanan yang kita konsumsi.

Kolesterol sebetulnya penting untuk menjaga kesehatan sel-sel dalam tubuh kita. Namun, bila terlalu tinggi itu dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Penyebab kolesterol tinggi sendiri dapat terjadi karena gaya hidup. Salah satunya adalah pola makan. Jika Anda banyak mengonsumsi lemak, misalnya, itu akan membuat kolesterol tinggi.

Adapun gejala-gejala yang didapati jika orang mengalami kolesterol tinggi biasanya tak secara langsung dirasakan.

Namun begitu, dikutip dari bhf.org.uk, ada beberapa gejala kecil yang bisa menunjukkan bahwa Anda mengalami kolesterol tinggi.

1. Tendon xanthomata
Gejala ini adalah berarti ada pembengkakan akibat kolesterol pada buku-buku jari tangan, lutut, atau tendon Achilles di bagian belakang pergelangan kaki Anda.

2. Xanthelasma
Jika ada benjolan kolesterol kecil berwarna kuning di dekat sudut dalam mata Anda, itu bisa berarti bahwa Anda mengalami kolesterol tinggi.

3. Arkus kornea
Masih di bagian mata, jika terlihat seolah ada cincin putih pucat di sekitar bagian berwarna mata Anda, itu menunjukkan gejala kolesterol tinggi.

 

Editor: Mohamad Nur Asikin

Tag:  #bisa #dilihat #dari #mata #kenali #gejala #kolesterol #tinggi #yang #bisa #sebabkan #serangan #jantung

KOMENTAR