Kenali 4 Penyebab Badan Anda Bau Meski Sudah Mandi, Salah Satunya karena Stres
Stres bisa memicu badan menjadi bau. (Pexels/Nathan Cowley)
20:12
20 September 2024

Kenali 4 Penyebab Badan Anda Bau Meski Sudah Mandi, Salah Satunya karena Stres

- Badan bau disebabkan oleh banyak hal. Mengenai penyebab-penyebab bau badan penting agar Anda dapat mencari cara mengatasinya dengan tepat. Bau badan tentunya bisa membuat orang di sekeliling Anda merasa terganggu. Penyebabnya seringkali berasal dari bakteri yang hidup di keringat yang Anda hasilkan.

Penyebab bau badan yang paling banyak ditemui adalah di bagian ketiak. Meski keringat itu sendiri tidak berbau, bakteri memecah protein tertentu dalam keringat menjadi asam yang menyebabkan bau.

Untuk mengetahui lebih lanjut, kenali penyebab bau badan berikut ini, dikutip dari Verywell Health, Jumat (20/9).

1. Kelenjar Apokrin

Seseorang akan cenderung memiliki bau badan jika keringatnya berasal dari kelenjar apokrin yang mengeluarkan keringat dari folikel rambut yang terdapat di ketiak, selangkangan, dan area kemaluan.

Keringat dari kelenjar ini biasanya diproduksi saat Anda kepanasan atau stres. Kelenjar apokrin engandung lemak dan senyawa lain yang berbau saat diurai oleh bakteri.

2. Kelenjar Ekrin

Semua orang yang mempunyai kulit pasti juga memiliki kelenjar ekrin yang mengeluarkan keringat melalui saluran untuk mengatur suhu tubuh.

Keringat ini tidak mengandung lemak dan senyawa lain yang dapat menimbulkan bau saat diurai oleh bakteri.

3. Perubahan berat badan

Perubahan berat badan dapat mempengaruhi pada bau badan karena lipatan kulit Anda mungkin bertambah. Lipatan ini dapat menampung keringat dan bakteri yang menciptakan kondisi ideal untuk bau badan yang kuat.

4. Stres

Saat seseorang mengalami stres, otomatis denyut jantung meningkat dan mengirimkan sinyal ke kelenjar keringat untuk mulai memproduksi keringat guna membantu mengatur suhu tubuh dan menyeimbangkan cairan tubuh.

Meskipun keringat dapat dikeluarkan melalui kelenjar ekrin, sebagian besar keringat akibat stres akan keluar dari kelenjar apokrin yang menghasilkan keringat yang lebih bau.

Inilah sebabnya mengapa Anda mungkin merasakan peningkatan bau badan tepat sebelum atau selama kejadian yang membuat stres.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #kenali #penyebab #badan #anda #meski #sudah #mandi #salah #satunya #karena #stres

KOMENTAR