3 Langkah yang dapat Dilakukan untuk Mengelupas Kulit di Bibir yang Kering dan Cara Merawatnya
Ilustrasi bibir kering. (Sumber foto: Mount Elizabeth)
07:22
19 September 2024

3 Langkah yang dapat Dilakukan untuk Mengelupas Kulit di Bibir yang Kering dan Cara Merawatnya

 Bibir kering dan pecah-pecah sering dialami oleh semua orang. Saat berada di musim dingin, Anda akan lebih sering mengalaminya.    Menurut Dr. Katheleen Eusebio-Alpapara, bibir kita tidak mempunyai kelenjar minyak yang membuat bibir menjadi kering.   Penyebab lain dari bibir kering adalah karena panas yang ekstrim, terlalu banyak paparan sinar matahari, menjilati bibir berlebihan, merokok, dan obat-obatan tertentu.   

  Menggunakan pelembap bibir dan scrub bibir merupakan cara sederhana untuk mengatasi bibir kering. Bahkan, jika Anda menggunakan scrub bibir akan lebih banyak manfaat yang didapat.   Seperti, menghilangkan kulit kering, bibir tampak lebih berisi dan lembut, meratakan warna bibir, menjaga kelembapan bibir, mencegah dehidrasi, dan lipstik akan lebih tahan lama.    Bibir kering memang rentan untuk membuat kulit terkelupas dan Anda selalu ingin mengangkatnya. Padahal, jika mengelupasnya secara berlebihan akan menyebabkan kulit menjadi kasar, menyebabkan dehidrasi dan kulit tidak merata.   Dalam artikel ini akan memberikan tiga langkah yang aman untuk mengeksfoliasi atau mengelupas sel kulit mati pada bibir kering yang dilansir Butt Naked.   

  1. Bersihkan bibir Anda   Sebelum mengeksfoliasi, pastikan bibir dalam keadaan bersih dan kering. Itu berarti, bibir Anda perlu terbebas dari sisa lipstik, lip balm atau lip gloss dan mengeringkannya dengan menepuk-nepuk bibir.    2. Lakukan dengan lembut   Gosokkan scrub bibir dari gula dengan gerakan memutar untuk mengangkat sel kulit mati. Pastikan untuk melakukannya dengan lembut agar tidak merusak permukaan bibir dan menjadi iritasi.    3. Lembapkan bibir    Sisa scrub yang menempel di bibir dapat Anda jilat. Setelah itu, gunakan lip balm untuk menghidrasi bibir dan membentuk lapisan pelindung.    Setelah melakukan langkah di atas, Anda tetap melakukan perawatan pada bibir. Seperti menggunakan pelembap bibir sebelum tidur, tidak menggigit dan menjilat bibir, serta menggunakan tabir surya SPF 30 saat keluar rumah. 

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #langkah #yang #dapat #dilakukan #untuk #mengelupas #kulit #bibir #yang #kering #cara #merawatnya

KOMENTAR