Fakta Menarik 5 Manfaat Undur-Undur untuk Kesehatan yang Harus Anda Ketahui
Ilustrasi undur-undur. (Ayahe Mela)
16:44
16 September 2024

Fakta Menarik 5 Manfaat Undur-Undur untuk Kesehatan yang Harus Anda Ketahui

Undur-undur adalah hewan kecil yang biasa ditemukan di tanah yang gembur dan tidak terlalu lembap. Undur-undur adalah nama yang diberikan karena kebiasaan larva yang suka berjalan mundur saat menggali sarang atau jebakan di tanah. Sayangnya, habitat undur-undur kini semakin sulit ditemukan akibat pembangunan modern yang menggerus lahan-lahan alami.

Dari penampilan yang unik, siapa sangka bahwa undur-undur justru sebenarnya memiliki beragam manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Dalam artikel ini, kita akan mengupas tuntas apa saja khasiat hewan undur-undur dan bagaimana cara mengonsumsi dengan benar.

Dikutip melalui kanal Youtube De Animals Channel pada Senin (16/9), berikut ini adalah lima fakta penting mengenai keistimewaan undur-undur yang perlu diketahui.

  1. Mencegah Degenerasi Makula

Degenerasi makula adalah gangguan pada mata yang menjadi penyebab kebutaan, terutama pada mereka yang berusia lanjut. Namun, penyakit ini juga bisa dialami oleh usia muda. Kandungan omega-3 yang tinggi pada undur-undur dipercaya dapat membantu mencegah terjadinya degenerasi makula. Dengan mengonsumsi undur-undur secara rutin, Anda dapat menjaga kesehatan mata dan terhindar dari kebutaan.

  1. Mengobati Asma dan Asam Urat

Asma dan asam urat terjadi karena adanya peradangan dan sistem kekebalan tubuh yang sedang melemah. Kandungan omega-3 pada undur-undur dipercaya dapat membantu menyembuhkan kedua penyakit ini. Selain itu, undur-undur juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga Anda dapat terhindar dari serangan penyakit rematik.

  1. Mengobati Diabetes

Kandungan zat sulfonilurea pada undur-undur dapat membantu pankreas memproduksi insulin secara optimal. Dengan begitu, kadar gula dalam darah pun dapat terkendali dengan baik. Di beberapa negara, terutama Tiongkok, undur-undur dikenal sebagai salah satu bahan obat untuk penderita diabetes.

  1. Mengobati Stroke

Stroke disebabkan oleh peningkatan tekanan darah yang terlalu tinggi, sehingga menyebabkan pecahnya pembuluh darah. Dengan mengonsumsi undur-undur, tekanan darah dapat dicegah agar tidak meningkat terlalu tinggi. Selain itu, undur-undur juga dipercaya dapat melindungi kesehatan saraf.

  1. Menurunkan Kolesterol

Ada dua hal yang menyebabkan seseorang memiliki kolesterol tinggi, yaitu makanan dan produksi zat lipid yang berlebih. Undur-undur dipercaya mampu menghambat produksi zat lipid yang berlebihan di dalam hati, sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh secara bertahap.

Cara Mengonsumsi Undur-Undur dengan Benar

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari undur-undur, Anda harus mengonsumsinya dengan cara yang benar. Berikut ini adalah tips mengonsumsi undur-undur.

  1. Konsumsi undur-undur dalam keadaan segar dan hidup. Jangan sampai Anda memasak atau mengolah undur-undur terlebih dahulu, karena hal itu dapat menghilangkan khasiatnya.
  2. Cuci undur-undur kecil dengan bersih sebelum dikonsumsi. Setelah itu, masukkan ke dalam kapsul kosong yang bisa Anda beli di apotek terdekat.
  3. Konsumsi kapsul berisi undur-undur seperti Anda minum obat, yaitu secara rutin sesuai dosis yang dianjurkan.
  4. Konsultasikan dengan dokter sebelum mencoba mengonsumsi undur-undur, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat memperoleh manfaat maksimal dari undur-undur untuk kesehatan.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #fakta #menarik #manfaat #undur #undur #untuk #kesehatan #yang #harus #anda #ketahui

KOMENTAR