Tangan dan Kaki Sering Dingin? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi: Orang yang kerap kedinginan suhu tubuhnya. (freepik.com/stockking)
18:24
13 September 2024

Tangan dan Kaki Sering Dingin? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

 

- Beberapa orang mungkin pernah merasakan tangan dan kaki yang terasa dingin sedangkan suhu tubuh normal. 

Biasanya kondisi ini terjadi saat bangun tidur, saat terlalu lama terpapar pendingin ruangan, dan masih banyak penyebab lainnya. 

Tidak semua orang merasakan hal yang sama, misalnya saat berada dalam ruangan yang menggunakan AC. Bisa saja hanya kamu yang mengalami tangan dan kaki dingin, sementara orang lain biasa saja. 

Hal ini kadang membuat kekhawatiran sendiri bagi kita, mungkinkah kondisi ini normal atau haruskah saya bertemu dokter.

Dilansir dari columbiadoctors.org, tangan dan kaki dingin kebanyakan adalah kondisi yang tidak berbahaya. Namun, memang ada batasan kapan kondisi ini harus dikonsultasikan ke dokter, biasanya selain tangan dan kaki dingin, diikuti beberapa gejala lain. 

Tangan dan kaki dingin umumnya terjadi akibat reaksi tubuh ketika terpapar langsung dengan objek dingin dan akan hilang dengan sendirinya, apabila sudah berkontak langsung dengan penyebabnya. 

Sebelum berkonsultasi ke dokter, kamu bisa mencari tahu sendiri penyebabnya. Misalnya terlalu lama terpapar AC akan membuat tangan dan kakimu dingin, maka minimalirsirlah beraktivitas di ruangan dengan pendingin.

Alternatif lain yaitu dengan cara menggunakan pakaian hangat seperti jaket, hoodie, atau sweater saat akan berkontak langsung dengan penyebabnya.

Berikut jenis kondisi yang harus di konsultasikan ke dokter:

Saat anggota tubuh lain ikut terasa dingin dan terus berlanjut

Apabila gejala yang kamu rasakan juga berdampak pada seluruh tubuh dan kondisinya terus-menerus terjadi setiap hari. Maka, sebaiknya berkonsultasilah ke dokter.

Selain itu gejala yang dirasakan tidak kunjung reda meskipun sudah berada di ruangan dengan suhu normal, beberapa tanda tersebut dapat merujuk pada beberapa penyakit, diantaranya anemia, autoimun, gangguan darah (tiroid), dll. 

Orang dengan penyakit lupus dan skleroderma biasanya selalu merasakan dingin akibat dari saraf yang terlalu sensitif. Biasanya, gejala yang timbul juga lebih parah seperti, jari-jari yang berubah warna menjadi pucat atau membiru.

Tidak perlu khawatir secara berlebih mengenai kondisi tangan dan kaki yang selalu dingin, juga jangan terlalu menyepelekannya. Tetap jaga kesehatan dengan cara menerapkan pola hidup sehat setiap hari.

 

Editor: Kuswandi

Tag:  #tangan #kaki #sering #dingin #inilah #penyebab #cara #mengatasinya

KOMENTAR