ANTAM Fasilitasi Pelatihan Pengembangan Kapasitas Peternak Sapi Perah
ANTAM memfasilitasi pelatihan pengembangan kapasitas peternak sapi perah. (Dok: Antam)
13:06
17 Agustus 2024

ANTAM Fasilitasi Pelatihan Pengembangan Kapasitas Peternak Sapi Perah

PT Aneka Tambang Tbk atau ANTAM berkomitmen untuk mewujukan pembangunan yang berkelanjutan demi masa depan yang lebih baik. Salah satu upaya untuk mewujudkannya adalah dengan melaksanakan program pengembangan kapasitas bagi para peternak sapi perah di wilayah Cimahi, Jawa Barat pada (1/8/2024) lalu. Kegiatan ini diikuti oleh 46 peternak sapi perah yang merupakan mitra binaan ANTAM.

Sekretaris Perusahaan ANTAM, Syarif Faisal Alkadrie mengatakan, sebagai Perusahaan yang mengutamakan keberlanjutan, ANTAM senantiasa berupaya mengoptimalkan potensi masyarakat, salah satunya diwujudkan melalui kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

"Kegiatan peningkatan kapasitas para peternak sapi perah yang dilakukan ANTAM, diharapkan dapat memberikan manfaat terutama dalam upaya peningkatan populasi sapi perah, optimalisasi produksi serta produktivitas para peternak yang mengikuti kegiatan ini," tutur Faisal dalam keterangan resminya.

Para peternak sapi yang mengikuti pelatihan pengembangan kapasitas mendapatkan berbagai materi seputar pemeliharaan dan kesehatan ternak sapi, standarisasi susu sehat, serta peningkatan kemampuan kewirausahaan. Selain itu, para peternak juga mendapatkan bantuan sarana pendukung untuk membantu produktivitas kegiatan ternak sapi seperti ember, karpet untuk sapi, dan kaleng susu yang diberikan untuk tiga koperasi yang membina para peternak. Perusahaan juga memberikan pinjaman modal untuk Program Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil (PUMK) guna meningkatkan kemandirian para mitra binaan. 

Baca Juga: Harga Emas Turun Drastis Hari Ini, Kembali ke Rp 1,3 Jutaan/Gram

Upaya peningkatan produktivitas dan populasi sapi perah diharapkan mampu memiliki daya saing yang tinggi sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan susu dalam negeri yang meningkat selaras dengan pertambahan penduduk dan tingkat kesadaran gizi masyarakat.

Editor: Fabiola Febrinastri

Tag:  #antam #fasilitasi #pelatihan #pengembangan #kapasitas #peternak #sapi #perah

KOMENTAR