Indonesia Tarik Utang Banyak dari Luar Negeri di Kuartal II 2024
Ilustrasi utang.[pixabay]
10:27
16 Agustus 2024

Indonesia Tarik Utang Banyak dari Luar Negeri di Kuartal II 2024

Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia di kuartal II 2024 tercatat naik 2,7 persen mencapai USD 408,6 miliar. Peningkatan ini imbas dari ULN sektor publik maupun swasta.

Asisten Gubernur Bank Indonesia, Erwin Haryono mengatakan, dari sisi ULN pemerintah alami kenaikan 0,8 persen mencapai USD 191 miliar. Kenaikan ini terutama dipengaruhi oleh penyesuaian penempatan dana investor nonresiden pada Surat Berharga Negara (SBN) domestik seiring dengan masih tingginya ketidakpastian pasar keuangan global.

"Pemerintah berkomitmen tetap menjaga kredibilitas dengan memenuhi kewajiban pembayaran pokok dan bunga utang secara tepat waktu, serta mengelola ULN secara pruden, terukur, oportunistik dan fleksibel untuk mendapatkan pembiayaan yang paling efisien dan optimal," kata dia.

Sementara, ULN dari sektor swasta juga mengalami kenaikan 0,3 persen sebesar USD 196,5 miliar di kuartal II 2024. Perkembangan tersebut didorong oleh ULN perusahaan bukan lembaga keuangan (nonfinancial corporations) yang tumbuh 0,6 persen (yoy) di tengah ULN lembaga keuangan (financial corporations) yang masih mencatatkan kontraksi pertumbuhan sebesar 0,9% (yoy).

Baca Juga: Bos Kapuas Prima Coal (ZINC) Buka Suara Soal Gagal Bayar Utang: Kondisi Keuangan Tidak Memungkinkan

"Berdasarkan  sektor ekonomi, ULN swasta terbesar berasal dari sektor Industri Pengolahan; Jasa Keuangan dan Asuransi; Pengadaan Listrik dan Gas; serta Pertambangan dan Penggalian, dengan pangsa mencapai 79,1 persen dari total ULN swasta," imbuh Erwin.

Erwin memastikan bahwa, struktur ULN Indonesia tetap sehat, didukung oleh penerapan prinsip kehati-hatian dalam pengelolaannya. Hal ini tecermin dari rasio ULN Indonesia terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) yang tercatat sebesar 29,9 persen.

"Serta, didominasi oleh ULN jangka panjang dengan pangsa mencapai 85,7 persen dari total ULN," pungkas Erwin.

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #indonesia #tarik #utang #banyak #dari #luar #negeri #kuartal #2024

KOMENTAR