Kok KAI Senang Tutup Jalur Perlintasan Kereta Api, Apa Alasannya?
Rangkaian Kereta Rel Listrik (KRL) Comutter Line melintas pada perlintasan sebidang yang sudah ditutup di kawasan Stasiun Palmerah, Jakarta, Minggu (29/11/2020). [Suara.com/Angga Budhiyanto]
19:40
8 Agustus 2024

Kok KAI Senang Tutup Jalur Perlintasan Kereta Api, Apa Alasannya?

PT Kereta Api Indonesia (Persero) terus melakukan beragam langkah sebagai upaya sterilisasi jalur kereta api. Salah satunya, dengan menutup perlintasan kereta api di berbagai daerah.

Vice President Public Relations KAI Anne Purba mengatakan, pihaknya telah melakukan beragam upaya salah satunya dengan berkolaborasi bersama stakeholder setempat untuk menanggulangi kebiasaan warga membuang sampah sembarangan di sepanjang jalur KA, warga yang nekat membuat perlintasan liar, bahkan membakar sampah di sepanjang jalur KA.

"Daerah sekitar rel kereta api seharusnya steril dari hal-hal yang dapat membahayakan perjalanan kereta dan warga sekitar. Perilaku membuang sampah, membuat perlintasan liar ataupun membakar sampah di sepanjang jalur rel jelas dapat menggangu dan membahayakan perjalanan kereta api yang dalam satu rangkaian dapat mengangkut ribuan nyawa," ujar Anne dalam keterangannya, Kamis (8/8/2024)

Terbaru, Anne menjelaskan KAI telah berkolaborasi dengan Kelurahan, Polsek, dan Pol PP melakukan kegiatan bersih-bersih sampah di area stasiun dan jalur rel mulai Stasiun Kemayoran sampai Stasiun Tanjung Priok pada Rabu, (7/8).

Baca Juga: Penumpang KRL Jabodetabek Capai Rekor Tertinggi, Tembus 1 Juta/Hari

Kemudian, upaya sterilisasi juga dilakukan KAI dengan melakukan penutupan perlintasan liar yang bekerjasama dengan aparat kewilayahan setempat.

Adapun perlintasan liar yang ditutup pada hari itu berlokasi di bawah jembatan layang (fly over) Pasar Natar Lampung Selatan dan JPL 260 Km 260+1/2 Petak Jalan Ciledug-Ketanggungan, Desa Luwunggede, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Cirebon,

"Selain sebagai upaya sterilisasi dalam mendukung keselamatan perjalanan kereta api. Hal tersebut Kami lakukan agar para pelanggan juga merasa nyaman dan aman dalam menggunakan transportasi KA," pungkas Anne.

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #senang #tutup #jalur #perlintasan #kereta #alasannya

KOMENTAR