Konsisten Terapkan ESG, Antam Sukses Raih 12 Penghargaan ENSIA
Antam meraih 12 penghargaan ENSIA. (Dok: Antam)
15:11
8 Agustus 2024

Konsisten Terapkan ESG, Antam Sukses Raih 12 Penghargaan ENSIA

Antam sukses mendapatkan 12 penghargaan pada Environmental and Social Innovation Awards (ENSIA) 2024.

Pada penghargaan yang dilaksanakan oleh Sucofindo pada 31 Juli 2024 tersebut, Antam meraih dua penghargaan kategori Platinum, tujuh penghargaan kategori Gold, dan tiga penghargaan kategori Silver atas berbagai program inovasi lingkungan dan sosial yang dilakukan.

Dua penghargaan Platinum diraih Antam melalui Program Perlindungan Keanekaragaman Hayati (Kehati) yang dilakukan Unit Bisnis Pertambangan (UBP) Emas, yaitu program perlindungan Kehati konservasi genetik tanaman palahlar endangered plant pada area Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), dan program perlindungan Kehati rumah tumbuh dan berkembangnya kayu hitam (diospyros celebrica) yang merupakan tanaman endemik khas Sulawesi oleh UBP Nikel Kolaka.

Kedua program ini memberikan dampak positif dalam perlindungan dan pengembangan keanekaragaman hayati di sekitar wilayah operasi Perusahaan.

Baca Juga: Sinergi PNM dan ANTAM Dorong Peternak Sapi Lokal Tingkatkan Kualitas dan Suplai Produksi Susu Dalam Negeri

Sementara, tujuh penghargaan Gold diraih melalui inovasi lingkungan dan inovasi sosial yang dilakukan perusahaan. Dua penghargaan Gold diraih melalui inovasi lingkungan yang dilakukan UBP Bauksit Kalimantan Barat, yaitu program perbaikan jalan tambang dengan menggunakan ban bekas untuk meningkatkan pasokan washed bauxite ore dan program penerapan sistem gravitasi pada sedimen pond pada sisa hasil pencucian bauksit untuk menurunkan beban pencemar total suspended solid (TSS).

Tiga penghargaan Gold diperoleh UBP Nikel Kolaka melalui program inovasi lingkungan 3R limbah padat non B3, penurunan emisi, dan efisiensi air. Ketiga program ini membantu Perusahaan khususnya di wilayah operasi UBP Nikel Kolaka dalam meningkatkan pengelolaan lingkungan yang baik melalui pengurangan limbah yang dihasilkan.

Dua penghargaan Gold lainnya diperoleh Antam melalui inovasi sosial, yaitu program pencegahan risiko stunting yang dilakukan UBP Nikel Maluku Utara dan program integrasi budidaya maggot dengan Bank Sampah Pintar yang dilakukan di Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian (UBPP) Logam Mulia.

Antam juga meraih tiga penghargaan Silver melalui inovasi lingkungan yang dilakukan UBP Emas diantaranya program efisiensi energi, program penurunan limbah B3, dan program efisiensi air. Program-program ini berhasil meningkatkan pengelolaan lingkungan di wilayah operasi UBP Emas. ENSIA 2024 diberikan kepada para pelaku usaha yang berhasil mengembangkan inovasi lingkungan maupun inovasi sosial, serta local hero yang berhasil menjadi penggerak inovasi sosial di masyarakat.

Direktur Operasi dan Produksi Antam, Hartono mengatakan, Antam sebagai perusahaan yang senantiasa melaksanakan good mining practice, berkomitmen untuk terus secara konsisten mengoptimalkan kinerja operasional secara keseluruhan khususnya pada aspek Environmental, Social, and Governance (ESG).

Baca Juga: 3 Tahun Berturut-turut, BAT Indonesia Kembali Raih HR Excellence Award

Menurutnya, penghargaan ENSIA yang diterima perusahaan merupakan bukti nyata efektifnya komitmen Antam dalam berbagai inovasi lingkungan dan sosial yang dilakukan di seluruh unit bisnis Perusahaan dalam meningkatkan praktik dan inisiatif ESG.

“Kami meyakini, keseriusan dalam menjalankan ESG akan memberikan manfaat yang baik bagi perusahaan, lingkungan dan meningkatkan kemandirian masyarakat di sekitar wilayah operasi. ANTAM juga terus berupaya mencapai praktik-praktik ESG terbaik sejalan dengan prinsip International Council on Mining and Metal (ICMM) dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs),” jelasnya.

Editor: Fabiola Febrinastri

Tag:  #konsisten #terapkan #antam #sukses #raih #penghargaan #ensia

KOMENTAR