New GR Yaris Dibanderol Mulai Rp 1,15 Miliar
New GR Yaris Lengkapi Varian Gazoo Racing (GR) Toyota di GIIAS 2024. (Foto: Suara.com/Manuel Jeghesta)
07:05
26 Juli 2024

New GR Yaris Dibanderol Mulai Rp 1,15 Miliar

GAZOO Racing (GR) memperkenalkan lini terbaru GR Pure di Indonesia dengan memamerkan New GR Yaris pada GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, yang berlangsung di Hall 5B ICE BSD City, Tangerang, Banten, dari 18 hingga 28 Juli 2024.

Selain telah meluncurkan 13 model GR di Indonesia, PT Toyota-Astra Motor (TAM) juga memperkuat tiga pilar utama GR, yaitu Motorsport, Community, dan Product.

Di GIIAS 2024, Toyota mengumumkan perkembangan terbaru dari kompetisi e-Motorsport TOYOTA GAZOO Racing (TGR) GT Cup. Kategori baru yang diperkenalkan memungkinkan pembalap untuk mengikuti kualifikasi di GR Zone di seluruh Indonesia, memperluas kesempatan bagi pembalap virtual junior untuk berkompetisi.

"PT Toyota-Astra Motor (TAM) menghargai sambutan positif masyarakat terhadap merek GR di Indonesia. Kami terus berupaya menghadirkan mobil yang lebih baik dan menyediakan ekosistem lengkap bagi pelanggan GR di Indonesia," ujar Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, ditulis Jumat (26/7/2024).

Baca Juga: Toyota All In ke Hybrid di Tahun 2030?

New GR Yaris Lengkapi Varian Gazoo Racing (GR) Toyota di GIIAS 2024. (Foto: Suara.com/Manuel Jeghesta)New GR Yaris Lengkapi Varian Gazoo Racing (GR) Toyota di GIIAS 2024. (Foto: Suara.com/Manuel Jeghesta)

"Di GIIAS 2024, kami menunjukkan semangat 'Pushing the Limits for Better' melalui New GR Yaris yang mengalami peningkatan signifikan," tambah Anton.

PT TAM memperkuat tiga pilar utama brand GR—Motorsport, Community, dan Product—melalui berbagai kegiatan dan produk yang dihadirkan.

"PT Toyota-Astra Motor (TAM) memperkuat tiga pilar brand GR, yaitu Motorsport, Community, dan Product, untuk menyebarkan Joy of GR for Everyone, baik melalui kegiatan balap, komunitas, maupun produk-produk yang kami tawarkan," kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Hiroyuki Oide.

Motorsport merupakan aktivitas inti GR secara global, termasuk di Indonesia. TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) aktif berkompetisi di dua ajang motorsport regional, yaitu GT World Challenge Asia dan Asia Cross Country Rally.

Pembalap TGRI yang menggunakan GR Supra GT4 Evo berhasil meraih lima podium GT World Challenge Asia Japan Cup 2024 di Jepang.

Baca Juga: Dibongkar Sales Dealer di Sidang, Gazalba Saleh Pakai Nama Kakaknya Demi Beli Alphard Rp1,07 Miliar

Di tingkat nasional, TGRI yang mengandalkan varian GR Sport dan GR Pure telah memenangkan beberapa gelar juara nasional di berbagai ajang seperti touring ISSOM, rally, sprint rally, dan slalom sejak 2021, ditambah dengan beberapa podium juara pada awal musim ini.

Pilar Community menjadi salah satu kekuatan Toyota setelah lebih dari 50 tahun beroperasi di Indonesia. Sejak akhir tahun lalu, PT TAM meluncurkan komunitas GR Enthusiast yang akan berfungsi sebagai perpanjangan tangan dalam menyebarluaskan Joy of GR ke komunitas Toyota lainnya dan masyarakat umum.

Selain itu, Toyota telah menyediakan tempat bagi penggemar GR dan olahraga otomotif melalui one-stop-community hub GR Garage di Pantai Indah Kapuk 2. Terdapat juga 28 titik GR Zone di diler-diler resmi Toyota di seluruh Indonesia untuk memperluas jangkauan brand GR.

Toyota memberikan kesempatan lebih luas kepada penggemar e-Motorsport untuk berpartisipasi dalam kompetisi TOYOTA GAZOO Racing GT Cup.

PT TAM membuka pendaftaran peserta dari 10-24 Juli 2024 dan Qualifying Time Trial pada 28 Juli 2024. Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui microsite gazooracinggtcup.id.

Tahun ini, Toyota memperkenalkan kategori baru yang memungkinkan pembalap melakukan kualifikasi TOYOTA GAZOO Racing GT Cup di GR Zone, memperluas kesempatan bagi pembalap pemula e-Motorsport di Indonesia.

Beberapa pembalap tercepat akan bertanding secara nasional di Jakarta melawan perwakilan daerah lainnya.

"Skema ini memberikan peluang luas bagi para pembalap e-Motorsport, terutama peserta junior, untuk tampil lebih kompetitif dan didukung sepenuhnya oleh Toyota," ujar Hiroyuki Oide.

Sejak brand GR resmi hadir di Indonesia pada tahun 2021, produk GR terus melengkapi pilihan model GR Pure, GR Sport, dan GR Parts, mulai dari entry-level hingga mobil premium serta yang menggunakan teknologi elektrifikasi.

Saat ini, GAZOO Racing menjual total 13 model kendaraan di Indonesia, dengan penerimaan yang sangat positif, tercermin dari rasio penjualan varian GR Sport dan GR Parts yang melampaui 80 persen dibandingkan model non-GR.

Pada GIIAS 2024, PT TAM memulai pemasaran kembali New GR Yaris sebagai evolusi dari model sebelumnya, GR Yaris.

GR Yaris adalah mobil yang dirancang dengan prinsip reverse engineering untuk balap World Rally Championship (WRC). Pada tahun 2021, GR Yaris diperkenalkan secara terbatas sebanyak 127 unit, yang langsung terjual habis.

Secara umum, terdapat empat poin pengembangan pada GR Yaris terbaru. Pertama, transmisi otomatis 8-speed GAZOO Racing Direct AT yang mendampingi transmisi manual 6 percepatan yang tetap ada.

Performa transmisi ini diuji coba oleh TGR World Rally Team serta peserta TGR Rally Challenge di berbagai lintasan balap.

TGR berhasil menciptakan transmisi otomatis yang dapat menghasilkan perpindahan gigi sangat cepat serta memaksimalkan tenaga mesin di semua rentang putaran mesin.

Mesin 1.600 cc 3-silinder turbo yang digunakan oleh GR Yaris adalah salah satu mesin yang paling efisien dan bertenaga di dunia.

Dapur pacu ini juga berhasil dimaksimalkan dengan power yang meningkat signifikan dari sebelumnya 261 PS menjadi 305 PS, sementara torsinya naik dari 360 Nm menjadi 400 Nm.

Opsi Drive Mode baru serta optimasi sistem 4WD GR Four juga ditambahkan untuk memaksimalkan peningkatan power. Pengendara sekarang dapat memilih dari tiga drive mode yang tersedia dengan karakteristik pengendalian yang berbeda: Sport, Normal, dan Eco.

Selain itu, sistem GR Four dioptimalkan dengan tiga mode: Normal, Gravel (sebelumnya Sport), dan Track, yang dapat menyesuaikan distribusi tenaga ke roda depan dan belakang sesuai dengan karakteristik pengendara dan trek.

Panel kontrol dan monitor pada kokpit dimiringkan 15 derajat ke arah pengemudi untuk memudahkan pengoperasian. Posisi duduk pengemudi juga telah diturunkan sebesar 25 mm untuk memperluas jarak pandang dan visibilitas.

Di sisi eksterior, bagian kanan dan kiri bawah bumper depan sekarang merupakan struktur terpisah untuk mempermudah perbaikan dan penggantian parts, serta perubahan desain bumper depan untuk aliran udara yang lebih baik dalam mendinginkan mesin dan ATF cooler.

Berkaca dari pengalaman Toyota GR Yaris Rally1 Hybrid di dunia rally, chassis GR Yaris diperkuat, memungkinkan pengemudi untuk memacu mobil ini hingga batas kemampuannya.

Kekakuan bodi ditingkatkan melalui penambahan spot welding sebanyak 13 persen, body adhesive sebanyak 24 persen, serta metode 3-point suspension mounting, yang berdampak pada peningkatan stabilitas handling dan kenyamanan berkendara.

"Berawal dari kebutuhan homologasi World Rally Championship (WRC), aplikasi metode reverse engineering oleh GR menciptakan mobil hatchback yang masih sangat kompeten untuk mobilitas harian. Di GIIAS 2024, kami mengumumkan penjualan New GR Yaris," ujar Jimmi.

New GR Yaris dijual dengan harga Rp1,15 miliar untuk versi transmisi manual dan Rp1,198 miliar untuk versi transmisi otomatis (OTR DKI Jakarta).

Mobil ini hadir dengan tambahan satu warna baru, Precious Metal, selain warna ikonik Platinum White Pearl dan Emotional Red.

Editor: Iwan Supriyatna

Tag:  #yaris #dibanderol #mulai #miliar

KOMENTAR