Pasar Kripto Mulai Pulih, Ethereum Diprediksi Bisa Ungguli Bitcoin
Ilustrasi Bitcoin dan Ethereum. Harga Ethereum (ETH) diperdagangkan di angka US$ 3,519 dalam 24 jam terakhir, dengan harga terendah dan tertinggi masing-masing US$ 3,430 dan US$ 3,519. 
20:48
24 Juli 2024

Pasar Kripto Mulai Pulih, Ethereum Diprediksi Bisa Ungguli Bitcoin

Pasar kripto mulai mengalami pemulihan, seperti Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH).

Tercatat, harga Bitcoin (BTC) mencapai US$ 66,920 pada 23 Juli 2024, meskipun sempat turun di bawah US$ 63,000 sebelumnya.

Kemudian harga Ethereum (ETH) diperdagangkan di angka US$ 3,519 dalam 24 jam terakhir, dengan harga terendah dan tertinggi masing-masing US$ 3,430 dan US$ 3,519.

Institusi data pasar kripto Kaiko, memproyeksikan bahwa Ethereum dapat mengungguli Bitcoin setelah peluncuran spot ETF di Amerika Serikat.

Meskipun sempat mengalami penurunan setelah persetujuan 19b-4 oleh SEC, investor tetap optimistis terhadap prospek jangka panjang ethereum.

Spot ETF Ethereum diharapkan menarik aliran dana institusional dan meningkatkan minat investor tradisional, berkat fungsionalitas smart contract dan banyaknya aplikasi terdesentralisasi (DApps) dalam ekosistemnya.

Rasio harga Ethereum terhadap Bitcoin meningkat dari 0,045 menjadi 0,05 setelah persetujuan SEC, menunjukkan nilai Ethereum yang semakin tinggi.

CEO Indodax, Oscar Darmawan, mengatakan pemulihan harga Bitcoin dan kenaikan Ethereum menunjukkan pasar kripto masih memiliki daya tarik yang kuat di kalangan investor, baik ritel maupun institusional.

Meskipun ada kekhawatiran mengenai distribusi aset dari salah satu exchange terbesar di luar negeri (Mt.Gox), Oscar yakin bahwa pasar dapat mengatasi likuidasi ini dengan baik mengingat kedalaman dan likuiditas yang ada saat ini.

"Ini adalah tanda bahwa pasar kripto semakin matang dan siap menghadapi tantangan besar," ujar Oscar dikutip dari Kontan, Rabu (24/7/2024).

Oscar menambahkan dengan peluncuran spot ETF Ethereum di Amerika Serikat, fungsionalitas dari smart contract dan ekosistem aplikasi terdesentralisasi yang kaya dapat membuat Ethereum sangat menarik bagi investor institusional

Menurut Oscar, Ethereum, dengan fungsionalitas smart contract dan aplikasinya, menawarkan keunggulan dibandingkan Bitcoin.

Ia juga menekankan, Ethereum bertujuan menjadi sistem operasi terdesentralisasi, berbeda dengan Bitcoin yang berfokus sebagai mata uang digital.

Oscar berharap peluncuran spot ETF Ethereum akan meningkatkan kepercayaan dan partisipasi di pasar kripto.

Artikel ini sudah tayang di Kontan dengan judul Pasar Kripto Mulai Pulih, Bitcoin Naik Ethereum Dilirik Investor

Editor: Seno Tri Sulistiyono

Tag:  #pasar #kripto #mulai #pulih #ethereum #diprediksi #bisa #ungguli #bitcoin

KOMENTAR