Hoaks Biaya Admin BRI Rp150 Ribu Beredar Lagi, Ini Kata BRI
BRI
18:09
24 Juli 2024

Hoaks Biaya Admin BRI Rp150 Ribu Beredar Lagi, Ini Kata BRI

Sebuah akun Twitter/X dengan nama "@SemutMerah2024" mengunggah foto dengan narasi bahwa biaya transaksi antar bank dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) meningkat menjadi Rp150.000 per bulan. Setelah ditelusuri, klaim ini terbukti tidak benar.

Pemeriksaan pada media sosial resmi BRI tidak menemukan adanya pemberitahuan mengenai perubahan biaya admin transfer antar bank menjadi Rp150.000 per bulan. Melalui situs resminya, BRI masih menetapkan biaya admin transfer antar bank sebesar Rp6.500 per transaksi, sedangkan untuk transfer antar bank dengan BI-Fast dikenakan biaya Rp2.500 per transaksi. Tidak ada informasi tentang perubahan biaya menjadi Rp150.000 per bulan.

Merujuk pada laporan TurnbackHoax, informasi tentang perubahan tarif transaksi di Bank BRI adalah hoaks lama yang kembali beredar. Hoaks ini telah beredar setidaknya tiga kali selama tahun 2022.

Corporate Secretary BRI, Aestika Oryza Gunarto, memastikan bahwa perusahaan tidak pernah mengumumkan perubahan tarif tersebut.

Baca Juga: Mulai Investasi Mudah & Aman, Cukup Modal HP! Ini Cara Buka RDN BRI via BRImo

Ia menegaskan bahwa BRI hanya menggunakan saluran resmi, seperti situs web dan media sosial yang terverifikasi (dengan tanda centang biru), sebagai media komunikasi.

Saluran resmi BRI meliputi:

Website: www.bri.co.id
Instagram: @bankbri_id
Twitter: @bankbri_id, @kontakbri, @promo_bri
Facebook: Bank BRI
YouTube: Bank BRI

BRI juga menghimbau nasabah untuk berhati-hati dan tidak membagikan data pribadi serta informasi perbankan seperti nomor rekening, nomor kartu, PIN, user & password internet banking, OTP, dan lain-lain kepada pihak lain. Hal ini termasuk pihak yang mengatasnamakan BRI, baik melalui tautan, website, maupun pesan singkat dari sumber tidak resmi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Dengan demikian, klaim tentang biaya transaksi antar bank dari BRI sebesar Rp150.000 per bulan adalah salah dan masuk dalam kategori hoaks.

Baca Juga: Here We Go! Dewa United Resmi Rekrut Alexis Messidoro

Editor: M Nurhadi

Tag:  #hoaks #biaya #admin #rp150 #ribu #beredar #lagi #kata

KOMENTAR