Skandal Demurrage Rp 294 Miliar, Pengamat Ingatkan Pentingnya Akuntabilitas Dalam Pengadaan Impor Beras
Ilustrasi beras. [Ist]
15:02
24 Juli 2024

Skandal Demurrage Rp 294 Miliar, Pengamat Ingatkan Pentingnya Akuntabilitas Dalam Pengadaan Impor Beras

Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie mengingatkan pentingnya akuntabilitas dalam pengadaan impor beras untuk mencegah terjadinya kelebihan biaya akibat keterlambatan pengembalian peti kemas (demurrage) Rp 294 miliar. 

"Kasus-kasus yang sekarang, seperti kasus demurrage harus di-clear-kan dulu. Selesaikan dulu semua secara transparan," ujarnya dalam pernyataan, Rabu, (24/7/2024). 

Menurut dia, kasus pengadaan impor beras yang diduga bermasalah tersebut, muncul karena belum ada akuntabilitas dan transparansi dalam pelaksanaan tata kelola pengadaan beras, terutama dari luar negeri.

Kondisi itu yang menyebabkan munculnya laporan bahwa pengadaan beras impor bermasalah, sehingga terdapat dugaan penggelembungan harga serta biaya tambahan demurrage, yang berpotensi menyebabkan kerugian negara.

Baca Juga: Demurrage Beras Impor, Pakar: Ada Mekanisme yang Salah

"Kita juga tidak tahu, siapa yang diberikan kepercayaan untuk mengimpor, harganya berapa saat diimpor, saat dijual berapa. Tiba-tiba dinyatakan harus impor untuk menjaga cadangan pangan," ujarnya.

Selain mengharapkan adanya evaluasi dalam pengadaan beras impor, ia juga meminta pengawasan ekstra atas perawatan beras yang selama ini tersimpan di gudang agar tetap awet dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

"Selama ini kita tidak pernah tahu flow gudangnya. Pernah kan ada beras yang dibuang, karena rusak, sekitar 200 ribu ton. Kita mengandalkan impor tapi logistiknya tidak pernah dibenahi," katanya.

Editor: Iwan Supriyatna

Tag:  #skandal #demurrage #miliar #pengamat #ingatkan #pentingnya #akuntabilitas #dalam #pengadaan #impor #beras

KOMENTAR